AUG 27, 2018

Mountain Biking di Selandia Baru? Ini Dia Panduannya Bro!

Selandia Baru adalah salah satu destinasi wisata ekstrim dunia yang dikenal dengan lokasi-lokasi menarik untuk olahraga ekstrim mountain biking. Kalau lo tertarik untuk mencoba mountain biking di Selandia Baru, bahasan kali ini bisa jadi panduan lo sebelum memulai petualangan ekstrim lo di salah satu wisata ekstrim dunia ini


Kegiatan olahraga ekstrim seru banget sih untuk dilakukan, mau itu lo lakuin sendirian atau barengan sama teman-teman lo. Kalau lo belum pernah melakukan kegiatan ekstrim, rasanya sayang banget sih kalau lo gak cobain selagi lo muda. Setuju gak bro?

Mountain Biking di Selandia Baru? Ini Dia Panduannya Bro! Photo Credit: singletracks.com

Salah satu kegiatan olahraga ekstrim yang bisa lo coba dan terbilang bersahabat untuk para pemula itu adalah mountain biking. Singkatnya, lo bisa coba mountain biking dengan melakukannya di track atau jalur yang masih bisa ditaklukan dengan mudah. Nah, salah satu destinasi lokasi mountain biking dengan pilihan tingkatan kesulitan yang luas itu ada di Negara Selandia Baru.

Selandia Baru adalah salah satu destinasi wisata ekstrim dunia yang dikenal dengan lokasi-lokasi menarik untuk olahraga ekstrim mountain biking. Kalau lo tertarik untuk mencoba mountain biking di Selandia Baru, bahasan kali ini bisa jadi panduan lo sebelum memulai petualangan ekstrim lo di salah satu wisata ekstrim dunia ini.

Mountain Biking di Selandia Baru? Ini Dia Panduannya Bro! Photo Credit: media.newzealand.com

Salah satu hal menarik dari kegiatan ekstrim mountain biking di Selandia Baru adalah lo bisa dapatin pemandangan memukau sambil lo menghadapi medan yang memompa adrenalin lo. Tapi, perlu lo catat bahwa destinasi wisata ekstrim dunia ini punya beberapa peraturan untuk kegiatan mountain biking ini bro. Jadi, ada baiknya lo ketahui dan catat aturan-aturan yang berlaku di wisata ekstrim dunia untuk mountain biking.

Nah, di kesempatan ini lo akan dijelaskan beberapa hal yang perlu lo ketahui dan ingat biar lo bisa melakukan olahraga ekstrim ini dengan nyaman dan aman di Selandia Baru. Beberapa hal yang akan dibahas dibagi menjadi 3 kategori: panduan track, penyewaan sepeda dan waktu terbaik untuk melakukan mountain biking disini. Langsung aja bro kita mulai bahasannya ya.

Panduan Track atau Jalur Mountain Biking di Selandia Baru

Mountain Biking di Selandia Baru? Ini Dia Panduannya Bro! Photo Credit: redwoods.co.nz

Baik lo pemula ataupun udah mahir, Selandia Baru punya banyak trail yang bisa lo explore yang sudah dikasih penilaian untuk masing-masingnya. Penilaian ini bisa ngebantu lo punya gambaran seberapa sulit trail yang akan lo hadapi di track itu, dengan penilaian Grade 1 yang termudah dan Grade 6 yang tersulit. Panduan penilaian tingakat kesulitan bike trail yang ada antara lain:

Grade 1: Track paling mudah dengan permukaan yang datar dan mulus. Ditandai dengan warna kode hijau.

Grade 2: Jalur mudah dilalui dengan tanjakan kecil serta rintangan batu yang masih dapat dihindari. Sama dengan tingkatan sebelumnya, ditandai dengan warna kode hijau.

Grade 3: Kesulitan menengah (intermediate) dengan bukit yang agak menukik serta rintangan yang masih bisa terhindar. Ditandai dengan kotak berwarna putih dan ikon pesepeda biru.

Grade 4: Advance, dengan track yang panjang dan curam serta sempit dan rintangan yang harus lo diterjang. Ditandai dengan kotak berwarna biru dan ikon pesepeda putih.

Grade 5: Expert, track yang menantang secara teknis dan fisik. Ditandai dengan kode warna hitam berbentuk diamond.

Grade 6: Ekstrim, dengan tingkatan hanya untuk orang yang sangat mahir, memungkinkan untuk melaluinya dengan melakukan lompatan-lompatan. Sama dengan tingkatan sebelumnya ditandai dengan kode warna hitam berbentuk diamond, tetapi di tingkatan ini diamond berjumlah 2.

Keterangan jalur mountain biking dengan penilaiannya bisa lo dapatkan petanya di toko sepeda yang ada disana. Nah, kalau lo masuk ke kategori pemula, lo bisa memilih jalur mountain biking yang gak banyak menyulitkan lo di rintangan-rintangannya. Lo bisa memilih jalur mountain biking yang diberi penilaian 1 sampai 3, sebagai permulaan lo.

Penyewaan Sepeda untuk Mountain Biking di Selandia Baru

Tempat penyewaan sepeda bisa lo temukan dengan mudah, terutama di lokasi yang ada jalur sepeda utama. Sepeda yang ditawarkan di tempat-tempat penyewaan juga banyak macamnya yang bisa lo pilih bro, mulai dari yang budget friendly sampai sepeda gunung dengan kualitas yang terbaik. Bahkan ada beberapa toko penyewaan sepeda yang menawarkan system pengembalian separuh harga sewa jika sepeda yang lo pinjam kembali dengan kondisi yang baik. Kalau lo mau menyewa sepeda dengan jangka waktu pemakaian yang panjang (long-term), lo bisa mencarinya di kota-kota besar seperti: Auckland, Christchurch dan Queenstown.

Mountain Biking di Selandia Baru? Ini Dia Panduannya Bro! Photo Credit: backpackerguide.nz

Nah, sebelum lo memutuskan untuk menyewa sepeda, lo perlu pertimbangkan kondisi dan kelengkapan barang dari penyewaan sepeda itu. Tentunya sepeda yang akan lo sewa memiliki kondisi baik (rem, gigi dan suspensi yang bekerja). Tetapi selain itu, beberapa barang kelengkapan yang seharusnya termasuk dalam penyewaan seperti: fitur keamanan (panel reflektif dan lampu), helm bersepeda, pompa ban dan repair kit.

Waktu Terbaik Melakukan Mountain Biking di Selandia Baru

Mountain Biking di Selandia Baru? Ini Dia Panduannya Bro! Photo Credit: gearpatrol.com

Kegiatan ekstrim mountain biking di Selandia Baru bisa lo lakukan kapan aja sepanjang tahun. Lo hanya perlu bersiap dengan kondisi cuaca yang sering berubah, dan sebaiknya lo juga periksa ramalan cuaca sebelumnya. Nah, tetapi dengan perbedaan iklim dan cuaca ini, ada beberapa rekomendasi tempat yang cocok untuk di bulan-bulan tertentu, seperti:

Musim panas (Desember – Februari): Dengan panasnya cuaca, bagian selatan South Island bisa lo pilih dengan pertimbangan suhu yang lebih dingin di area ini. Sehingga suhu di area ini akan membuat lo sedikit lebih nyaman untuk bersepeda gunung.

Musim Hujan (Juni – Agustus): Taupo dan Rotorua bisa jadi destinasi ideal di musim ini dikarenakan kondisi tanah vulkanik area ini yang menjadi lebih baik di musim hujan.

Sedangkan, untuk di musim semi (September hingga November) dan musim gugur (Maret sampai Mei) adalah waktu terbaik untuk bersepeda di area manapun. Hal ini dikarenakan suhu yang nyaman di keseluruhan Selandia Baru untuk melakukan mountain biking.

 

Source

Feature Image – redbull.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!