AUG 10, 2018

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya!

Menjadi ikon baru milik Pulau Bali ini sudah diluncurkan sejak Sabtu 4 Agustus 2018 lalu. Akhirnya para petualang baik petualang dari dalam negeri dan mancanegara, menyudahi rasa penasaran mereka tentang bagaimana bentuk dari patung raksasa ini.


Setelah penantian panjang selama kurang lebih 28 tahun, akhirnya – sebuah puzzle besar yang berbentuk sebuah sosok yang dikagumi dan dianggap suci oleh masyarakat Bali, patung Garuda Wisnu Kencana, selesai dibangun.

Menjadi ikon baru milik Pulau Bali ini sudah diluncurkan sejak Sabtu 4 Agustus 2018 lalu. Akhirnya para petualang baik petualang dari dalam negeri dan mancanegara, menyudahi rasa penasaran mereka tentang bagaimana bentuk dari patung raksasa ini.

Patung yang diklaim terbesar dan tertinggi di dunia ini pun ternyata memiliki lika-liku yang cukup unik hingga akhirnya, masyarakat Bali dan para petualang, bisa menikmati dari bentuk asli patung tersebut. Akhirnya keindahan Patung Dewa Wisnu yang tengah menunggangi burung garuda tersebut selesai.

Orang-orang Dibalik GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya! credit photo: pikiran-rakyat.com

Nyoman Nuarta dalam sesi jumpa pers, mengatakan jika karyanya tersebut adalah hadiah untuk Indonesia di hari jadinya yang ke 73. Ia bercerita tentang lika-liku pembuatan ikon baru untuk bali ini. Banyak juga yang mendukung, tetapi juga tidak sedikit yang memprotes.

Awal gagasan dari proyek mega besar ini dimulai sejak tahun 1989 oleh Nuarata bersama Joop Ave yang saat itu tengah menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. Setidaknya, dari awal pembuatannya, proyeksi GWK ini sudah mengalami 5 kali perubahan besar.

Garuda Wisnu Kencana sendiri berdiri di atas Bukit Unggasan, Jimbaran, Badung. Berdiri megah dengan tinggi 212 meter atau setara dengan 271 mdpl, patung raksasa ini bisa dilihat dari berbagai penjuru. Oleh karena itu, semua kalangan masyarakat bisa melihat patung tersebut dengan jelas.

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya! credit photo: grid.id

Proyek yang dimulai pada massa pemerintahan Presiden Soeharto ini sempat tertunda pada tahun 1998 saat di mana Indonesia tengah dilanda krisis, dan pembangunan tersebut dilanjutkan pada tahun 2002 setelah mendapat kucuran dana dari investor.

Awalnya, Garuda Wisnu Kencana hanyalah potongan-potongan bagian yang tergeletak begitu saja. Namun, akhirnya pada tahun ini, patung yang diklaim lebih tinggi dari Patung Liberty di Amerika ini selesai dengan sempurna.

Sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya pembangunan patung raksasa ini, sebuah acara syukuran pun digelar melalui acara yang diberi tajuk “Swadharma Ning Pertiwi” di tanggal 4 Agustus 2018 lalu. Perhelatan akbar itu melibatkan banyak seniman dan artis.

Acara tersebut juga diramaikan oleh seluruh kalangan masyarakat, tidak terkecuali para petualang. Patung Garuda Wisnu Kencana ini juga ternyata mempunyai beberapa fakta unik, lho. Setidaknya ada lima fakta yang bisa lo ketahui, nih.

Asal Muasal Bentuk GWK

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya! credit photo: today.line.me

Berasal dari sosok mitologi Hindu, Dewa Wisnu yang tengah berada di atas seekor garuda, direkam menjadi sebuah patung. Bentuk Garuda Wisnu Kencana sekarang ini adalah benar bentuk dari sang Dewa Wisnu yang juga pernah diceritakan dan digambarkan tengah menaiki burung raksasa itu.

Burung Garuda sendiri juga menjadi simbol atau lambang dari negara Indonesia. Oleh karena itu, patung Garuda Wisnu Kencana ini cukup pas untuk menjadi salah satu hadiah untuk ulang tahun Indonesia.

Kalahkan Patung Liberty

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya! credit photo: today.line.me

Jika Patung Liberty yang berada di Amerika berdiri dengan tinggi 97 meter, Patung Garuda Wisnu Kencana ini akan melebihi tinggi patung sebelumnya. Pasalnya, GWK akan berdiri dengan ketinggian 120 meter.

Patung Garuda Wisnu Kencana ini menggunakan modul pembentuk komponen sebanyak 754 buah. Tentu dengan pembentuk komponen tersebut, Patung Garuda Wisnu Kencana mempunyai kontur dan tekstur patung yang detil.

Menggunakan Bahan Impor Dari Luar Negeri

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya! credit photo: kaskus.co.id

Ada beberapa hal menarik yang menjadi kisah di balik pembangunan patung fenomenal ini. Diantaranya adalah penggunaan bahan impor dari luar negeri. Barang-barang tersebut didatangkan dari Jepang, Tiongkok, India, Italia, bahkan Amerika Latin.

Oleh karena itu, wajar jika patung raksasa ini benar-benar terlihat megah luar biasa. Patung raksasa yang gagah ini memang mempunyai detil yang luar biasa jelas. Maklum, dengan berbagai bahan dari luar negeri, patung ini terlihat sepadan dari segala proses dibalik pembuatan tersebut.

Adanya Fenomena Mistis

Garuda Wisnu Kencana, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya! credit photo: idea.grid.id

Proses pembuatan dan pembangunannya yang lama dikaitkan dengan beberapa fenomena dan mitos-mitos penuh misteri. Pasalnya, salah satu tokoh spiritual Bali, Brahmana Guna Avatara Dasa menyatakan, bahwa Patung Garuda Wisnu Kencana ini salah menghadap arah mata angin.

Menurutnya, berdasarkan konsep ajaran Hindu, patung ini salah menghadap arah mata angin. Harusnya Patung Garuda Wisnu Kencana dihadapkan ke arah utara, bukan di selatan. Sayangnya, patung raksasa ini pada akhirnya menghadap ke selatan.

Orang Dibalik GWK

Sosok yang berjasa di balik rancangan patung GWK adalah I Nyoman Nuarta. Beliau adalah arsitek bagi kelangsungan pembangunan monumen Garuda Wisnu Kencana. I Nyoman Nuarta juga berada di balik serangakaian patung-patung terkenal di Indonesia. Seperti Jalesveva Jayamahe milik TNI Angkatan Laut di Surabaya dan Monumen Proklamasi Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Dengan berbagai karyanya yang luar biasa megah dan gagah, wajar jika ia ditunjuk sebagai arsitek untuk pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana ini.

Wah bagaimana bro? Sudah ke Bali untuk melihat langsung bagaimana gagahnya Patung Garuda Wisnu Kencana?

 

Source

Source

Feature Image - malangtoday.net


Please login to comment
1 COMMENTS
Dyastantya Ekmawanto
August 13, 2018 at 8:33 PM

Mantaaap betuul