Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Ternyata Air Terjun Waimarang tidak hanya satu-satunya air terjun yang eksotis dan instagrammable di Sumba, lho. Setidaknya ada 3 lainnya lagi yang akan dibahas di ulasan kali ini. Penasaran seperti apa? Sila simak bahasan kali ini!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Berlokasi di Sumba Timur, Umalulu – sebuah air terjun yang berada di pedalaman Sumba akhir-akhir ini berhasil mencuri perhatian para petualang karena keindahan alamnya yang luar biasa. Mempunyai tiga tingkat jeram, air terjun ini bermuara ke sebuah kolam besar.

Kolam besar tersebut dikelilingi oleh batuan serta tebing terjal, yang membuat kolam dari air terjun serasa punya pribadi saat lo bertandang ke sana. Bro, perkenalkan Air Terjun Waimarang yang keindahan alamnya, sudah tidak bisa lo ragukan lagi.

Air Terjun Waimarang: One of the most Instagrammable Spots in Sumba!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba! credit photo: ardikemarapardipta.com

Airnya yang jernih dan kebiruan, membuat kolam besar di bawah air terjun ini dengan mudah akan menghipnotis lo untuk segera terjun dan berenang menikmati segarnya air tersebut. Kolam besar ini juga tidak terlalu dalam, untuk yang akan coba cliff jumping pastikan tidak ada batuan terjal di kolam tersebut, ya.

Air terjun Waimarang sendiri tidak terlalu tinggi, dan tidak juga mempunyai debit air yang deras, namun keindahan alam yang ada di sana, tentu tidak bisa lo ragukan begitu saja. Sinar matahari yang sudah tinggi, dengan mudah masuk ke area kolam besar yang berwarna biru itu.

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba! credit photo: travelingyuk.com

Berenang atau berendam sembari menikmati kesunyian di pedalaman Sumba sangat cocok lo lakukan di Air Terjun Waimarang. Namun, tidak mudah untuk sampai ke spot petualangan ini, lho. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air terjun ini berada di sebuah pedalaman Sumba.

Oleh karena itu, cukup menguras stamina dan tenaga untuk sampai ke kolam air yang berwarna biru ini. Jalurnya yang terjal akan membuat lo trekking di tengah hutan ini penuh pengalaman seru. Oleh karena itu, bijaknya lo menggunakan alas kaki yang khusus untuk trekking saja.

Namun, apakah di pedalaman Sumba hanya ada Air Terjun Waimarang saja? Ternyata, setidaknya ada 3 air terjun lainnya yang mempunyai pemandangan serta keadaan alam yang eksotis. Penasaran seperti apa penampakan air terjun yang eksotis dan instagrammable?

Air Terjun Lapopu, Katikutana Selatan

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba! credit photo: oknusantara.com

Berlokasi di Kabupaten Sumba Tengah, salah satu air terjun yang keindahan alamnya luar biasa adalah Air Terjun Lapopu. Selain tinggi, air terjun ini bertingkat-tingkat, lho. Airnya yang jernih dan berwarna biru toska ini dengan mudah untuk merayu lo agar ikut menikmati langsung segarnya air terjun tersebut.

Kolam di bawahnya hanya sedalam 2 meter saja, sehingga untuk lo yang akan berenang di sana, cukup aman karena kolam tidak terlalu dalam. Air terjun ini kerap muncul di sosial media, khususnya Instagram, karena keindahannya yang instagrammable.

Tidak heran, banyak para petualang yang datang ke spot ini untuk mendapatkan foto-foto ciamik untuk menghiasi feed Instagram mereka. Cukup berbeda dengan Air Terjun Waimarang, air terjun ini berada di alam terbuka.

Oleh karena itu, Air Terjun Lapopu cukup terang dan akan terlihat jelas sekali keindahan alamnya saat siang hari, saat matahari tengah menggantung di tengah-tengah langit di atas sana.

Air Terjun Tanggedu: Colorful Waterfall!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba! credit photo: travelingyuk.com

Jika bingung mencari bagaimana wujud asli dari surga dunia, sila datang ke Air Terju Tanggedu. Pasalnya, tempat yang tersembunyi yang harus dilalui dengan trekking menyusuri trek-trek terjal dan berkelok-kelok serta melelahkan – namun akan terbayar lunas jika sudah melihat air terjun ini.

Air Terjun Tanggedu berlokasi di Sumba Timur ini mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh air terjun lainnya, lho. Pasalnya, air yang ada di air terjun ini mempunyai dua warna yang berbeda karena mempunyai dua sumber yang berbeda juga.

Warna hijau dan warna biru mendominasi lingkungan dan kawasan air terjun ini. Dikelilingi oleh batuan tinggi dan tebing terjal, Cliff Jumping adalah aksi ekstrim yang biasa dilakukan oleh para petualang untuk menikmati kesegaran air terjun ini dengan cara yang berbeda.

Air Terjun Matayangu: Persinggahannya Para Arwah

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba!

Magisnya Air Terjun Waimarang dan 3 Air Terjun Lainnya di Sumba! credit photo: sportourism.id

Tidak mudah untuk mencapai air terjun yang satu ini. Air terjun yang terkenal dengan legenda dan mistis bahwa para arwah yang sudah lepas dari tubuhnya, akan singgah di air terjun ini. Air Terjun Matayangu, katanya adalah tempat di mana para arwah singgah.

Terlepas dari mistis dan cerita legenda yang disebarkan oleh masyarakat sekitar, Air Terjun Matayangu adalah salah satu yang terbaik di Sumba. Airnya yang biru membuat siapapun akan ingin berenang untuk merasakan langsung kesegaran yang ada di sana.

Dikelilingi dengan latar belakang batuan cadas, tidak heran jika banyak para petualang yang mencoba memanjat batuan tersebut, kemudian melakukan Cliff Jumping dari ketinggian tertentu tersebut. Untuk sampai ke air terjun ini, setidaknya perlu trekking menembus hutan selama satu jam.

Walau sulit dicapai dan mempunyai banyak cerita mistis, namun keindahan alam yang luar biasa ini tidak membuat para petualang gentar untuk menemui air terjun ini. Oleh karena itu, banyak juga para petualang yang sudah berhasil sampai di sini dan mendapatkan foto-foto ciamik untuk feed Instagram mereka.

Wah bagaimana bro? Mau juga mempunyai foto foto ciamik nan instagrammable? Terlebih dari itu, air terjun di Sumba memang tidak bisa diragukan lagi lho keindahan alamnya. Untuk lo yang sudah semakin penasaran, langsung saja berangkat ke sana!

 

Source

Feature Image - nizarnizar.com

Wilderness Beginner travelling air terjun solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!