AUG 27, 2018

5 Suku di Dunia Dengan 'Kekuatan Super' Salah Satunya Ada di Indonesia, Bro!

Bagaimana jika lo dihadapkan dengan suku berkekuatan super? Wah, tentu akan semakin seru berkenalan dengan sosok-sosok berkekuatan super, ya!


Percaya atau tidak, beberapa suku pedalaman yang tersebar merata di dunia, ternyata mempunyai ‘kekuatan super’ untuk menjalani kehidupannya. Mereka dianggap mempunyai kemampuan yang bernilai di atas manusia normal pada umumnya.

Ternyata, salah satu suku pedalaman tersebut, bisa lo temukan di Indonesia, lho. Bicara tentang ‘kekuatan super’, mereka mendapatkan kekuatan tersebut karena sebuah tuntutan gaya hidup, makanan, dan bahkan iklim yang mereka alami.

Dengan ‘kekuatan super’ ini, mereka bisa unggul dari manusia lain dalam satu hal seperti berenang, berlari, atau sebagainya. Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, ‘kekuatan super’ ini berspesifikasi dalam satu keahlian saja.

Untuk lo yang sudah penasaran suku apa saja dan di mana saja mereka hidup serta apa saja ‘kekuatan super’ mereka, sila simak bahasan kali ini ya!

Orang Okinawa – Jepang

5 Suku di Dunia Dengan 'Kekuatan Super' Salah Satunya Ada di Indonesia, Bro! credit photo: fortuner.id

Bila ditanya apa ‘kekuatan super’ orang Okinawa yang ada di Jepang ini – mereka mungkin tidak mempunyai keahlian khusus yang bisa membuat para petualang yang tengah berpetualang di sana terperangah.

Orang Okinawa – Jepang, mempunyai umur terpanjang dari pada suku lainnya di dunia. Apakah ini ‘kekuatan super’ tidak ada hal spesifik yang bisa menjawab pertanyaan ini. Yang jelas, orang Okinawa – Jepang dapat hidup dengan rata-rata 100 tahun.

Bisa dibayangkan, bro – dengan rata-rata 100 tahun, artinya, bisa jadi banyak juga orang Okinawa yang hidup lebih dari 100 tahun. Wah, life span mereka cukup panjangnya, ya bro. Berdasarkan sumber yang ada, sayangnya belum ada data atau bukti mengapa mereka bisa hidup lebih lama dari suku lainnya.

Orang Tsimane – Bolivia

5 Suku di Dunia Dengan 'Kekuatan Super' Salah Satunya Ada di Indonesia, Bro! credit photo: kompasiana.com

Entah kali ini ‘kekuatan super’ atau bukan – yang jelas banyak suku lain yang menginginkan kemampuan ini. Orang Tsimane dari Bolivia mempunyai resiko penyakit jantung paling rendah di dunia. Banyak dari petualang yang mengaitkan keunikan ini dengan pola makan dan gaya hidup mereka.

Orang Tsimane ini ternyata mengkonsumsi karbohidrat yang tidak diolah dan sangat aktif selama berjam-jam. Bisa jadi, hal ini lah yang membuat mereka terhindari dari penyakit jantung. Seperti yang diketahui bersama, bahwa penyakit jantung adalah salah satu pemburu nyawa manusia di dunia.

Setiap orang bisa saja meninggalkan dunia ini karena serangan penyakit tersebut. Namun, tidak berlaku untuk orang Tsimane – Bolivia, suku ini dengan segala gaya hidup, baik dari aktivitas harian serta makanannya, mendukung untuk tidak punya resiko besar terkait penyakit jantung.

Orang Moken – Laut Andaman

5 Suku di Dunia Dengan 'Kekuatan Super' Salah Satunya Ada di Indonesia, Bro! credit photo: jateng.tribunnews.com

Laut Andaman mempunyai suku yang cukup terkenal keberadaanya, yaitu Suku Moken. Sebagian besar kehidupan mereka ada di laut. Dengan gaya hidup yang seperti itu, Suku Moken sudah terbiasa untuk melihat dalam air laut.

Biasanya, air laut akan terasa perih saat lo membuka mata di dalamnya. Namun, tidak untuk Suku Moken. Mereka sudah biasa berburu ikan tanpa menggunakan kacamata atau pelindung mata saat berada di dalam laut.

‘Kekuatan super’ ini bahkan sempat menghebohkan dunia saat hanya ada satu orang saja yang meninggal dari Suku Moken saat terjadi Tsunami di tahun 2004. Padahal, Tsunami sudah menjadi bencana nasional, yang merenggut banyak nyawa. Tetapi dari Suku Moken, hanya ada satu saja yang sayangnya sudah menghembuskan nafas terakhirnya.

Orang Bajau – Suku Bajau

5 Suku di Dunia Dengan 'Kekuatan Super' Salah Satunya Ada di Indonesia, Bro! credit photo: kaskus.co.id

Suku Bajau adalah pengembara laut yang berasal dari Asia Tenggara. Mereka sudah biasa menjelajahi beberapa wilayah seperti Filipina, Kalimantan bagian utara, Brunei, Malaysia, dan ujung utara Sulawesi. Di Indonesia, Suku Bajau bisa ditemui di Sulawesi Selatan, Kalimantan hingga Sumenep.

Kemampuan mereka menghadapi lautan sudah tidak diragukan lagi, oleh karena itu, salah satu ‘kekuatan super’ mereka adalah tentang menghadapi lautan. Suku Bajau adalah salah satu suku yang suka menghabiskan waktunya di lautan.

Suku Bajau mampu menyelam selama 13 menit tanpa alat bantu pernapasan, dan mereka bahkan dapat menyelam sampai kedalaman 70 meter hanya dengan bantuan satu set beban serta kacamata kayu.

Bahkan, rumah atau tempat tinggal mereka, menggantung di sana dan langsung benar-benar bersinggungan dengan lautan. Dengan kata lain, Suku Bajau merupakan suku yang tidak bisa dipisahkan dengan lautan.

Orang Kalenjin – Kenya

5 Suku di Dunia Dengan 'Kekuatan Super' Salah Satunya Ada di Indonesia, Bro! credit photo: uzone.id

Semua orang dan petualang mengetahui bahwa Kenya, sebuah negara yang mayoritas berpenduduk kulit hitam, terkenal dengan pelari marathon terbaik di dunia. Nah, ternyata – para pelari marathon hebat tersebut berasal dari satu suku yang ada di sana.

Suku Kalenjin – suku dengan ‘kekuatan super’ ini mempunyai pergelangan kaki kecil dan betis serta perawakan yang ramping. Dengan kondisi tubuh yang seperti itu, tentu pelari marathon ini menjadi salah satu hal yang terkenal dari Suku Kalenjin.

Sampai sekarang, bahkan belum ada hal yang membuktikan apakah faktor genetika atau faktor lain yang dapat membuat mereka sulit sekali untuk dikalahkan dalam hal lari marathon.

Wah bagaimana bro? Siap untuk melihat bagaimana ‘kekuatan super’ yang lekat dengan suku-suku di atas. Oh iya, kalau lo mengetahui suku-suku lain dengan berbagai ‘kekuatan super’ lainnya – sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya!

 

Source

Feature Image - businessinsider.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!