AUG 9, 2018

Omah Kayu Malang, Gak Sekedar Wisata yang Instagrammable

Obyek wisata Paralayang Gunung Banyak sudah pasti dikenal sebagai pusat perhatian kawasan wisata di kota Batu. Di area Paralayang Gunung Banyak ini terdapat obyek wisata yang juga merupakan penginapan unik, yaitu Omah Kayu Malang. Bukan hanya sekedar tempat wisata instagrammable, tapi banyak petualangan menarik yang bisa lo lakuin disana bro!


Bicara soal kota Malang Raya, sudah pasti terlintas obyek wisata Paralayang Gunung Banyak yang juga dikenal sebagai bukit bintang. Area Paralayang Gunung Banyak ini sudah mengundang banyak wisatawan untuk melihat dan merasakan sendiri keindahan panorama dari puncak gunung yang sejuk. Pemandangan kota Batu dan juga Malang itu benar-benar bisa lo lihat dan rasakan dari ketinggian bro.

Gak cuma kegiatan paralayang aja yang menjadi pusat perhatian kawasan wisata di kota Batu ini bro! Di area Paralayang Gunung Banyak ini terdapat obyek wisata yang juga merupakan penginapan unik, yaitu Omah Kayu Malang. Sesuai namanya, Omah Kayu Malang ini merupakan penginapan dengan bentuk rumah pohon atau treehouse yang keren bro.

Hal yang menarik dari Omah Kayu Malang adalah banyaknya spot foto yang menarik disana. Mulai dari berfoto di area cabin penginapan yang tidak berpenghuni, lalu berikutnya rumah berbentuk segitiga dengan pintu di tengah-tengahnya. Selain itu ada papan kayu 1,5 x 1,5 meter yang terletak di atas pohon, sampai spot foto di lokasi paralayang yang terletak di luar pintu masuk Omah Kayu.

Omah Kayu Malang, Gak Sekedar Wisata yang Instagrammable! Credit Photo: mldspot.com

Nah, kalau lo hanya ingin berkunjung ke Omah Kayu Malang tanpa menginap, lo cukup membayar tiket masuk sebesar 10 ribu Rupiah untuk 1 orang. Dengan biaya segitu, lo sudah bisa berpuas-puas foto di pemandangan indah lerang bukit ini bro!

Lokasi & Rute menuju Omah Kayu Malang

Dari pusat kota Malang, Omah Kayu berada sekitar 30 km dan sangat mudah dijangkau oleh motor maupun mobil. Jika lo berkendara dari pusat kota Malang, lo membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke Omah Kayu Malang ini. Tepatnya, lokasi Omah Kayu Malang ini berada di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Omah Kayu Malang, Gak Sekedar Wisata yang Instagrammable! Credit Photo: wisatania.com

Berhubung rute menuju Omah Kayu ini bisa diakses dari beberapa kota Besar di Jawa Timur, lo bisa melakukan perjalanan menuju arah Desa Pandesari Kecamatan Pujon Malang. Nah, Kecamatan Pujon ini adalah rute yang menghubungkan Malang – Kediri, Malang – Jombang, dan jalur alternative Malang – Blitar.

Jika lo kebingungan ataupun gak mau repot, lo bisa memanfaatkan teknologi canggih yang tersedia di smartphone lo bro. Apabila perlu, lo bisa menggunakan fitur google map yang ada di smartphone lo itu dan lihat koordinat GPSnya Omah Kayu Malang secara langsung disini.

Penginapan Omah Kayu Malang

Omah Kayu Malang, Gak Sekedar Wisata yang Instagrammable! Credit Photo: reresepan.com

Penempatan unit penginapan yang berada di atas pohon tentu saja menjadi daya tarik yang belakangan ini digemari oleh banyak kalangan. Siapa juga yang gak kepengen ngerasain menginap di kamar yang posisinya di atas pohon? Selain itu, lokasi dan tata letak Omah Kayu Malang yang berada di lereng bukit dan terletak di antara pepohonan, pastinya bikin lo ngerasa lebih dekat lagi dengan alam, ya gak?

Omah Kayu Malang didesain dengan bahan baku kayu yang bagus dan kuat, seperti eukaliptus, kasuarina, dan pinus. Dengan unit penginapan berukuran 3 x 2 x 2 meter, lo bisa menempati unitnya dengan nyaman sama temen lo sebanyak 2 sampai 3 orang, bro!

Jumlah unit penginapan yang tersedia di Omah Kayu Malang itu sebanyak 6 hingga 8 unit, dan ada balkonnya untuk masing-masing unit. Jadi, lo bisa menikmati pemandangan lembah dan sawah yang indah. Kalau malam hari, lo bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota Batu yang keren banget dari ketinggian itu.

Omah Kayu Malang, Gak Sekedar Wisata yang Instagrammable! Credit Photo: rekomendasi.org

Untuk sejumlah unit yang ada di penginapan Omah Kayu Malang, mereka menyediakan 2 kamar mandi yang terletak di luar unit. Meskipun lo mesti dingin-dinginan keluar kamar untuk menuju kamar mandi, gak perlu khawatir bro. Omah Kayu Malang menyediakan air hangat di kamar mandinya, jadi lo bisa dengan nyaman mandi disana.

Nah, jika lo menginap di Omah Kayu Malang, ada berbagai aktivitas seru yang bisa lo lakuin disana bro. Yang pasti, kegiatan-kegiatan itu bisa nambah seru petualangan lo! Penasaran apa aja aktivitas menarik yang tersedia disana?

  • Adventure Jeep Hartop Batu Malang ke Air Terjun Coban Tengah dan Coban Pitu
  • Keliling pegunungan dengan motor trail yang bisa lo sewa, sekitar Gunung Banyak dan pegunungan Pujon juga hutan pinus
  • Rafting Batu Malang, Kasembon, dan Pujon
  • Sewa sepeda gunung
  • Trekking Gunung Panderman, Arjuno, Gunung Butak Kawi

Seru gak tuh bro? Nah, kalau lo mau menginap di Omah Kayu Malang, lo perlu mengeluarkan biaya mulai dari 350 ribu Rupiah per malam untuk 1 unit Omah Kayu Mini yang bisa menampung 2 hingga 3 orang. Dan, untuk Omah Kayu Family yang bisa menampung hingga 6 orang bisa lo tempati dengan harga sewa mulai dari 750 ribu Rupiah per malam untuk 1 unitnya.

Tempat Wisata Sekitar Omah Kayu Malang

Kalau lo kebetulan mau main ke tempat wisata lain yang berada di sekitar Omah Kayu Malang, ada banyak tempat wisata yang bisa lo lihat disana. Beberapa tempat wisata sekitar Omah Kayu Malang yang gak kalah menarik, diantaranya: Air Terjun Coban Rondo, Bukit Paralayang Batu Malang / Batu Paragliding, Café Sawah Pujon Kidul, Goa Pandawa dan Goa Pinus, serta Taman Labirin dan Taman Langit.

Wah, gimana nih bro? Apa dari kalian ada yang penasaran sama Omah Kayu Malang dan ingin segera meluncur berpetualang kesana? Ataukah, ada diantara kalian yang sudah pernah berkunjung ke Omah Kayu Malang maupun tempat wisata di sekitarnya? Bisa lo ceritain petualangan-petualangan seru lo di komentar ya!

 

Source

Source

Feature Image – bromowisata.co.id


Please login to comment
1 COMMENTS
Hengky kik
August 10, 2018 at 2:31 AM

Bagus banget pemandangannya, bisa buat refensi kalau mau travelling