AUG 24, 2018

Situ Cileunca Pangalengan, Sensasi Berkemah di Pinggir Danau di Tengah Dinginnya Bandung!

Situ Cileunca Pangalengan adalah salah satu spot petualangan yang populer di kalangan para petualang, lho. Namun, apa lo sendiri sudah pernah ke sana? Udara dingin serta keindahan alam yang luar biasa jadi daya tarik utama di sini!


Satu lagi spot petualangan yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja di Bandung adalah Situ Cileunca Pengalengan. Untuk lo yang tengah mencari kedamaian, ketenangan atau menghindari hiruk pikuk pusat kota, Situ Cileunca adalah tempat yang tepat!

Keindahan alam serta panorama yang masih asri dan hijau, dengan hamparan air atau situ yang jernih membuat lo tentu akan betah berlama-lama di sini. Tidak heran jika banyak para petualang yang bahkan mendirikan tenda untuk benar-benar menyatu dengan alam.

Situ Cileunca adalah spot petualangan yang cocok sekali untuk lo datangi untuk mengisi akhir pekan. Akan tetapi, tentu akan berebut dengan para petualang lain, nih. Oleh karena itu, untuk lo yang akan datang ke sana, sila datang pagi-pagi, ya!

Situ Cileunca Pangalengan, Sensasi Berkemah di Pinggir Danau di Tengah Dinginnya Bandung! credit photo: twitter - @willy_photography

Tempat wisata atau spot petualangan di Bandung Selatan ini merupakan sebuah danau buatan seluas 1.400 Ha. Situ atau danau ini berada di daerah dataran tinggi – atau pegunungan dekat dengan Pengalengan Bandung yang bersuhu dingin.

Panorama dan pemandangan alam yang indah di sini berhasil membuat para petualang betah dan berkali-kali kembali datang ke sini. Tentu, pemandangan yang menyejukan mata ini berhasil membuat para petualang yang datang dari dalam negeri sendiri, atau mancanegara senang untuk datang ke sini.

Selain terkenal sebagai salah satu spot petualangan yang populer dan terkenal serta instagrammable, Situ Cileunca ternyata juga digunakan sebagai sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air yang berasal dari danau tersebut kemudian dialirkan melalui Sungai Palayangan.

Situ Cileunca Pengalengan: The Past

Situ Cileunca Pangalengan, Sensasi Berkemah di Pinggir Danau di Tengah Dinginnya Bandung! credit photo: wisatasenibudaya.com

Menurut berbagai narasumber yang merupakan beberapa tokoh masyarakat di sektiar sana, Situ Cileunca tadinya adalah area hutan belantara. Sampai pada tahun 1918, kawasan ini dibuat sebuah danau atau situ, yang berfungsi untuk sumber keebutuhan air warga setempat.

Dahulu, pionir dalam pembuatan situ ini adalah seseorang berkebangsaan Belanda. Perlu lo ketahui nih, bro – kalau Situ Cileunca mempunyai kedalaman hingga 17 meter dengan warna air yang sangat jernih dan bening.

Fasilitas Situ Cileunca Pengalengan

Situ Cileunca Pangalengan, Sensasi Berkemah di Pinggir Danau di Tengah Dinginnya Bandung! credit photo: landscaper.id

Tentu – sebagai salah satu spot petualangan yang terkenal di Bandung, Situ Cileunca sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Fasilitas yang dibangun oleh pihak pengelola tentu bermaksudkan untuk membuat petualangan mereka yang datang ke sini semakin seru.

Lalu, apa saja fasilitas yang bisa lo temukan di Situ Cileunca Pengalengan ini? Berikut beberapa fasilitasnya:

Area untuk kemping – camping ground di Situ Cileunca adalah salah satu yang terbaik di tanah Jawa Barat, lho. Hal ini terbukti dari area kemah yang sangat memadai untuk para petualang merasa menyatu dengan alam.

Bahkan, kalau untuk disandingkan dengan Ranca Upas, Situ Cileunca tidak kalah indah dan nyaman untuk berkemah. Kalau Ranca Upas akan memberikan sensasi berkemah di hutan pinus, kalau Situ Cileunca akan memberikan lo sensasi berkemah di pinggir danau.

Tidak harus jauh ke Ranu Kumbolo atau Segara Anak – Situ Cileunca juga sedikit banyaknya memberikan sensasi petualangan dan penyatuan dengan alam yang berkesan. Dijamin, jika lo sudah pernah coba di sini, lo akan ketagihan lagi, nih!

Situ Cileunca Pangalengan, credit photo: sewamobilbandungjakarta.com

Rafting – rafting atau arung jeram adalah salah satu aksi seru yang bisa lo lakukan di Situ Cileunca, nih. Selain dijadikan salah satu sumber tenaga untuk pembangkit lisrik tenaga air – Situ Cileunca juga menjadi spot seru untuk melakukan rafting.

Debit air yang deras, beberapa jeram yang akan membuat lo teriak keseruan, merupakan salah satu kombinasi terbaik yang ada di sini untuk lo nikmati dengan cara rafting. Situ Cileunca adalah salah satu yang terlengkap nih bro, mau cari ketenangan bisa, dan untuk memuaskan adrenalin lo, bisa juga!

Kemudian fasilitas pelengkap lainnya di sini adalah beberapa wahana dan wisata air serta petik buah strawberry dan arbei langsung dari kebunnya.

Lokasi dan Akses Untuk ke Situ Cileunca Pengalengan

Situ Cileunca Pangalengan, Sensasi Berkemah di Pinggir Danau di Tengah Dinginnya Bandung! credit photo: gravity-adventure.com

Situ Cileunca secara administratif berada di kawasan Desa Wanasari, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung Selatan Jawa Barat. Untuk lo yang akan berangkat ke sini dan ingin menggunakan kendaraan umum saja, lo bisa mulai dari Terminal Leuwi Panjang.

Dari sana, lo bisa naik bus yang menghubungkan Bandung ke Pengalengan. Waktu tempuh juga tidak terlalu lama. Hanya sekitar 2-2.5 jam perjalanan saja. Nah, beda akses nih kalau lo akan menggunakan kendaraan pribadi. Lo akan melalui rute Bandung – Katapang – Banjaran dan Pengalengan.

Wah bagaimana nih bro? Sudah semakin penasaran untuk berangkat ke Situ Cileunca yang ada di Pengalengan? Oh iya, kalau lo ke sana akan berkemah tetapi tidak mempunyai tenda, lo bisa sewa di sana. Tentu lo akan merogoh kocek tambahan, ya.

Bro, kalau lo mengetahui informasi lain tentang Situ Cileunca yang belum disebutkan di atas, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini, ya. Tentu informasi ini akan berguna untuk para petualang yang nantinya akan berangkat ke sana!

 

Source

Feature Image - infobdg.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!