AUG 9, 2018

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer!

Sudah pernah ke Curug Cilember? Curug dengan keindahan alam luar biasa ini ternyata juga diselimuti berbagai mitos, lho. Penasaran seperti apa? Simak bahasan kali, ini!


Berlokasi di Jalan Raya Puncak, Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak – Bogor, spot petualangan kali ini memang sudah terkenal dan populer di kalangan para traveller dan petualang. Untuk mereka yang baru akan naik atau turun puncak, spot petualangan ini biasanya tidak mereka lewatkan begitu saja.

Dengan akses masuk yang hanya cukup untuk satu mobil saja, disarankan untuk lo yang akan berangkat ke sini, untuk menggunakan motor saja. Tempatnya yang jauh dari keramaian, memiliki keindahan alam yang luar biasa. Curug Cilember, adalah salah satu favorit para petualang.

Curug Cilember ini bukan hanya satu air terjun saja, lho. Curug Cilember setidaknya memiliki tujuh air terjun yang bertingkat, dan letaknya yang terpisah-pisah. Lokasinya yang berundak-undak, membuat lo harus memiliki stamina untuk eksplorasi keseluruh curug tersebut.

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: travel.detik.com

Curug Cilember setidaknya berada di ketinggian 800-900 mdpl. Oleh karena itu, wajar jika lo perlu stamina yang cukup untuk melihat satu persatu curug yang berbeda tempat tersebut. Dikelilingi oleh hutan tropis, suhu udara di sekitar curug bisa sampat 18-23 derajat Celsius.

Daya Tarik Curug Cilember

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: bogor.tribunnews.com

Sudah dikembangkan oleh pemerintah dan dikelola oleh Perhutani dari tahun 1990, luas kawasan curug ini sampai 5,9 hektar. Curug yang lokasinya terpisah-pisah tersebut membuat banyak orang ingin menaklukan seluruh tujuh curug tersebut.

Sayangnya, jika lo tidak memiliki stamina yang cukup, rata-rata para petualang hanya sampai di curug kelima saja. Semakin tinggi lokasi curug, semakin terjal dan rumit medan yang ada. Tapi tenang, lo tidak akan tersesat saat eksplorasi Curug Cilember karena sudah banyak papan petunjuk dan peta besar yang akan mengarahkan lo ke masing-masing spot petualangan tersebut.

Debit air yang deras serta airnya yang jernih adalah salah satu ciri khas masing-masing curug. Oleh karena itu, tidak heran jika para petualang yang datang ke sana, pasti tidak sabar untuk menyeburkan tubuhnya karena jelas airnya segar sekali, bro!

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: idtempatwisata.com

Nah, untuk lo yang sudah letih berenang dan trekking, istirahat di deretan warung-warung makan di sanapun menjadi pilihan yang tepat. Berbagai kudapan dan makanan khas Bogor, Jawa Barat, akan disuguhkan untuk lo di sana.

Rangkaian Curug Cilember yang paling mudah untuk dicapai adalah Curug 7. Maklum, tempatnya yang di bawah dan paling dekat dengan para pengunjung. Tidak heran jika saat menjelang akhir pekan, Curug 7 ini akan terlihat ramai oleh para pengunjung.

Bro, perlu lo ketahui nih, semakin lo ingin menaklukan curug pertama, jelas medan yang akan lo tempuh akan semakin terjal. Terlebih, jika lo datang ke sini saat musim hujan. Hujan akan membuat medan akan semakin licin dan sulit untuk didaki.

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: listofhappiness.com

Oleh karena itu, jas hujan, dan sepatu trekking adalah gear yang wajib lo bawa dan gunakan saat pergi Curug Cilember di musim hujan.

Lalu, Ada Apa Lagi Selain Rangkaian Curug Cilember?

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: duniaoutbound.com

Untuk lo yang ingin mendapat pemandangan dan keindahan alam yang berbeda, konservasi taman kupu-kupu juga ada di dekat kawasan Curug Cilember. Ditandai dengan bangunan serta kubah jaring raksasa, di sana lo bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang indah.

Tidak hanya bangunan konservasi saja, bahkan di sini juga ada laboratorium khusus untuk meneliti kupu-kupu tersebut. Jelas, di sini juga lo bisa melihat bagaimana para kupu-kupu tersebut bermetamorfosis.

Mitos di Sekitar Curug Cilember

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: limakaki.com

Bukan spot petualangan namanya jika tidak ada mitos dan legenda yang melekat di spot tersebut. Curug Cilember tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga cerita-cerita yang mampu membuat bulu kuduk merinding.

Masyarakat setempat meyakini bahwa Curug Cilember adalah tempat pemandian sang putri dari Kerajaan Siliwangi. Oleh karena itu, banyak juga masyarakat yang percaya jika berhasil mandi di Curug Cilember ini, akan mendapatkan awet muda.

Lalu, ada lagi mitos yang serupa, bedanya jika lo berhasil mandi di seluruh rangkaian curug di Curug Cilember, lo akan mendapatkan kekuatan serta awet muda. Entah, belum ada bukti yang signifikan untuk mitos tersebut, yang jelas Curug Cilember mempunyai keindahan alam yang luar biasa.

Fasilitas dan Akomodasi Penginapan

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: onedalia.com

Untuk lo yang akan berlama-lama di kawasan petualangan Curug Cilember, lo bisa menyewa berbagai jenis penginapan. Untuk lo yang tengah bersama-sama teman lo, lo bisa menyewa sebuah pondokan yang mempunyai tiga kamar tidur, dapur, ruang tengah dengan tungku pemanas, dan berbagai fasilitas lainnya.

Dengan berbagai fasilitas seperti itu, lo hanya cukup merogoh kocek Rp. 600.000 – Rp. 900.000 saja lho. Cukup terjangkau jika lo tengah beramai-ramai dengan teman-teman lo, nih. Namun, jika lo ingin penginapan lain, deret penginapan di luar kawasan curug pun banyak pilihannya. Mulai dari jenis homestay, sampai villa dan hotel pun ada.

Bosan dengan penginapan yang itu-itu saja? Tenang bro, di kawasan Curug Cilember juga menyediakan camping ground, sehingga lo bisa ikut mendirikan tenda di sini. Bahkan, untuk lo yang tidak membawa peralatan berkemah, lo bisa menyewanya di sini.

Curug Cilember, 7 Curug Bertingkat di Bogor Yang Sudah Populer! credit photo: wisatakaka.com

Wah bagaimana nih? Cukup lengkap bukan fasilitas yang ada di Curug Cilember? Dekat dengan Jakarta, tentu lo yang tengah jenuh dengan rutinitas, Curug Cilember adalah jawaban yang tepat untuk menyegarkan tubuh lo nih.

Oh iya, untuk lo yang mengetahui informasi lain terkait Curug Cilember dan belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya. Tentu, informasi tambahan itu akan berguna untuk para petualang yang akan berangkat ke sana.

 

Source

Feature Image - merahputih.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!