Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Yogyakarta tidak selalu tentang Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Sebuah candi yang berpotensi menjadi spot petualangan menarik, Candi Ijo pantas untuk mendapat perhatian lo, nih.

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Yogyakarta memang identik dengan Candi Borobudur – salah satu keajaiban dunia yang luar biasa keindahan alamnya, Candi Prambanan dengan segala cerita legenda yang melekat pekat, bahkan Candi Ratu Boko yang indah juga. Tapi, apakah lo tahu bahwa Yogyakarta tidak selalu soal tiga candi itu saja?

Yogyakarta masih banyak menyimpan berbagai prasasti atau candi-candi dengan pemandangan serta keindahan alamnya yang eksotis, serta bermacam-macam misteri dan legenda yang melekat dengan candi tersebut. Salah satunya adalah Candi Ijo.

Baru pertama kali dengar? Wajar, candi ini memang tidak sepopuler tiga candi yang sudah disebutkan di atas. Namun, apakah lo tahu jika Candi Ijo memiliki keindahan alam yang luar biasa dan cerita legenda yang melekat di sana?

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: oknusantara.com

Jika lo sudah penasaran dengan Candi Ijo ini, sila simak dan ikuti terus bahasan kali ini yang akan mengulas tentang Candi Ijo. Mempunyai potensi sebagai spot petualangan yang menarik, Candi Ijo sekarang ini sedikit demi sedikit ramai oleh para petualang yang berdatangan.

Soal Nama Candi Ijo

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: travel.dream.co.id

Mengapa tidak seperti Borobudur, atau Prambanan, yang jelas mempunyai sebuah nama? Asal muasal penamaan candi yang satu ini adalah karena letak dan pembangunan candi ini yang berada di sebuah bukit, yang terkenal dengan nama Bukit Hijau atau Gumuk Ijo.

Penyebutan nama Candi Ijo ini bahkan sudah tersirat pada Prasasti Poh yang sudah ada dari tahun 906 Masehi. Jika benar umur candi tersebut dari tahun itu, setidaknya – kurang lebih sekarang ini Candi Ijo sudah berumur 1112 tahun.

Candi Ijo punya karakter tersendiri dalam bangunannya. Bangunan yang berteras-teras, semakin kebelakang bangunan di sebelah timur, bangunan tersebut juga semakin tinggi. Di teras paling tinggi terdapat candi utama dengan tiga candi perwara.

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: nolkmjogja.blogspot.com

Candi utama mempunyai sebuah bilik yang menggambarkan atau melambangkan Dewa Siwa yang menyatu dengan Dewi Parwati. Segala yang ada di Candi Ijo ini mempunyai arti tersendiri, termasuk, konon katanya, sebuah misteri dan kutukan.

Diantara Sebuah Misteri dan Kutukan

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: travelid.net

Candi Ijo mempunyai sebuah prasasti yang terletak di teras ke sembilang yang bertuliskan Guywan atau Bhuyuyan yang berarti pertapaan. Prasasti menarik lainnya terbuat dari batu berukuran 14 cm dan tebal 9 cm yang bertuliskan mantra-mantra.

Sampai sekarang, belum ada yang bisa mengetahui maksud dan apa tujuannya sebuah mantra diabadikan di prasasti. Konon katanya, mantra-mantra tersebut berkaitan dengan berbagai peristiwa bersejarah dan legenda di sana.

Apapun itu, dari segala penjuru mata angin, para petualang dapat menikmati pemandangan alam Yogyakarta dengan komplet yang ditemani oleh angin sepoi-sepoi. Panorama matahari terbenam dan terbit di sini juga salah satu yang terindah di Yogyakarta.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Candi Ijo

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: jogja.co

Dijuluki sebagai candi tertinggi di Yogyakarta bukan tanpa alasan, nih – Candi Ijo terletak pada ketinggian 410 mdpl. Dengan angka tersebut, jelas jika predikat kompleks candi tertinggi di Yogyakarta jatuh pada Candi Ijo.

Kemudian, untuk lo yang akan berpetualang ke sini, salah satu fakta menarik yang bisa menjadi keuntungan lo dalam berburu foto ciamik di Candi Ijo adalah datang saat menjelang senja. Sunset yang indah di sini ditandai oleh badan kompleks candi yang akan bermandikan cahaya matahari terbenam, menjadi pemandangan dan keindahan alam yang luar biasa di sini.

Disekitar Candi Ijo, terdapat lokasi penambangan Batu Gamping. Area penambangan yang berupa tebing-tebing kapur berwarna putih ini tidak luput dari mata para petualang untuk mendapatkan foto-foto yang instagrammable.

Banyak orang yang menamakan area penambangan batuan gamping dan kapur tersebut dengan nama White Canyon. Lalu, bagaimana dengan lokasi dan akses ke sana?

Lokasi dan Akses ke Candi Ijo

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: piknikasik.com

Tidak mudah lo untuk sampai ke Candi Ijo, mengingat kompleks candi ini berada di sebuah bukit. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga ekstra untuk sampai ke candi tersebut, yang secara administrative berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Aksen paling mudah untuk segera sampai ke Candi Ijo adalah melalui Jalan Solo yang menuju Pasar Prambanan yang berada di seberang Kompleks Candi Prambanan. Sesampai di pasar tersebut, lo bisa langsung menuju ke arah tenggara, kurang lebih 7 kilometer dengan mengikuti petunjuk kecil menuju Candi Ijo dan Desa Wisata Nawung di kiri jalan.

Masih mengikuti petunjuk jalan tersebut hingga lo sampai ke gerbang Desa Sambisari, yang menandai jalan menanjak untuk sampai ke Candi Ijo. Setidaknya, dibutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil atau motor.

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri!

Menikmati Keindahan Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta Yang Penuh Misteri! credit photo: jogjamotor.net

Untuk lo yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, lo hanya perlu membayar ongkos parkir saja sebesar Rp 3 ribu untuk mobil dan Rp 2 ribu untuk motor. Masuk ke area Candi Ijo? Gratis bro! alias tidak dipungut biaya apapun.

Bagaimana? Sudah semakin penasaran dengan candi tertinggi di Yogyakarta, yang diselimuti oleh misteri dan legenda luar biasa? Kalau iya, langsung saja nih berkemas dan berangkat ke Candi Ijo!

 

Source

Source

Feature Image - hipwee.com

Wilderness Beginner travelling solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!