AUG 8, 2018

6 Destinasi Kota Terdingin di Dunia yang Harus Traveller Kunjungi!

Buat lo yang ingin merasakan liburan dengan cuaca yang sangat dingin, bisa langsung cek informasinya di bawah ini nih bro. Temukan sendiri jawabannya danjangan lupa gunakan jaket atau pakaian yang tebal yaa.


Bro, tentunya di dalam dunia ini ada beberapa kawasan yang memiliki suhu cukup ekstrem, ada yang memiliki suhu terpanas ada juga yang terdingin. Nah, kali ini akan membahas mengenai beberapa pilihan kota-kota terdingin yang ada di dunia. Uniknya lagi kota-kota tersebut masih dihuni loh. Jadi, sebagai seorang traveller yang ingin merasakan pengalaman datang ke kota terdingin, tentunya hal itu bukan hanya isapan jempol belaka.

Berbicara mengenai kota-kota terdingin memang paling banyak terdapat di kawasan bagian utara bumi, sehingga negara-negara yang ada di benua Amerika Utara dan benua Eropa merupakan kawasan yang memang dingin dan suhu dinginnya bisa langsung menusuk ke tulang lo loh bro. Dan uniknya lagi, kebanyakan dari kota-kota tersebut terus akan mengeluarkan suhu yang dingin sepanjang tahun.

Penggunaan pakaian tebal yang dapat menutupi seluruh tubuh memang menjadi sebuah kebiasaan yang lumrah apabila lo berkunjung ke kawasan terdingin di belahan utara bumi ini. Biarpun dengan cuaca atau suhu yang cukup ekstrim namun masyarakat yang mendiami kawasan tersebut masih kuat bertahan untuk melawan suhu dingin tersebut loh. Daripada semakin penasaran kota mana saja yang memiliki suhu terdingin di dunia, langsung cek saja informasinya di bawah ini bro.

Kota Terdingin di Dunia – Erzurum, Turki

Dinginnya Kota Erzurum, Turki. Credit: ejder3200.com

Turki, negara yang terbagi atas dua bagian, yaitu dengan sebagian wilayahnya yang terletak di wilayah benua Asia serta sebagiannya lagi berada di Eropa. Uniknya lagi, di dalam negara ini juga terdapat beberapa wilayah yang memiliki cuaca yang cukup eskstrem.

Kota Erzurum merupakan salah satu kota di Turki yang memiliki cuaca dingin yang cukup untuk membuat seluruh bagian tubuh menggigil. Bagaimana tidak, bila berada di dalam kota ini, lo akan merasakan suhu sekitar -7.8 derajat celcius. Suhu tersebut pun akan lo rasakan hampir sepanjang tahunnya, namun memang pada bulan Januari merupakan salah satu bulan terdingin yang ada di dalam kota ini.

Walaupun dengan suhu yang sangat ekstrem tersebut lo masih dapat melihat pesona alam atau pemandangan alam khas musim dingin yang indah. Perpaduan pohon-pohon pinus beserta dengan hamparan salju yang luas menjadi sebuah penglihatan yang lumrah lo dapatkan di kawasan Kota Erzurum, Turki.

Kota Terdingin di Dunia – Urumqi, Tiongkok

Suasana di Urumqi, Tiongkok. Credit: xinjiangagins.wordpress.com

Ternyata di benua Asia sendiri juga terdapat sebuah kota yang memiliki suhu sangat dingin loh bro. Tepatnya berada di negara Tiongkok. Negara yang memang terkenal dengan jumlah populasi penduduknya yang terbanyak di dunia ini, ternyata juga menyimpan sebuah kota yang memiliki suhu terdingin di dunia. Kota tersebut ialah Urumqi.

Bilamana lo berkunjung ke kota ini, lo langsung akan merasakan cuaca yang sanagat dingin sehingga langsung bisa lo rasakan hingga ke bagian tulang lo bro. Uniknya Kota Urumqi sendiri merupakan sebuah kota modern di mana pegunungan Tian Shan dapat di lihat dari kejauhan. Nah, rata-rata suhu di kota ini ialah mencapai -9.8 derajat celcius.

Biarpun dengan suhu yang cuup dingin tersebut, namun lo masih bisa melihat kehidupan perkotaan pada umumnya. Kesibukan yang sangat pikuk merupakan hal biasa di kota ini. Dengan kata lain biarpun cuaca ekstrem nan dingin yang terus ada di kota ini tidak akan menghentikan kesibukan atau aktivitas dari para masyarakat yang hidup di dalamnya.

Kota Terdingin di Dunia – Ottawa, Kanada

Suasana di Kota Ottawa, Kanada. Credit: youtube.com

Untuk pilihan kota terdingin di dunia berikutnya jatuh ke Kota Ottawa, Kanada. Kawasan yang merupakan ibukota dari Kanada ini memang memiliki suhu yang cukup ekstrem loh bro. Kira-kira suhu yang ada di kawasan kota ini berkisar -10.2 derajat celcius. Tentunya dengan suhu seperti ini, menggunakan pakaian yang tebal merupakan sebuah keharusan.

Dengan cuaca sedemikian rupa tentunya penduduk setempat memanfaatkan iklim ini dengan berseluncur es ke kantor melalui Kanal Rideau yang membeku. Keuntungan yang seingkali masayarakat Ottawa dapatkan apabila sedang musim dingin ini ialah mereka tak perlu menghadapi kemacetan saat pergi bekerja.

Kota Terdingin di Dunia – Astana, Kazakhstan

Suasana di Kota Astana. Credit: davehazzan.com

Tak berhenti sampai di situ saja, kota terdingin di dunia berikutnya jatuh ke tangan Kota Astana. Astana sendiri merupakan sebuah kota yang berada di dalam kawasan negara Kazakhstan. Di dalam kota ini lo bisa merasakan suhu dengan rata0rata -15.9 derajat celcius.

Ternyata dengan suhu yang cukup dingin tersebut malah membuat masyarakatnya memanfaatkan momen ini dengan bermain seluncur es di tempat-tempat yang terbuka. Tentunya masyarakat di kawasan ini sangat kuat dalam segi mental karena mereka tetap terus melaksanakan kegiatan mereka sehari-hari walaupun dengan cuaca yang sangat ektrem tersebut.

Kota Terdingin di Dunia – Irkutsk, Rusia

Suasana di Irkutsk, Rusia. Credit: russianambience.com/

Negara Rusia sendiri memang sudah terkenal dengan iklim yang cukup dingin nih bro. Tak heran apabila salah satu kota yang ada di dalam negara tersebut menyimpan suhu yang cukup dingin. Kota Irkutsk merupakan salah satu diantaranya.

Dengan populasi kurang lebih 578,000 jiwa, kota ini merupakaan kota industry utama di Siberia. Suhu di kawasan ini sendiri bisa mencapai -18.8 derajat celcius. Tentunya ini merupakan cuaca yang cukup dingin sekali loh bro, sehingga hamparan salju akan lo temukan dimana-mana di dalam kota ini.

Kota Terdingin di Dunia – Yakutsk, Rusia

Suasana di Yakutsk, Rusia. Credit: bloomberg.com

Untuk kota terdingin di dunia yang memiliki suhu paling ekstrem ialah Yakutsk di Rusia. Banyangkan saja lo bisa mendapatkan atau meraskan suhu mencapai – 40.9 derajat celcius. Tentunya dengan suhu tersebut tidak perlu lagi diragukan apabila berbicara mengenai kedinginan sebuah kota yaa.

Lokasinya yang berjarak 450 kilometer dari selatan Lingkar Artik ini memiliki jumlah penduduk sekitar 250,000 jiwa yang berdiam di dalam kota ini. Jadi kalau lo ingin merasakan cauca yang cuku dingin serta ektrim bisa langsung datang ke kota ini yaa, pasti lo langsung kedinginan sekali deh bro.

Jadi bagaiamana dengan informasi seputar kota-kota terdingin di dunia? Semoga bisa menjadi panduan lo apabila ingin berkunjung ke kota-kota tersebut yaa. Jangan lupa untuk membawa pakaian yang sangat tebal dan usahakan untuk selalu hangatkan tubuh lo waktu berada di sana yaa.

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!