AUG 10, 2018

5 Spot Snorkeling di Indonesia Incaran Petualang Mancanegara!

Tidak hanya Bali, Indonesia sebagai salah satu negara maritim besar, mempunyai berbagai spot snorkeling yang luar biasa. Penasaran di mana saja?


Bicara tentang Indonesia kepada para petualang mancanegara, rata-rata semua hasil pembicaraan tersebut jatuh pada salah satu pulau yang memang sudah populer, yaitu Pulau Bali. Salah satu yang menurut mereka bagus dari Bali adalah spot snorkelingnya.

Namun, apakah lo mengetahui jika ternyata, banyak spot snorkelling lainnya yang sudah menjadi incaran atau setidaknya pasti masuk ke daftar petualangan para petualang dari mancanegara? Tidak hanya Bali, Indonesia yang terkenal dengan negara maritim besar, jelas mempunyai berbagai spot snorkelling yang indah.

Pemandangan alam bawah laut yang indah memang dengan mudah menghipnotis para petualang dari mancanegara tersebut. Menjadi daya tarik tersendiri, mereka terkagum-kagum dengan kekayaan keindahan alam bawah laut Indonesia.

Snorkeling atau diving, kegiatan menyelam ini sangat digemari oleh para petualang mancanegara. Bahkan, di beberapa spot menyelam yang akan dibahas di ulasan kali ini, pihak pengelola di sana bahkan sampai menyediakan jasa sewa alat-alat menyelam tersebut.

Wah, sudah semakin penasaran di mana saja surga pemandangan alam bawah laut yang indah dan menjadi incaran banyak petualang mancanegara? Sila simak bahasan kali ini, ya.

Pulau Togean – Sulawesi Utara

5 Spot Snorkeling di Indonesia Incaran Petualang Mancanegara! credit photo: pinterest.com

Berlokasi di Sulawesi Utara, Pulau Togean menjadi salah satu pulau cantik yang masih jarang tersentuh oleh para petualang. Tentu, dengan predikat seperti itu, pasti bangga mereka yang sudah bisa sampai di sana. Tentang pemandangan alam bawah lautnya? Sudah tidak diragukan lagi, bro.

Mempunyai salah satu spot menyelam terbaik, yaitu di B24 Bomber Wreck, setidaknya berjarak 16 kilometer ke timur laut Pulau Kadiriri, beragam biota laut yang jarang terlihat oleh mata petualang, bisa dilihat di sini dengan jelas.

Kemudian, bergeser sedikit ke salah satu pulau vulkanik yang ada di sana – Una Una menjadi salah satu spot snorkelling di mana banyak biota laut hidup bebas dan sehat di sana. Maklum, pulau vulkanik ini menyediakan berbagai jenis makanan yang dibutuhkan oleh beragam biota laut tersebut.

Raja Ampat – Papua

5 Spot Snorkeling di Indonesia Incaran Petualang Mancanegara! credit photo: papua-diving.com

Sebuah kawasan kepulauan yang mempunyai setidaknya 1.500 pulau kecil dan memiliki 1.200 spesies ikan, Raja Ampat merupakan spot menyelam yang sudah terkenal bahkan mendunia. Beragam biota laut besar yang ada di sana dapat dilihat dengan jelas.

Sebut saja seperti spot untuk melihat ika hiu paus, ikan pari manta – yang menjadi salah satu spot terbaik di sana, dan menjadi incaran banyak petualang mancanegara. Kapan lagi bisa beramah tamah dengan beragam biota laut besar tersebut.

Raja Ampat juga menjadi surga bagi biota laut lainnya. Pasalnya, beragam kehidupan hayati tumbuh dengan damai di sana. Terumbu karang, koral, dan berbagai jenis biota laut lainnya dengan sehat berkembang dengan baik di sana.

Dengan keadaan seperti ini, wajar jika Raja Ampat masuk ke dalam salah satu sisi segitiga karang dunia, yang dapat berjejer setara dengan The Great Barrier di Australia. Patut bangga nih, para petualang di Indonesia, tinggal bagaimana menjaganya saja, ya!

Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur

5 Spot Snorkeling di Indonesia Incaran Petualang Mancanegara! credit photo: pinterest.com

Setelah ditetapkannya Pulau Komodo menjadi salah satu situs warisan dunia, diresmikan oleh UNESCO, Pulau Komodo mempunyai kontur keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Beragam karang yang ada di lautannya bisa dilihat jelas walau dari permukaan saja.

Bersih dan jelasnya air laut serta jinaknya ombak menjadi salah satu penyokong snorkelling dan menyelam di sini semakin nyaman. Tidak heran banyak para petualang dari mancanegara yang akhirnya betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama di sana.

Nah, untuk lo yang sudah akan berangkat ke Pulau Komodo – perlu lo ingat nih jika waktu terbaik untuk datang ke sana adalah rentang waktu bulan Desember sampai Februari. Pada saat itu, air laut tengah meninggi suhunya, sehingga menyediakan banyak makanan untuk para biota laut di sana.

Pulau Weh – Sabang

5 Spot Snorkeling di Indonesia Incaran Petualang Mancanegara! credit photo: realadventures.com

Letaknya yang berada diujung Indonesia, tidak membuat Pulau Weh mudah dilupakan, lho. Lagipula, bagaimana mudah dilupakan jika pemandangan dan keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa ini mudah menjadi incaran banyak para petualang.

Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi spot snorkelling yang luar biasa itu adalah saat rentang musim kemarau di bulan April sampai November. Air laut yang tenang akan memudahkan lo untuk menyelam dan menikmati segala keindahan alam bawah laut yang ada di sana.

Untuk lo yang baru saja akan menyelam – atau sebagai pemula, Pulau Weh menyediakan beberapa spot untuk lo nih, seperti Limbo Gapang, Batee Meuroron, Lhong Angen dan Pantee Gua. Spot-spot tersebut tidak terlalu dalam dan tidak mempunyai ombak yang besar sehingga memudahkan lo untuk pertama kali menyelam.

Pulau Banda – Kepulauan Maluku

5 Spot Snorkeling di Indonesia Incaran Petualang Mancanegara! credit photo: winnetnews.com

Dari sisi barat Indonesia, sekarang pindah ke sisi timurnya, pulau cantik selanjutnya yang bisa lo nikmati keindahan alamnya adalah Pulau Banda. Destinasi dan spot snorkelling ini cocok sekali untuk lo yang suka menyelam.

Tidak heran, dengan keindahan alam bawah laut yang menawan, Pulau Banda juga menjadi salah satu incaran para petualang mancanegara. Hal tersebut bisa dilihat dari ramainya kedatangan mereka saat bulan Maret sampai April, dan saat September – Desember.

Arus atau ombak yang cukup tenang di sana jelas akan memudahkan lo untuk eksplorasi spot snorkelling tersebut. Berbagai biota laut dan terumbu karang indah menjadi pemandangan utama di sana. Wajar, banyak petualang yang ingin mengabadikan keindahan tersebut.

Jadi bagaimana bro? Mereka, para petualang mancanegara saja berlomba-lomba untuk datang ke sana, bagaimana dengan lo, bro? Sudah siap untuk berpetualang ke sana?

 

Source

Feature Image - blog.reservasi.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!