AUG 31, 2018

Tips Untuk Menikmati Keistimewaan Dari Danau Labuan Cermin yang Menawan!

Sudah tahu belum dengan keindahan yang dimiliki oleh Danau Labuan Cermin bro? Nah, kali ini akan membahas bagaimana cara agar lo dapat menikmati keindahan atau keistimewaan yang bisa lo dapatkan dari kawasan wisata alam ini. Semoga informasi di bawah ini dapat bermanfaat yaa buat lo!


Pernah mendengar mengenai keindahan dari Labuan Cermin bro? Tempat wisata alam satu ini memang sudah terkenal sekali dengan airnya yang jernih serta memiliki warna biru muda. Kata cermin sendiri didapatkan ketika lo melihat ke dalam air yang ada di Labuan Cermin, secara tidak langsung lo bisa seperti bercermin pada sebuah kaca.

Danau indah ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur, perjalanan menuju kawasan tempat wisata ini pun cukup lama. Lo akan memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Namun biarpun perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati bebitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.

Akhir-akhir ini memang keindahan dari Labuan Cermin akan sering lo lihat di media sosial. Di sana lo akan menemukan beberapa foto yang membuat siapapun ingin datang ke sana. Namun memang untuk dapat melihat keindahan dari Labuan Cermin secara maksimal, lo harus tahu kapan waktu yang tepat untuk datang ke sana. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai kapan waktu yang tepat untuk lo bisa mendapat sebuah keindahannya tersebut.

Namun, sebelum itu ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa itu Labuan Cermin serta apa saja sih yang bisa lo dapatkan dari danau yang memang memiki pesona yang cukup indah tersebut.

Danau Labuan Cermin

Keindahan di Danau Labuan Cermin. Credit: /piknikasik.com

Buat lo yang masih bingung mengenai sebenarnnya apa sih Danau Labuan Cermin ini sendiri, di poin ini akan menjelaskan beberapa hal yang dapat memberikan sebuah gambaran sedikit mengenai kawasan ala mini.

Bagi banyak orang yang sudah datang ke kawasan ini tentunya akan menggambarkan danau ini seperti sebuah tempat dimana lo bisa menikmati keindahan alam yang memukau. Bayangkan saja, dalam satu kawasan ini lo bisa menemukan beberapa spot-spot indah yang tentunya memiliki sebuah panorama alam yang indah.

Bukan hanya itu, jika lo menyelam ke dalam danaunya lo baru benar-benar masuk ke dalam dunia Labuan Cermin. Yaap, ketika berada di dalam air danau tersebut baru benar-benar lo akan merasakan sebuah pemandangan alam bawah air tawar yang tidak ada harganya. Kejernihannya pun mampu dibandingkan dengan laut atau danau manapun yang memiliki kejernihan di dunia, bahkan dapat melewatinya.

Percaya atau tidak, Danau Labuan Cermin ini sendiri memiliki rasa asin yang akan terasa apabila lo mengecap air dari permukaan danau, sementara untuk air yang ada di dasar danaunya akan terasa tawar. Meski terlihat dangkal, namun  ternyata danau ini memiliki kedalaman sekitar 4 hingga 5 meter, jadi selalu tetap waspada bro apabila bermain-main di danau ini.

Pemandangan di Danau Labuan Cermin sendiri juga sangat menenangkan loh, dikelilingi degnan pepohonan rimbun yang membuat suasananya sangat teduh, sehingga danau ini sangat tepat sekali untuk menjadi dijadikan tujuan wisata untuk melarikan diri sejenak dari keramain yang kerap ditemui setiap harinya.

Aktivitas yang Bisa Lo Lakukan

Snorkeling di Danau Labuan Cermin. Credit: liburmulu.com

Karena keindahannya yang ada tentunya ada beberapa aktivitas yang bisa lo lakukan apabila berkunjung ke danau ini. Snorkeling merupakan salah satunya, karena memang menikmati indahnya pemandangan air didalam danau tersebut merupakan hal yang harus lo lakukan.

Keindahannya pun akan ditambah dengan adanya beberapa ikan yang berenang tak jauh dari permukaan, hal tersebut pun yang membuat kawasan danau ini seringkali menjadi tujuan para pelancong baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun tidak menutup kemungkinan pula untuk lo dapat melihat ikan-ikan lalu lalang di dasar dari danau ini.

Jadi buat lo yang ingin berliur ke danau ini jangan lupa untuk membawa peralatarn snorkeling lo yaa. Selain itu, lo juga bisa melakukan aktivitas fotografi di kawasan ini. Karena dari pencahayaan yang ada di Danau Labuan Cermin sendiri menjadi sebuah alasan kuat mengapa danau ini bisa menjadi spot yang tepat untuk lo melakukan aktivitas fotografi.

Waktu yang Tepat Untuk Mengunjungi Danau Labuan Cermin

Keindahan di Danau Labuan Cermin. Credit: dailyvoyagers.com

Nah, lansgung nih ke pembahasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk lo dapat mengunjungi Labuan Cermin ini sendiri. Buat lo para fotografer tentunya harus memperhatikan poin satu ini, karena memang momen atau waktu yang tepat untuk lo dapat menikmati keindahan dari danau ini ialah pada saat siang hari. Karena pada saat itu matahari sedang bersinar cerah.

Sehingga lo akan mendapatkan kondisi dimana airnya akan menjadi super bening dan jernih. Batang-batana pohon maupun bebatuan yang ada di dalam airnya terlihat jelas dari atas perahu saat lo mengelilinginya. Bahkan perahu pun terlihat seperti melayang di foto.

Ketika lo berkunjung ke Danau Labuan Cermin pada saat pagi hari atau tiba di kawasan ini pada saat sore hari maka penampakan yang akan lo dapatkan tidak akan seindah pada saat siang hari, Karena pada saat pagi atau sore hari danau akan berwarna hijau toska kebiruan dan lo tidak akan menemukan sebuah keistimewaan yang seharusnya lo dapatkan.

Hanya Bisa Dicapai Dengan Naik Perahu

Keindahan Danau Labuan Cermin Dari Ketinggian. Credit: phinemo.com

Ketika lo memutuskan untuk berlibur ke Danau Labuan Cermin, mungkin hingga hari ini cara untuk dapat tiba di danau tersebut hanya bisa ditempuh dengan perahu. Kemungkinan besar lagi lo bisa dengan berjalan kaki melalui jalur trekking namun itu akan memakan waktu yang lebih lama.

Lo bisa menyewa sebuah perahu yang mempu mengantarkan lo dari sebuah dermaga di Labuan Kelambu. Dari dermaga tersebut lo akan memakan waktu sekitar 15 menit untuk dapat menikmati serta menyaksikan keindahan dari Danau Labuan Cermin.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Labuan Cermin di atas? Semoga bisa menjadi sebuah panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang telah lo kunjungi.

 

Source

 

Featured Image: beborneotour.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!