AUG 9, 2018

5 Pantai Gunung Kidul yang Masih Belum Banyak Terjamah Wisatawan

Daerah Istimewa Yogyakarta bukanlah destinasi yang asing bagi para traveler domestic ataupun mancanegara. Salah satu keindahan alam Yogyakarta adalah beragam pantai Gunung Kidul yang siap menyuguhkan segala keunikan keindahan alamnya. Nah, bahasan kali ini adalah beberapa pantai Gunung Kidul yang masing jarang dan bahkan belum diketahui banyak orang. Buat lo yang mau ngerasain bersantai di pantai tanpa banyak gangguan orang banyak, yuk lanjut simak bahasan soal pantai gunung kidul yang masih perawan ini!


Daerah Istimewa Yogyakarta bukanlah destinasi yang asing bagi para traveler domestic ataupun mancanegara. Siapa juga yang gak tergoda untuk berjalan-jalan ke Yogyakarta, mulai dari keindahan alam, peninggalan bersejarah, sampai kuliner pun semua ada.

Sayangnya, ketika orang berpikir kota Jogja, yang terlintas umumnya candi-candi dan kulinernya. Padahal, keindahan alam Yogyakarta ini banyak banget bro! Salah satu contohnya beragam pantai Gunung Kidul yang siap menyuguhkan segala keunikan keindahan alamnya.

Nah, bahasan kali ini gak cuma akan bahas keindahan pantai yang ada di sekitar kawasan Gunung Kidul, bro! Tapi, disini akan dibahas beberapa pantai Gunung Kidul yang masing jarang dan bahkan belum diketahui banyak orang. Buat lo yang mau ngerasain bersantai di pantai tanpa banyak gangguan orang banyak, yuk lanjut simak bahasan soal pantai gunung kidul yang masih perawan ini!

Pantai Watu Kodok

5 Pantai Gunung Kidul yang Masih Belum Banyak Terjamah Wisatawan. Photo Credit: eksotisjogja.com

Bahasan ini dibuka dengan Pantai Watu Kodok yang berlokasi di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari. Untuk akses ke Pantai Watu Kodok, jalan masuk menuju pantainya sudah bisa dilalui dengan motor ataupun mobil.

Pantai yang masih terbilang baru dan perawan ini mempunyai pemandangan dengan nuansa alami yang eksotis. Karena wisata Pantai Watu Kodok ini masih baru, pantai Gunung Kidul ini masih belum banyak dijamah para wisatawan. Jadi soal kebersihan, keasrian dan kealamian pantainya tidak diragukan lagi, bro!

Nama pantai Gunung Kidul yang satu ini dikarenakan batu karang yang tajam dan indahnya, yang bentuknya mirip dengan kodok. Disana lo bisa menikmati panorama air laut yang biru dan jernih dengan pemandangan yang eksotis sambil bersantai di gazebo yang sudah tersedia. Kalau lo suka lihat keindahan sunset, lo bisa nikmatin eksotisnya fenomena ini di Pantai Watu Kodok.

Nah, buat lo yang hobi mancing, lo bisa deh puas-puasin mancing ikan di Pantai Watu Kodok ini. Kalau lo ga bawa peralatan memancing pun gak masalah, disana lo bisa menyewa peralatan pancing bro.

Pantai Jogan

5 Pantai Gunung Kidul yang Masih Belum Banyak Terjamah Wisatawan. Photo Credit: gunungkidulku.com

Pantai Jogan, pantai Gunung Kidul yang cenderung masih diremehkan dan kurang diapresiasi. Padahal di Pantai Jogan ini lo gak hanya bisa merasakan keindahan pantai, tapi disana juga ada air terjun yang mengalir dari atas tebing ke bibir pantai. Sayang gak tuh bro kalau lo pergi ke Gunung Kidul tapi gak mampir ke Pantai Jogan?

Hanya di Pantai Jogan lo bisa ngerasain kesegaran air terjun dan angin laut yang menyeimbangi hawa pantai yang panas. Air terjun yang turun langsung mengalir ke laut, dan ini menjadi keunikan Pantai Jogan dibandingkan pantai Gunung Kidul lainnya bro. Selain itu, lo bisa melihat keindahan alam dengan background air terjun dan batu putih dengan menyusuri turunan dari bukit kapur di samping air terjun.

Nah, lokasi Pantai Jogan ini ada di Purwodadi, Tepus. Tepatnya persis berada di sebelah barat Pantai Siung. Kalau lo mau merasakan keindahan dan keunikan Pantai Jogan, sebaiknya lo datang pada saat musim hujan biar lo mendapati air terjun yang menghiasi Pantai Jogan terlihat indah.

Pantai Mbirit

5 Pantai Gunung Kidul yang Masih Belum Banyak Terjamah Wisatawan. Photo Credit: wisata.pesona.travel

Buat lo yang adventurous, pantai Gunung Kidul yang satu ini mungkin pas banget buat lo bro! Ada alasan tertentu kenapa Pantai Mbirit yang masih belum banyak terjamah orang, yaitu aksesnya yang masih relatif sulit untuk dilalui.

Pantai Mbirit ini berlokasi di desa Krambil Sawit kecamatan Saptosari, dan juga bersebelahan dengan Pantai Butuh. Nah, kalau lo mau ke Pantai Mbirit, lo harus berjalan menyusuri pantai Butuh atau melalui jalan setapak melewati perbukitan warga.

Gak hanya sekedar menikmati pasir pantai, tapi lo bisa melihat keindahan Pantai Mbirit dari atas bukit di sebelah timurnya. Begitu lo sampai di tebing sisi timur, lo akan ngerasain eksotisnya pemandangan pantai sambil ditemani kesejukan angin yang berhembus. Selain itu, lo juga bisa mancing di tebing Pantai Mbirit ini bro.

Pantai Ngeden

5 Pantai Gunung Kidul yang Masih Belum Banyak Terjamah Wisatawan. Photo Credit: gunungkidulku.com

Pantai Ngeden atau yang dulu dikenal sebagai Pantai Ngedan tergolong baru dan masih dalam tahap pembangunan. Makanya Pantai Ngeden ini pun masih sepi bro, padahal pemandangan yang ada di Pantai Ngeden ini sangat menggoda dan menakjubkan. Ditambah lagi, kondisi Pantai Ngeden masih bersih, asri, dan alami. Harus banget lo berkunjung ke pantai Gunung Kidul yang satu ini.

Pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Ngobaran dan sebelah timur Pantai Butuh ini diapit oleh dua bukit kokoh yang memperlihatkan keindahan alamnya sendiri. Selain menikmati keindahan pasir pantai yang putih dan bersih, lo bisa naik ke atas bukitnya dan melihat pesona sekitaran Pantai Ngeden secara luas.

Di Pantai Ngeden ini juga terdapat gazebo yang bisa lo singgahi kalau lo mau bersantai sejenak sambil menikmati keindahan pantainya. Kalau lo lapar dan haus, disana juga tersedia warung dan lo bisa menikmati hidangannya sambil berteduh di bawah gubuk kecil.

Pantai Jungwok

5 Pantai Gunung Kidul yang Masih Belum Banyak Terjamah Wisatawan. Photo Credit: eksotisjogja.com

Berlokasi di desa Jepitu, Girisubo, Pantai Jungwok masih tergolong baru dan terdengar asing di kalangan wisatawan local maupun mancanegara. Pemandangan Pantai Jungwok ini khas banget bro, dengan di tengah lautnya terdapat sebuah batu besar yang disebut Watu Topi. Pasalnya, panggilan batu besar ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai topi.

Salah satu keunikan Pantai Jungwok ini adalah bentuk pantai yang cekung dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Dikarenakan pantai Gunung Kidul yang satu ini masih sangat alami dan jauh dari keramaian, Pantai Jungwok ini cocok banget untuk lo jadiin tempat berkemah. Selain itu, lo juga bisa bersantai sambil memancing di atas Watu Topi di tengah laut itu. Menarik kan bro?

Nah, gimana bro ada yang langsung mau merencanakan traveling ke Gunung Kidul untuk melihat keindahan-keindahan pantai di atas? Atau, apa ada diantara lo yang udah pernah ke pantai Gunung Kidul di atas?

 

Source

Feature Image – yukpiknik.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!