4 Spot Wisata Kuliner di Kota Semarang yang Perlu Lo Cicipi!

Kota Semarang, merupakan kota yang terkenal dengan sejarahnya namun tidak lupa pula dengan kulinernya yang beragam serta memiliki cita rasa yang unik. Nah, buat lo yang ingin wisata kuliner di kota tersebut, lihat saha informasi di bawah ini seputar rekomendasi tempat yang menyediakan berbagai makanan yang nikmat!

4 Spot Wisata Kuliner di Kota Semarang  yang Perlu Lo Cicipi!

Buat lo yang suka untuk melakukan wisata kuliner tentunya Kota Semarang bisa menjadi salah satu tujuan lo nih. Karena memang di dalam kawasan kota ini terdapat banyak sekali pilihan kuliner yang nikmat serta dapat menjadi tujuan lo berikutnya. Mengenai cita rasa, tentunya kuliner di Semarang sungguh sangat nikmat. Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa tempat kuliner yang harus lo kunjungi.

Semarang sendiri merupakan ibu kota dari Jawa Tengah yang memang menyimpan banyak sekali sejarah serta gedung-gedung yang unik. Pernah mendengar Lawang Sewu? Itu merupakan gedung yang menyimpan banyak mitos terletak di jantung Kota Semarang. Tak sebatas itu saja, kuliner yang beragam serta nikmat tersebut, tentunya menjadi daya tarik lainnya dari kota ini.

Beberapa kuliner yang sangat terkenal seperti lumpia Semarang, tahu gimbal, tahu pong dan linnya. Selain dari kuliner-kuliner yang terkenal tersebut, tentunya masih ada pilihan lainnya yang tak kalah nikmatnya. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja lihat beberapa informasi seputar kuliner di Semarang di bawah ini.

Wisata Kuliner Semarang – Lumpia Semarang

4 Spot Wisata Kuliner di Kota Semarang  yang Perlu Lo Cicipi!

Kenikmatan Lumpia Semarang yang Melegenda. Credit: bukalapak.com

Aneh rasanya apabila membicarakan mengenai kuliner Semarang namun tidak membahas mengenai Lumpia Semarang. Karena memang kuliner satu ini memang tak bisa lepas dengan Semarang. Terdapat banyak pula pilihan tempat dimana lo bisa menikmati Lumpia di Kota Semarang.

Namun ada 4 tempat yang paling top yaitu di Gang Lombok, Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Jagalan serta Jalan Pandanaran Semarang. Masing-masing dari tempat tersebut tentunya memiliki ciri khasnya. Lumpia yang ada di Gang Lombok no 11 merupakan warung lumpia tertua yang ada di Semarang. Bahkan sudah dikelola generasi ketiga. Warungnya terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitaran Johar Semarang dan tidak buka cabang.

Untuk dapat menikmati lumpia tersebut, dibadrol Rp 10 ribu untuk satu lumpia. Memang agak sedikit mahal namun kalau soal rasa memang juara. Warung lumpia ini pun buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Namun itu pun tergantung dari banyak atau tidaknya orang yang datang ke warung tersebut. Jadi semakin lo cepat maka kemungkinan untuk dapat menikmati lumpianya pun akan semakin besar.

Wisata Kuliner Semarang – Pisang Plenet

4 Spot Wisata Kuliner di Kota Semarang  yang Perlu Lo Cicipi!

Pisang Plenet yang Nikmat. Credit: travelingyuk.com

Mungkin lo sering makan pisang goreng dong? Namun lo sudah pernah coba pisang plenet belum? Kalau lo berkunjung ke Semarang, tentunya untuk mencicipi kuliner satu ini jangan sampai terlewatkan yaa. Untuk mencarinya lo tinggal datang saja ke Jalan Gajah Mada bro.

Tak heran apabila banyak orang yang bertanya-tanya mengapa namanya bisa menjadi pisang planet, bukan berarti kalau pisang ini berasal dari luar angkasa, namun dalam bahasa jawa sendiri planet itu artinya penyet.

Cara pembuatannya pun cukup unik, karena tidak menggunakan penggorengan, tapi dibakar di atas bara api hingga layu dan berwarna kecoklatan, lalu diplenet menggunakan papan kecil seperti talenan. Kemudian pisang dioleh margarin. Terdapat tiga pilihan rasa, yaitu meises, selai nanas dan gula putih.

Untuk bahan dasarnya biasanya menggunakan pisang kapok raja yang benar-benar manis dan berwarna kuning. Pisang jenis ini banyak didapatkan di pasar-pasar di Semarang, berbeda dengan kapok putih yang terasa separ dan biasa dijadikan makanan burung. Daripada semakin penasaran, jangan lupa untuk berburulah di sore hari ketika gerobak-gerobak penjual pisang plenet mulai berdatangan. Satu porsi pisang plenet dijual dengan harga sekitar Rp 6 ribu.

Wisata Kuliner Semarang – Soto Bangkong

4 Spot Wisata Kuliner di Kota Semarang  yang Perlu Lo Cicipi!

Nikmatnya Soto Bangkong. Credit: /oknusantara.com/

Buat lo para penikmati soto, tentunya harus mencicipi kuliner satu ini. Karena memiliki cita rasa yang cukup membuat lo terpikat bro. Salah satu lokasi yang paling terkenal menyediakan soto bangkong yang nikmat ialah Soto Bangkong milik Pak Sholeh. Awalnya soto bangkong ini dijual dengan menggunakan angkringan yang biasa mangkal di Jalan Brigjen Katamso yang masa itu masih bernama Jalan Bangkong.

Soto bangkong yang memiliki kuahnya yang berwarna bening kecoklatan karena diberi tambahan kecap. Isi dari sotonya itu sendiri ada suwiran daging ayam, irisan tomat, bihun, tauge, taburan bawang putih dan bawang merah. Soto bangkong ini dapat dinikmati bersama sepiring nasi panas dan juga pelengkap lainnya seperti sate daging ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tehu dan perkedel.

Kalau lo mau menyantap kuliner satu ini bisa langsung berkunjung ke Jalan Brigjen katamso No 1, Semarang. Buat para penikmat soto tentunya akan ketagihan dengan cita rasanya yang cukup unik.

Wisata Kuliner Semarang – Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

4 Spot Wisata Kuliner di Kota Semarang  yang Perlu Lo Cicipi!

Kenikmatan Sepiring Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Credit: phinemo.com/

Buat lo penikmat daging kambing tentunya harus mencicipi kuliner satu ini, yaitu Gulai Kambing Pak Sabar. Disajikan lengkap dengan nasi serta ditambah gerusan cabe rawit dan potongan bawang merah. Gulai Kambing Asli Bustaman Pak Sabar ini merupakan salah satu spot kuliner khas Semarang yang sangat populer bagi pecinta kuliner di kota ini, wsaktu yang pas untuk menikmati sepiring gulai kambing ini ialah pada saat jam makan siang.

Gulai Kambing Bustaman ini sedikit berbeda dengan gulai pada umumnya, kuahnya tidak menggunakan santan, meskipun sama-sama menggunakan kelapa. Kelapa diparut dan digoreng, kemudian ditumbuk halus dicampur rempah-rempah, cengkeh dan kayu manis untuk bumbu kuahnya.

Special Gule Kambing Asli Bustaman Pak Sabar terletak di belakang Gereja Blenduk Kota Lama, jam buka 08.00 – 15.00, namun tidak menutup kemungkinan kalau tiba-tiba tutup karena makanannya sudah habis terjual. Warung ini pun telah menetap di lokasi belakang Gereja Blenduk ini sejak tahun 1969 yang sebelumnya berjualan keliling.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar wisata kuliner di Semarang yang wajib lo cicipi? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke Kota Lumpia ini. Selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Trending Beginner travelling foodventure
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!