AUG 16, 2018

Kenalin Pulau Pasumpahan, Destinasi yang Tepat Buat Lo Mengasingkan Diri!

Siapa yang gak tau kalau Pulau Sumatera punya banyak wisata alam yang keren-keren, ya gak bro? Bahasan ini akan ngajak lo jalan-jalan ke sebuah pulau di Sumatera Barat, yaitu Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau mungil dengan sejuta keindahan yang beda dari pulau lainnya. Penasaran? Silahkan lo lihat sendiri bro.


Kekayaan alam Indonesia memang gak ada dua-nya bro, banyak banget destinasi wisata alam yang masih bisa lo jamah. Lebih dari itu, destinasi wisata alam di Indonesia gak kalah keren sama tempat-tempat di negeri orang. Salah satu destinasi wisata alam Indonesia yang patut lo banggain keindahannya adalah Pulau Sumatera.

Siapa yang gak tau kalau Pulau Sumatera punya banyak wisata alam yang keren-keren. Jangan kan kita yang orang Indonesia sendiri, wisatawan mancanegara juga pasti mengagumi keindahan Pulau Sumatera. Tapi pertanyaannya, destinasi Pulau Sumatera mana nih yang akan masuk di bahasan kali ini? Gak lain dari Sumatera bagian Barat yang akan kita jelajahi di bahasan ini.

Kenalin Pulau Pasumpahan, Destinasi yang Tepat Buat Lo Mengasingkan Diri! Photo Credit: jelajahpulau.com

Sumatera Barat udah pasti orang tau ya kekayaan alam dan budayanya yang khas dan unik banget. Cuma kali ini bukan Kota Padang yang akan diulas, tetapi sebuat pulau yang berjarak sekitar 1 jam dari sana. Ya, bahasan kali ini akan bercerita soal destinasi wisata alam Pulau Pasumpahan.

Sekilas Tentang Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau mungil dengan sejuta keindahan yang beda dari pulau lainnya. Pulau mungil ini memiliki pantai dengan lautan biru jernih serta hamparan pasir putih yang halus dan bersih banget bro. Eits, tapi tunggu, bukan itu yang bikin Pulau Pasumpahan ini beda dari yang lain.

Kenalin Pulau Pasumpahan, Destinasi yang Tepat Buat Lo Mengasingkan Diri! Photo Credit: goodnewsfromindonesia.id

Pulau Pasumpahan gak cuma wisata alam yang kaya akan pemandangan laut dan pantainya aja, tetapi pulau mungil ini juga ada bukit yang bisa lo daki. Bukit di Pulau Pasumpahan ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Nah, jika lo mau iseng mendaki bukit di Pulau Pasumpahan ini, letak bukitnya itu ada di sebelah utara dari pulaunya.

Fasilitas dan Akomodasi Pulau Pasumpahan

Dimaksudkan untuk menjadi destinasi unggulan di Sumatera Barat, Pulau Pasumpahan ini memiliki fasilitas wisata yang udah cukup lengkap bro. Fasilitas standar obyek wisata semacam kamar bilas, dan mushola udah dipastikan ada di Pulau Pasumpahan. Tapi selain itu juga, Pulau Pasumpahan punya fasilitas menarik yang diantaranya lapangan voli dan beberapa wahana water sport.

Kenalin Pulau Pasumpahan, Destinasi yang Tepat Buat Lo Mengasingkan Diri! Photo Credit: merapimountain.com

Di samping fasilitas yang tersedia, tentu lah lo sebagai traveler perlu tau apakah ada akomodasi penginapan di destinasi yang akan lo tuju. Nah, akomodasi penginapan yang ada di Pulau Pesumpahan ini menarik banget sih bro, yaitu camping ground. Ya, betul sekali, wisata Pulau Pasumpahan ini masih alami dan asri banget bro, sampai penginapan macam hotel dan villa belum ada disini. Jadi, lo benar-benar bisa menikmati keindahan dan bersatu dengan alam di Pulau Pasumpahan ini.

Nah, sebagai tips nih bro, karena fasilitas yang ada di Pulau Pasumpahan ini berupa camping ground jadi peralatan semacam tenda dan logistic lainnya harus lo persiapkan sendiri. Cocok banget lah pokoknya buat lo yang benar-benar ingin take a break dari hingar binger perkotaan yang sibuk. Tips tambahan buat lo yang mau berkemah di Pulau Pasumpahan, jangan lupa bawa lotion anti nyamuk ya bro, biar lo gak jadi kegatalan hehe.

Menuju Pulau Pasumpahan

Kenalin Pulau Pasumpahan, Destinasi yang Tepat Buat Lo Mengasingkan Diri! Photo Credit: discoversumatra.blogspot.com 

Pulau Pasumpahan ini terletak di Kecamatan Bungus, Teluk Kabung Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Obyek wisata yang mungkin pernah lo dengar dan bisa jadi acuan letak Pulau Pasumpahan itu adalah Pulau Sikui yang hanya berjarak kurang lebihnya 200 meter. Nah, untuk rute menuju Pulau Pasumpahan sendiri bisa lo tempuh dengan 2 cara, yaitu lewat Dermaga Sungai Pisang dan Dermaga Teluk Bungus.

Rute 1 – Melalui Dermaga Sungai Pisang

Rute melalui Dermaga Sungai Pisang ini bisa lo pilih buat lo para backpackers yang gak bepergian rame-ramean. Jarak antara Dermaga Sungai Pisang sampai ke Pulau Pasumpahan ini kurang lebihnya sekitar 35 km. Nah, untuk rute melalui Dermaga Sungai Pisang ini lo bisa berkendara menuju Sei Pisang.

Menyeberang menuju Pulau Pasumpahan dari Dermaga Sungai Pisang ini memakan waktu yang singkat banget bro. Hanya perlu naik perahu selama 15 hingga 20 menit, dan touchdown lo sampe disana! Jika lo memutuskan untuk menuju Pulau Pasumpahan melalui Dermaga Sungai Pisang, langkah yang harus lo lakukan kurang lebihnya seperti berikut.

Kota Padang – Painan – Sei Pisang – Dermaga Sungai Pisang – Pulau Pasumpahan

Kalau lo mau menggunakan rute melalui Dermaga Sungai Pisang ini, perlu lo catat kalau perjalanan darat akan menempuh jalan yang agak berbatu. Jadi, tips buat lo yang akan menempuh rute ini adalah untuk gak menggunakan kendaraan sedan ya bro.

Rute 2 – Melalui Dermaga Teluk Bungus

Rute melalui Dermaga Teluk Bungus ini mungkin pas untuk lo pilih jika titik keberangkatan lo berada sekitar Kota Padang. Karena jarak yang perlu lo tempuh untuk perjalanan darat rute ini yang terdekat dan tersingkat. Lo hanya perlu berkendara sejauh 17 km, dari Kota Padang sampai ke Pantai Caroline yang sangat dekat dari Dermaga Teluk Bungus itu.

Cuma sayangnya, kekurangan rute ini adalah perjalanan laut untuk menyeberang ke Pulau Pasumpahan ini agak memakan waktu yang lama. Kurang lebihnya kalau lo memilih rute melewati Dermaga Teluk Bungus ini, langkah perjalanan yang harus lo tempuh adalah:

Kota Padang – Pantai Caroline – Dermaga Teluk Bungus – Pulau Pasumpahan

Sebagai informasi tambahan, dari Pantai Caroline menuju Dermaga Teluk Bungus lo bisa ambil patokan ke arah Terminal LPG Teluk Kabung. Dari situ lo ambil kanan dan lo tinggal ikutin jalan yang ada tanda Gardu Induk PLN Teluk Sirih.

Setelah baca bahasan ini, apa lo sudah siap melihat keindahan Pulau Pasumpahan di Sumatera Barat? Pastinya siap dong ya bro, apalagi buat menuju destinasi yang pemandangannya se-menggoda pulau mungil ini. At least sekali dalam hidup lo, lo HARUS melakukan perjalanan dan berkunjung ke Pulau Pasumpahan! Selamat merencanakan trip, bro!

 

Source

Feature Image – sirandah-island.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!