AUG 28, 2018

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana!

Danau Kakaban tentu sudah tidak asing lagi di telinga para petualang, namun apakah hanya sekedar mendengar dan belum pernah datang ke sana langsung?


Berlokasi di Kabupaten Berau, Pulau Kakaban adalah salah satu surga untuk para petualang yang gemar menilisik pelosok-pelosok eksotis di Indonesia. Lalu, apa daya tarik yang ada di sana? Perlu lo ketahui nih, di sana, ada sebuah danau yang dihuni oleh ratusan, bahkan jutaan ubur-ubur jinak tanpa sengat, yang hanya ditemukan di dua danau saja di dunia ini – dan salah satunya ada di Indonesia.

Itu sebabnya jika banyak para petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara, memburu danau ini. Danau Kakaban, adalah salah satu spot petualangan eksotis yang selalu masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan mereka.

Berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, Pulau Kakaban dikelilingi oleh deret pulau eksotis lainnya seperti Derawan, Samam, Sangalaki, Maratua dan Sambit. Dan yang cukup populer di kalangan para petualang, adalah Pulau Kakaban dengan Danau Kakabannya.

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana! credit photo: kesiniaja.com

Biasanya, jalur untuk menuju Pulau Kakaban, akan bermula dari Derawan dengan menggunakan speedboat atau kapal cepat. Perjalanan tersebut akan memakan waktu selama 1-1,5 jam saja. Cukup seru perjalanan lo nanti karena speedboat tentu akan menerjang berbagai ukuran ombak sehingga untuk lo yang mudah mabuk laut, wah siap-siap kantung plastik, ya!

Danau Kakaban: Eksotisme di Pelosok Kalimantan Timur

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana! credit photo: roompoetry.blogspot.com

Begitu sampai, dermaga kayu yang instagrammable akan menyambut lo di sana. Bertuliskan selamat datang di Pulau Kakaban, langkah pertama lo di sini akan berarti sebuah petualangan baru saja dimulai. Trek yang akan mengarahkan lo ke danau ini akan menjadi perjalanan yang mengasyikan, lho.

Pasalnya, layaknya perjalanan mencari harta karun, namun yang akan lo temukan bukanlah sebuah harta peninggalan bajak laut, melainkan sebuah keindahan alam yang dititipkan oleh Sang Pencipta untuk dirawat di sini.

Danau Kakaban dikelilingi oleh hutan-hutan lebat yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan besar serta perbukitan hijau yang seakan, memang menyembunyikan keindahannya dari beringasnya kondisi di luar sana.

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana! credit photo: diarytinasindy.net

Tidak mungkin tidak akan langsung nyemplung ke danau begitu lo sudah sampai di sana. Oleh karena itu, bersiap dari awal dengan langsung menggunakan pakaian renang adalah salah satu persiapan yang bisa lo perhatikan saat berkunjung ke danau ini.

Percaya atau tidak – jika danau ini dikelilingi oleh lautan lepas. Danau ini benar-benar terletak di pulaunya, dan bersisian dengan lautan lepas. Mungkin, keadaan ini yang bisa menjadikan Danau Kakaban dihuni oleh spesies-spesies unik nan eksotis.

Berpetualang ke Danau Kakaban: 5 Hal yang Perlu Lo Ketahui

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana! credit photo: wisatanasional.com

Berenang di danau baru di pantai atau di lautan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika posisi atau kawasan Danau Kakaban di kelilingi oleh lautan lepas. Tentu dengan begini rayuan untuk mencoba berenang di spot-spot seru tersebut akan semakin besar.

Nah, untuk lo yang akan berenang di manapun, usahakan lo berenang terlebih dahulu di Danau Kakaban, baru kemudian lo bisa lanjutkan bermain atau berenang di pantai atau di lautannya. Hal ini dikarenakan plankton, larva hewan laut dan lain-lainnya dapat terbawa ke danau.

Jika hal ini terjadi, maka hewan-hewan atau biota laut tadi bisa menjadi pesaing hidup bagi keberlangsungan biota primadona yang ada di Danau Kakaban sendiri, yaitu ubur-ubur jinak tanpa sengat.

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana! credit photo: bobo.grid.id

Buang sampah di tempatnya – jelas bahwa material-material yang sudah tidak terpakai atau sampah harus dibuang di tempatnya. Hal ini tentu dapat menjaga kelestarian Danau Kakaban beserta isinya. Oleh karena itu, masyarakat di sana telah menyediakan tempat-tempat sampah guna menampung material tidak terpakai itu lagi.

Hal ini jelas berdasarkan kelestarian hidup berbagai biota di Danau Kakaban dan sekitarnya. Jika tidak terjaga, tentu akan mengancam kelestarian biota yang ada di sana. Sampah-sampah yang lo hasilkan saat berpetualang di sana, tentu harus lo bawa kembali lagi atau setidaknya dibuang ke tempat yang sudah disediakan.

Tidak membawa ubur-ubur ke luar habitatnya – tentu hal ini dikarenakan oleh habitat asli ubur-ubur jinak tanpa sengat itu ada di Danau Kakaban. Jika lo iseng untuk membawa ke luar ubur-ubur tersebut ke lautan, tentu mereka tidak akan bertahan lama di sana.

Danau Kakaban dan 5 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Saat Berada di Sana! credit photo: indahnya-ibupertiwi.blogspot.com

Memindahkan mereka sama saja dengan mengusir ubur-ubur tersebut dari habitat atau rumah aslinya. Oleh karena itu, lo akan diawasi ketat oleh para pemandu atau masyarakat di sana untuk tetap menjaga kelestarian Danau Kakaban beserta isinya.

Jangan pakai tabir surya saat berenang di Danau Kakaban – iya, hal ini juga yang harus lo perhatikan nih. Terdengar sepele memang, namun ternyata tabir surya yang lo gunakan dan penuh kimia tersebut akan melebur jadi satu saat tubuh lo sudah berada di dalam Danau Kakaban.

Alhasil kimia yang ada di tabir surya tersebut bisa tercampur ke air danau yang tentu akan membahayakan berbagai biota laut yang ada di sana. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan tabir surya saat lo akan berenang dengan ubur-ubur jinak tanpa sengat di Danau Kakaban.

Jangan mengangkat ubur-ubur terlalu lama di atas air! Tentu kegemasan para petualang dengan biota primadona di Danau Kakaban, yaitu ubur-ubur jinak tanpa sengat ini membuat siapapun ingin memegangnya dan bahkan berswafoto dengan mereka.

Akan tetapi, jangan terlalu lama mengangkat mereka keluar dari dalam air ya. Tentu hal tersebut akan membahayakan ubur-ubur tersebut. Hal ini juga yang menjadi perhatian para petugas penjaga Danau Kakaban, yang siap untuk menegur lo jika melakukan hal ini terus-terusan.

Wah bagaimana bro? Sudah jelas dengan lima hal yang harus lo perhatikan saat berpetualang ke Danau Kakaban?

 

Source

Feature Image - kesiniaja.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!