AUG 10, 2018

Pantai Ujung Genteng, Si Mutiara yang Tersembunyi

Berada di area pesisir selatan provinsi Jawa Barat, pantai Ujung Genteng ini bisa lo sebut sebagai salah satu surga tersembunyi yang masih diremehkan dan kurang diapresiasi. Padahal pantai di area pesisir Sukabumi ini berbatasan langsung sama laut lepas Samudera Indonesia. Wah, dahsyat gak tuh bro? Maka dari itu, Pantai Ujung Genteng ini mendapat julukan “Mutiara yang Tersembunyi”.


Jawa Barat, salah satu daerah di Indonesia yang menyediakan banyak keindahan alam yang sangat menggugah. Setuju gak bro? Apalagi pantai-pantai yang berada di Jawa Barat ini sebetulnya indah dan gak kalah dibandingkan pantai Indonesia yang lain. Salah satu pantai yang bisa lo kagumi keindahannya di Jawa Barat adalah Pantai Ujung Genteng.

Berada di area pesisir selatan provinsi Jawa Barat, pantai Ujung Genteng ini bisa lo sebut sebagai salah satu surga tersembunyi yang masih diremehkan dan kurang diapresiasi. Padahal pantai di area pesisir Sukabumi ini berbatasan langsung sama laut lepas Samudera Indonesia. Wah, dahsyat gak tuh bro? Maka dari itu, Pantai Ujung Genteng ini mendapat julukan “Mutiara yang Tersembunyi”.

Pastinya, dengan masih jarang terjamahnya Pantai Ujung Genteng dari para wisatawan, kondisi pantainya pun masih sangat asri dan alami. Pasir putih yang membentang berkilauan serta air laut yang jernih dan bersih, lo bisa dengan nyaman merasakan keindahan surga tersembunyi ini. Tapi, bukan hanya sekedar panorama yang menggiurkan yang menjadi daya tarik utama si mutiara yang tersembunyi, bro!

Pantai Ujung Genteng memiliki keragaman ikan dan ekosistem laut yang terbilang luar biasa. Ini lah yang menjadi daya tarik para penggemar olahraga mancing, kealamian laut dan ikan-ikan yang masih belum terganggu oleh pembangunan dan limbah pabrik. Serius sih lo mesti ngerasain mancing di Pantai Ujung Genteng. Lo bisa dapetin ikan dengan beragam jenis, warna, dan ukuran.

Pantai Ujung Genteng, Si Mutiara Yang Tersembunyi. Photo Credit: noniq.co

Perlu lo ketahui nih bro, karena ekosistem laut yang masih bagus itu, sebagian besar masyarakat daerah sini berprofesi sebagai nelayan. Nah, lo bisa mendapatkan hasil tangkapan nelayan yang masih segar itu di warung pinggir pantai yang dibuka setiap paginya. Gak hanya ikan, tapi lo juga bisa dapetin cumi, layur, sotong, dan lainnya. Tentunya semua lo bisa dapatkan dengan harga yang terjangkau. Dan, lo gak perlu khawatir soal kesegarannya karena para nelayan itu sudah menyediakan stirofoam agar lo bisa menjaga kesegaran tangkapan laut itu selama perjalanan pulang lo.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng ini cukup sulit ditempuh dengan segala tanjakan terjal dan berkelok-keloknya. Tetapi itu semua terasa nikmat dengan pemandangan indah yang siap menggugah diri lo. Lo bisa mengarah ke Pantai Ujung Genteng dengan beberapa rute berikut.

Rute 1:  dari Jakarta

Jika lo berangkat dari kota Jakarta, perjalanan yang lo tempuh kurang lebihnya bisa mencapai 5 jam perjalanan dengan rute JAKARTA – CIAWI – CICURUG – CIBADAK – PELABUHAN RATU – CIKEMBAR – JAMPANG – SURADE.

Rute 2:  dari Bandung

Buat lo yang melakukan perjalanan dari kota Bandung, rute yang akan lo lalui adalah BANDUNG – CIANJUR – SUKABUMI – JAMPANG TENGAH – JAMPANG KULON – SURADE. Waktu yang lo perlukan untuk menempuh rute tersebut kira-kira selama 4 jam.

Pantai Ujung Genteng, Si Mutiara Yang Tersembunyi. Photo Credit: marapiadventure.blogspot.com

Darimana pun kota keberangkatan lo, jika lo mau menuju Pantai Ujung Genteng lo tinggal melakukan perjalanan menuju Surade. Nah, dari Surade menuju Pantai Ujung Genteng lo bisa menggunakan angkutan pedesaan warna merah jurusan Genteng. Waktu yang lo perlukan untuk menempuh perjalanan Surade – Pantai Ujung Genteng kurang lebihnya selama 45 menit berkendara.

Tiket Masuk dan Penginapan Pantai Ujung Genteng

Berwisata ke Pantai Ujung Genteng Sukabumi ini lo gak perlu mengeluarkan kocek yang dalam bro. Lo cukup menyisihkan uang 10 ribu Rupiah untuk tiket masuk satu orang, dan lo sudah bisa menikmati keindahan si Mutiara yang Tersembunyi. Cakep gak tuh?

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ujung Genteng ini juga terbilang lengkap. Area parkirnya luas dan keamanannya terjamin dengan petugas yang ada disana, tersedia juga toilet dan mushola yang nyaman. Selain itu ada juga toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, dan tentunya rumah makan yang siap menggugah lo dengan segala menu hidangan laut yang menggiurkan.

Pantai Ujung Genteng, Si Mutiara Yang Tersembunyi. Photo Credit: travelingyuk.com

Jika lo mau bermalam dan merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal, ada beberapa penginapan di Pantai Ujung Genteng yang bisa lo sewa dengan harga terjangkau. Cukup dengan mengeluarkan biaya sebesar 60 ribu hingga 150 ribu per malam lo bisa menginap di penginapan pantai ini. Atau, kalau lo mau penginapan yang lebih nyaman dengan fasilitas yang lengkap, di sekitar Pantai Ujung Genteng juga ada beberapa hotel dan villa.

Wisata Sekitaran Pantai Ujung Genteng

Di sekitaran Pantai Ujung Genteng ada beberapa tempat wisata yang gak kalah menarik dan recommended untuk lo kunjungi bro. Beberapa tempat wisata sekitar Pantai Ujung Genteng yang menarik antara lain seperti Pantai Ombak Tujuh dan Pantai Pangumbahan. Kenapa? Kedua pantai itu cukup dikenal oleh para penggemar selancar loh bro.

Pantai Ujung Genteng, Si Mutiara Yang Tersembunyi. Photo Credit: backpackerjakarta.com

Pantai Ombak Tujuh – Pantai ini mendapat julukannya dari ombaknya yang katanya bisa mencapai ketinggian tujuh tingkat. Wuih, gila gak tuh bro? Gak heran kan kalau banyak para wisatawan yang gemar berselancar doyan banget berkesplorasi ke Pantai Ombak Tujuh ini. Tapi, untuk menuju pantai ini lo harus menempuh perjalanan menantang dengan melewati hutan dan beberapa muara sungai dangkal. Gak masalah lah ya buat lo yang berjiwa petualang tinggi.

Pantai Ujung Genteng, Si Mutiara Yang Tersembunyi. Photo Credit: wisatapalabuhanratu.com

Pantai Pangumbahan – Pantai ini juga sering dijadikan destinasi para peselancar dengan ombaknya yang bisa mencapai ketinggian 3 meter. Tapi yang membuat pantai ini menarik itu adalah Pantai Pangumbahan ini juga merupakan tempat penangkaran penyu. Penangkaran penyu ini dibuka untuk umum kok bro, dan kalau lo beruntung lo bisa melihat sendiri fenomena penyu-penyu yang sedang bertelur di pantai.

Gila, luar biasa ya bro Pantai Ujung Genteng ini. Gak heran kalau pantai di area pesisir selatan Provinsi Jawa Barat ini dijuluki “Mutiara yang Tersembunyi”. Gimana bro, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Ujung Genteng?

 

Source

Feature Image – ciletuhpalabuhanratugeopark.org


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!