AUG 6, 2018

Monster Road 2018: The First Urban Offroad In Indonesia Ever!

The first urban offroad in Indonesia was born in Purwokerto, don't you dare to miss it, bro! Just come here and feel the rush!


Suasana pagi hari Sabtu tanggal 4 Agustus 2018 di Purwokerto yang sepi, tenang, dan matahari pagi menyinari dengan hangat, tetiba berubah 180 derajat ketika ada derungan keras yang berasal dari GOR Satria. Sebuah pertanda bahwa Urban Offroad pertama di Indonesia, telah lahir: Monster Road.

Untuk lo yang belum tahu Monster Road itu apa, Monster Road adalah perlombaan offroad yang dilakukan di tengah kota dengan lintasan serta tantangan yang berbeda. Kalau sebelumnya offroad dilakukan di tengah hutan belantara, berjibaku dengan lumpur, serta menembus sungai deras – kali ini hadir dengan lintasan aspal dan beton, Monster Road membawa atmosfer yang berbeda.

Monster Road 2018: The First Urban Offroad In Indonesia Ever! credit photo: dokumen pribadi SuperAdventure

Lebih modern, muda, dan pastinya millennial, Monster Road berhasil menarik perhatian muda-mudi Purwokerto untuk menyaksikan dan ikut seru-seruan di acara besar ini. Bahkan beberapa dari mereka berteriak seru saat sang monster berhasil melewati berbagai jenis obstacle yang ada di lintasan, dan saat sang monster juga mencatatkan waktu tercepat.

Monster Road – Muda, Modern, Seru Banget!

Begitu para millennial sampai di pintu gerbang GOR Satria, dan masuk ke acara Monster Road, mereka dihadapkan dengan spot foto yang instagrammable. Pasalnya, ikon dari Monster Road, sebuah mobil offroad dengan ban berukuran raksasa, nongkrong di depan sana.

Monster Road 2018: The First Urban Offroad In Indonesia Ever! credit photo: dokumen pribadi SuperAdventure

Tentu ikon Monster Road ini berhasil menyita perhatian para millennial untuk berswafoto di sana, dan diunggah ke sosial media mereka, terutama Instagram. Maklum, kebutuhan foto untuk feed Instagram sudah masuk prioritas millennial sekarang ini.

Sembari memadati tribun yang sudah disiapkan untuk para penonton, deru sang monster terdengar bergemuruh besar saat melewati berbagai tantangan yang ada di lintasan balap. Selain harus melewati seluruh rintangan tersebut, para pembalap juga diharuskan untuk mencatatkan waktu tercepat mereka.

Para pembalap di Monster Road ini setidaknya berasal dari 11 tim yang ikut kompetisi besar ini. Satu persatu dari mereka, unjuk gigi dan skill mengendarai monsternya untuk melewati rintangan dan mencatat waktu tercepat.

Monster Road 2018: The First Urban Offroad In Indonesia Ever! credit photo: dokumen pribadi SuperAdventure

Sistem penilaian yang ada di balapan Monster Road ini terbilang mudah dimengerti. Nilai penuh akan diberikan saat pembalap bisa menyelesaikan seluruh rintangan tanpa menjatuhkan bendera yang ada di beberapa rintangan tersebut.

Jika terjatuh, sayang sekali para pembalap akan mendapatkan pinalti atau pengurangan nilai yang akan berpengaruh pada series balapan akhir nanti. Jumlah nilai akan diakumulasi untuk menentukan tim dan pembalap dari mana yang pantas untuk menyandang juara satu.

Ada tiga kelas yang dilombakan di Monster Road ini, yaitu kelas 1000cc, Under, dan Upper. Kelas Under adalah kelas di bawah 2500cc dan kelas Upper adalah kelas di atas 2500 cc. Tentu, dengan tenaga yang besar, gemuruh suara knalpot dan mesin saling bersahutan dengan teriakan seru penonton.

Monster Road 2018: The First Urban Offroad In Indonesia Ever! credit photo: dokumen pribadi SuperAdventure

Teriakan penonton, yang didominasi oleh millennial yang ada di Purwokerto, semakin seru saat sang monster terlihat kesusahan untuk melewati rintangan yang ada di lintasan. Terlebih, saat para pembalap memasuki rintangan tumpukan ban-ban besar.

Beberapa monster tidak dapat melanjutkan aksinya di sana dikarenakan ban roda mereka menyangkut di antara selipan tumpukan ban besar yang ada di sana. Masalah lain juga menghantui para pembalap seperti as roda yang patah atau bengkok, tangki oli yang bocor, gardan patah, dan tali kopel putus menjadi masalah yang mendominasi para pembalap di Monster Road.

Monster Road 2018: The First Urban Offroad In Indonesia Ever! credit photo: dokumen pribadi SuperAdventure

Tetapi, berbagai kerusakan yang ada, tentu sudah menjadi pekerjaan para mekanik setiap tim. Para monster yang mengalami masalah di lintasan, segera ditarik keluar untuk dibetulkan lagi oleh para mekanik di paddock yang sudah disiapkan.

Deru knalpot dan mesin yang bergemuruh menjadi pompaan adrenalin untuk siapapun yang ada di sana. Terlebih saat sang monster melewati rintangan jungkat-jungkit dan jumping sedan. Beberapa monster bahkan terlihat seperti sedang terbang saat melewati rintangan tersebut.

Tepuk tangan dan sorak sorai para millennial yang menonton di sana campur aduk dengan suasana seru yang menantang di Monster Road. Beberapa pembalap terlihat beradu untuk mencetak waktu tercepat dalam satu putaran di lintasan tersebut.

Bahkan, saat series kedua berlangsung, ada pembalap dari tim Galena, Aziz yang didamping oleh navigator handal, Ahong, berhasil mencetak waktu 1 menit 53 detik. Catatan tersebut berhasil menjadi salah satu waktu tercepat di Monster Road ini.

Untuk lo yang ingin mengetahui lebih lanjut keseruan yang ada di Monster Road 2018 destinasi Purwokerto, langsung saja cek di sini!


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!