4 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam Pulau Kelor Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Keindahan alam di Pulau Kelor ternyata mengundang banyak perhatian serta terdapat keunikan-keunikan yang sangat menarik. Enggak percaya? LIhat saja informasinya di bawah ini dan temukan sendiri jawabannya!

4 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam Pulau Kelor Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Buat lo yang berdomisili di Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi dong dengan Kepulauan Seribu? Sebuah wilayah yang terdiri dari beberapa kumpulan pulau yang tentunya memiliki daya tarik yang cukup indah. Cocok banget buat lo yang ingin berlibur namun tidak ingin pergi dengan jarak yang jauh atau bisa dibilang pula “short getaway”. Nah, di dalam gugusan Kepulauan Seribu sendiri ada satu yang pulau yang menyimpan berbagai keindahan serta misteri di dalamnya. Pulau tersebut ialah Pulau Kelor.

Pulau yang juga memiliki julukan lain yaitu Pulau Kerkof ini konon katanya cukup menyimpan beberapa cerita yang cukup angker. Namun dibalik semua itu tentunya lo akan mendapatkan sebuah panorama serta keindahan alam yang tiada duanya.  Menghilangkan penat di kawasan ini merupakan hal yang sangat tepat untuk dapat lo lakukan.

Secara administratif, Pulau Kelor sendiri masuk ke dalam kawasan Kebupaten Kepulauan Seribu dan Provinsi DKI Jakarta. Berdekatan dengan pulau lain seperti Pulau Onrust, Bidadari, Cipir dan Petondan menjadi salah satu destinasi wisata facorit buat para pecinta laut.

Selain itu, lo juga dapat melihat berbagai peninggalan bangunan zaman Belanda di kawasan ini, karena memang kawasan ini merupakan tempat dimana VOC melakukan aksinya. Lo juga akan mendapatkan beberapa fasilitas di kawasan pulau ini yang tentunya dapat menopang kenyamanan lo dalam berlibur di daerah ini.

Nah, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa fakta menarik dari Pulau Kelor yang patut untuk lo ketahui, untuk itu langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini yang bisa lo jadikan sebagai referensi pada saat berunkung ke pulau tersebut nantinya.

Sejarah dan Asal Usul Pulau Kelor

4 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam Pulau Kelor Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Suasana di Pulau Kelor. Credit: ayopelesiran.com

Pulau Kelor? Nama itu muncul diakibatkan oleh dari ukuran dari pulau ini sendiri yang memang tergolong kecil. Hal itupun diakui oleh para masyarakat sekitar pulau ini. Karena mengibaratkan pulau ini selebar daun kelor. Memang apabila lo melihat pulau ini dari ketinggian, bentuk pulau ini pun Nampak seperti daun. Di sisi lain dari pulau ini pun terdapat sebauh benteng bernama Martello yang berdiri sedangkan sisa lahan lainnya tanah darat dan pasir pautih yang tumbuh dengan banyaknya semak-semak.

Di dalam kawasan pulau ini lo dapat melihat bangunan tua seperti Benteng Mortello yang dibangun oleh VOC pada abad ke 17. Yang berfungsi sebagai tempat menyimpan meriam yang sangat bersar dan dapat diputar 360 derajat. Zaman dahulu benteng ini berbentuk melingkat dan digunakan sebgari benteng pertahanan saat perang melawan Spanyol, Portugi dan bajak laut.

Lo juga akan menemukan sebuah gazebo yang memang dapat lo gunakan untuk beristirahat. Dulu pulau ini  terhubung dengan pulau lain sepeti Cipir dan Onrust yang idnela dengan kuburan Kapal Tujuh. Pesona alam yang indah berserta dengan pemadangannya yang eksotis memang merupakan hal yang akan lo dapatkan di kawasan pulau ini.

Misteri Berbau Mistis

4 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam Pulau Kelor Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Penampakan Benteng Martello. Credit: qubicle.id/

Fakta yang menarik mengenai pulau ini ialah dimana di dalam pulau ini dulunya digunakan sebagai tempat eksekusi para tahanan. Setelah itu mayatnya langsung dikubur di kawasan pulau ini, hingga hari ini pun belum ada yang bisa memastikan posisi persis dimana para mayat dari tahanan tersebut dikuburkan.

Udaranya yang dingin seakan menambah sisi menyeramkan dari pulau ini sendiri, tegang namun  karena keindahan alamnya yang dapat merubah semua kondisi itu pun menjadikan kawasan ini terus atau sering sekali dijadikan tempat berwisata para traveller yang memang ingin menciptakan sebuah liburan yang berkualitas.

Aktivitas di Pulau Kelor

4 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam Pulau Kelor Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Suasana di Pulau Kelor. Credit: /sucira.wordpress.com

Terlepas dari cerita mistik dan keangkeran dari pulau ini, lo bisa melakukan beberapa hal di dalam kawasan pulau tentunya akan menyenangkan. Buat lo yang memiliki hobi fotografi, berburu hasil foto di kawasan pulau ini pun merupakan hal yang dapat lo lakukan. Pemandangan di pagi hari di kawasan pulau ini pun memang lebih indah selain dari udaranya yang sejuk, lo juga dapat merasakan embun yang ada di pulau ini.

Belum lagi ditambah dengan latar belakang bangunan tua yang cukup eksotis tentunya akan menjadi sebuah nilai tambahan di dalam hasil foto lo nantinya. Suasana pantai yang tenang juga bisa menjadi alternatif lainnya. Uniknya lagi selain memburu hasil foto, lo juga bisa memancing di dalam pulau ini. Banyak sekali kapal-kapal yang juga disediakan untuk persewaaan memancing. DI tengah laut dengan hamparan angina dan ombak, lo bisa merasakan sensasi yang pas saat memancing.

Lo juga bisa kok memancing di pulau ini pada saat malam hari dengan pemandangan gemerlap Kota Jakarta. Bahkan lo bisa mendirikan tenda, namun sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya lo meminta izin kepada petugas atau penjaga Pulau Kelor.

Rute Menuju Pulau Kelor

4 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam Pulau Kelor Yang Perlu Lo Ketahui Bro!

Suasana di Pulau Kelor. Credit: indonesianholic.com

Tentunya bukan merupakan hal yang sulit apabila lo ingin berkunjung ke Pulau Kelor ini. Yang harus lo lakukan ialah untuk menginjakkan kaki terlebih dahulu di Dermaga Muara Kamal, dari dermaga ini lo baru kaan bisa menyebrang ke Kepulauan Seribu.

Atau lo juga bisa berangkat dari Dermaga Marina Ancol, lo bisa menyewa kapal boat yang cepat seperti speedboat. Kapal ini bisa menampung beberapa orang sesuai dengan kapasitas masing-masing. Buat lo yang menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih mudah. Namun kendaraan privadi seperti motor dan mobil akan dikenakan biaya parkir, untuk motor bisa dikenakan biaya sekitar 5.000 dan mobil 8.000 rupiah.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pulau Kelor di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke sini yaa bro. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi, karena dunia ini sangat luas dan masih banyak hal lainnya yang patut untuk lo taklukan.

Wilderness Beginner travelling pantai solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!