AUG 9, 2018

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta!

Tidak jauh dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Hutan Pinus Imogiri – begitu masyarakat setempat menyebutnya, sering terlihat ramai oleh para anak muda yang berpetualang di sana, eksplorasi setiap sudut, demi mendapatkan foto yang instagrammable.


Beberapa akhir tahun ini, trend petualangan yang tengah disenangi oleh para petualang millennial adalah mengunjungi hutan pinus. Jejeran pohon pinus yang tinggi merupakan bahan foto yang instagrammable menurut mereka. Tidak ayal, salah satu hutan pinus yang ada di Yogyakarta, juga menjadi incaran para petualang millennial.

Tidak jauh dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Hutan Pinus Imogiri – begitu masyarakat setempat menyebutnya, sering terlihat ramai oleh para anak muda yang berpetualang di sana, eksplorasi setiap sudut, demi mendapatkan foto yang instagrammable.

Maklum, foto yang instagrammable sudah menjadi salah satu kebutuhan para petualang millennial sekarang ini. Oleh karena itu, berbagai percobaan foto disetiap sudut di hutan pinus tersebut pasti tidak akan terlewat oleh mereka.

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: jejakpiknik.com

Jelas, mereka yang datang ke sini pasti dilengkapi dengan berbagai perlengkapan fotografi untuk mendapatkan berbaga momen seru yang bisa mereka rekam di sana. Namun, seberapa bagus memang Hutan Pinus Imogiri ini?

Keindahan Alam Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: phinemo.com

Mempunyai luas sekitar 500 Ha, Hutan Pinus Imogiri setidaknya mempunyai ribuan pohon pinus yang tegak berdiri mengikuti barisan yang sudah ada. Saat angin bertiup, dedauannya akan mengeluarkan aroma khas hutan pinus yang tajam.

Tidak heran, para petualang millennial yang datang ke sini, selain untuk mendapatkan foto yang instagrammable, mereka juga mencari kesunyian, ketenangan karena sudah penat dengan rutinitas harian di tengah kota.

Ditambah, budaya Korea yang sudah menjalar di millennial anak muda Indonesia, juga berpengaruh terhadap kesukaan mereka dengan hutan pinus. Perlu lo ketahui nih, bro – kalau hutan pinus menurut orang korea, adalah simbol cinta.

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: sobatpetualang.com

Menurut mereka, pohon pinus yang tegak lurus tanpa cabang, cocok untuk menjadi simbol perasaan tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak para petualang millennial yang memburu berbagai hutan pinus, khususnya Hutan Pinus Imogiri ini karena mengikuti budaya korea tersebut.

Tetapi, terlepas dari hal tersebut, Hutan Pinus Imogiri memang indah luar biasa, bro. Keindahan alamnya yang asri dan mempunyai udara yang sejuk, hutan pinus ini kerap terlihat ramai saat menjelang akhir pekan, dan ramai karena petualang millennial menyerbu spot dan destinasi petualangan tersebut.

Hutan Pinus Imogiri Banyak Manfaatnya

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: travel.tribunnews.com

Tidak hanya menjadi tempat untuk mendapatkan ‘me time’ terbaik, tetapi hutan pinus ini mempunyai manfaat lain, lho. Manfaat ini jelas berkaitan juga dengan alam. Sebelum menjadi salah satu destinasi petualangan yang top, kawasan ini adalah tanah tandus.

Lalu, direboisasi dengan penanaman pohon pinus. Seiring waktu berjalan, pohon pinus yang ditanam massif ini tumbuh besar sehingga menjadikan hutan pinus seperti sekarang ini. Jika lo perhatikan dengan baik, sebenarnya, tidak hanya pohon pinus yang ada di hutan ini.

Berbagai pohon besar lainnya juga ada di sini. Sebut saja seperti mahoni, akasia, kemiri, kayu putih dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, wajar jika Hutan Pinus Imogiri ini memiliki banyak manfaat. Selain menjadi spot petualangan, Hutan Pinus Imogiri juga menjadi hutan lindung.

Fasilitas di Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: piknikdong.com

Siapa bilang jika di tengah hutan seperti ini tidak ada fasilitas yang memadai? Hutan Pinus Imogiri mempunyai fasilitas yang memadai, lho. Terbukti dari beberapa gardu pandang, panggung pertunjukan, kamar mandi umum yang bersih, tempat peribadatan, sampai deret warung-warung makanan dan minuman.

Wah tentu dengan deret fasilitas tersebut, petualangan lo di sini akan semakin seru, ya. Keseruan tersebut juga ditambah dengan keberadaan sumber mata air Bengkung yang menyita perhatian masyarakat setempat.

Mata air yang indah tersebut dipercaya sebagai salah satu sumber air yang keluar saat dibutuhkan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma yang tengah bertapa di sana pada zaman dahulu. Keindahan Hutan Pinus Imogiri ternyata juga dibalut dengan beberapa mitos, ya.

Tips Berpetualang ke Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: petatempatwisata.com

Untuk lo yang sudah siap untuk berangkat berpetualang ke Hutan Pinus Imogiri, sila simak beberapa tips yang harus lo perhatikan, nih. Pertama, jelas lo perlu menjaga kebersihan dan keasrian spot petualangan tersebut dari sampah. Sehingga, jelas buanglah sampah pada tempatnya.

Kedua, untuk lo yang akan berkemah di sana, dan akan menyalakan api unggun saat malam hari, perhatikan api yang akan lo gunakan, jangan sampai api menjalar ke pohon-pohon pinus di sana, agar tidak menyebabkan kebakaran hutan.

Ketiga, untuk lo yang akan berangkat ke Hutan Pinus Imogiri, pastikan lo membawa kendaraan pribadi sendiri, ya. Baik mobil atau motor, tidak masalah karena sudah disediakan tempat parkir yang luas. Perlu lo ketahui, kalau kawasan ini tidak dilewati oleh kendaraan umum.

Keempat, walau di Hutan Pinus Imogiri ini sudah terdapat deret warung makan dan minum, tetap saja lo disarankan untuk bawa perbekalan sendiri, ya. Hal ini dikarenakan oleh ketidakjelasan waktu saat warung tersebut buka dan tutup.

Rangkap Langsung ke Puncak Becici

Hutan Pinus Imogiri, Hutan Pinus Paling Instagrammable di Yogyakarta! credit photo: backpackerjakarta.com

Untuk lo yang sudah puas eksplorasi di Hutan Pinus Imogiri, langsung saja rangkap perjalanan lo ke Puncak Becici. Tidak jauh dari Hutan Pinus Imogiri, di Puncak Becici, lo bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro saat cauca sedang cerah.

Kawasan spot petualangan Puncak Becici sendiri dikelola oleh warga setempat secara swadaya. Mengingat kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung, fasilitas yang dibuat oleh pengelola pun cukup sederhana. Meskipun begitu, keterbatasan fasilitas tidak membuat Puncak Becici sepi petualang.

Jadi bagaimana nih bro? Sudah siap untuk berpetualang ke Hutan Pinus Imogiri? Atau lo sudah mau berangkat nih? Wah, kalau begitu, langsung lanjut saja, bro!

 

Source

Feature Image - eksotisjogja.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!