Menyelami Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan yang Eksotis Serta Indah!

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi apabila Kepulauan Derawan memiliki keindahan alam yang menggiurkan, namun apakah lo tahu kalau kehidupan bawah lautnya juga tak kalah menariknya? Nah, untuk itu langsung saja cek informasinya di bawah ini untuk menghilangkan rasa penasaran lo tersebut. 

Menyelami Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan yang Eksotis Serta Indah!

Hal apa yang pertama terlintas di kepala lo apabila membicarakan mengenai Kalimantan? Tentu sebuah bentangan hutan yang sangat luas serta merupakan jantung dunia bukan? Namun akhir-akhir ini memang sudah mulai naik ke permukaan mengenai pantai serta keindahan alam bawah laut yang ada di kawasan pulau besar tersebut yang memiliki pesona tak ada duanya. Salah satu kawasan yang dimaksud ialah Kepulauan Derawan. Nah, bagi para traveller mungkin sudah tidak asing lagi dengan suasana alam yang ada di pulau tersebut.

Kepulauan Derawan, sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Berkunjung ke sana tentunya wisata bahari yang indah serta memuaskan menjadi sebuah hal yang akan terus menemani lo menghabiskan waktu lo. Hamparan pasit putih yang menawan serta lautnya jernih merupakan hal yang lumrah pula lo temukan di sana. Namun apakah hanya itu saja yang bisa lo dapatkan? Tentu saja tidak bro, karena masih ada hal lain yang mampu memberikan kualitas di waktu libur lo tersebut.

Dengan 4 pulau yang ada di dalam kawasan tersebut, tentunya lo juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang tak dapat diragukan kembali. Biota yang ada didalamnya pun mampu membuat siapapun akan tergoda akan keindahannya. Daripada semakin penasaran sebenarnya keindahan seperti apa yang bisa lo dapatkan, langsung simak saja informasinya di bawah ini.

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan – Taman Bawah Laut

Menyelami Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan yang Eksotis Serta Indah!

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan. Credit: travelingyuk.com

Masih banyak orang yang belum mengetahui kalau sebenarnya berkunjung ke Kepulauan Derawan bukan hanya keindahan pasir pantai atau yang ada di daratannya saja, namun memang apa yang di bawah lautnya pun patut untuk diperhitungkan. Banyangkan saja sudah banyak dari penyelam profesional kelas dunia yang beranggapan kalau berkunjung ke Kepulauan Derawan harus mencoba untuk menyelam ke dalam airnya.

Hal tersebut pun terbukti dengan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang bergantian terus menerus memenuhi kawasan dari kepulauan ini sendiri. Selain itu, kawasan ini juga termasuk sebagai salah satu tempat wisata yang paling eksotis di Indonesia loh bro, bukankah itu sebuah pencapaian yang cuku membanggakan?

Ekosistem pesisi seperti terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau terdapat di dalam kawasan kepulauan ini, bukan hanya itu saja keberadaan dari spesies yang dilindugi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba dan spesies-spesies lainnya dapat lo lihat di perairan Kepulauan Derawan.

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan – Tujuan Menyelam Bertaraf Internasional

Menyelami Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan yang Eksotis Serta Indah!

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan. Credit: brilio.net/

Seperti apa yang sudah dikatakan di atas, kalau Kepulauan Derawan sendiri merupakan kawasan dimana lo bisa mendapatkan keindahan alam bawah laut yang sangat cocok sekali untuk lo dapat melakukan penyelaman. Banyak pula yang beranggapan kalau kepulauan ini merupakan pulau impian loh.

Permukaan air lautnya memiliki gradasi warna biru dan hijau yang sangat memukau, serta pada saat lo sudah mulau memasukkan badan lo ke dalam airnya pemandangan yang bersih serta jernih pun menjadi hal yang sangat mudah lo dapatkan di kawasan ini. Tak hanya itu, lo akan merasakan seperti sedang berada di dunia yang berbeda apabila menyelam di kawasan ini.

Terumbu karang beserta dengan ratusan ikan warna-warni akan selalu menemani selama melakukan penyelaman di kawasan ini. Kalau lo beruntung, lo akan menemukan atau melihat penyu dengan ukuran yang besar dan berusia puluhan tahun. Karena memang kawasan Kepulauan Derawan merupakan tempat favorit penyu-penyu hijau untuk naik ke pasir pantai dan bertelur, terutama di bulan Juli-September.

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan – Lebih Dari 870 Jenis Biota Laut

Menyelami Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan yang Eksotis Serta Indah!

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan. Credit: sepinggan-airport.com

Keindahan berikutnya yang akan lo dapatkan ialah pemandangan dari biota lautnya yang memang sangat unik serta memiliki varian yang cukup banyak. Tak heran pula apabila hal ini menjadi daya tarik utama bagi para pelancong untuk dapat menginjakkan kaki di kepulauan ini.

Kurang lebih tercatat 870 jenis biota laut terdapat di kawasan perairan Kepulauan Derawan, tentunya dengan seperti itu aktivitas lo bisa lo lakukan di alam bawah lautnya pun akan semakin seru bukan? Uniknya lagi teradpat barakuda, ubur-ubur stingless hingga ikan hiu Derawan yang menjadi koleksi ikan yang hidup di perairan Derawan.

Kekayaan dari lautan di Kepulauan Derawan memang harus lo rasakan sendiri, merasakan hangatnya serta tenangnya kehidupan di dalam sana menjadi sebuah nilai tambahan dari spot penyelaman di kawasan ini. Berpetualang lah dengan keindahan alam bawah lautnya yang dimiliki karena hal tersebut pun akan sangat sulit sekali lo dapatkan apabila hidup di perkotaan yang penuh dengan hiruk pikuk yang mendatangkan kepenatan di dalam pikiran lo.

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan – Menuju ke Pulau Derawan

Menyelami Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan yang Eksotis Serta Indah!

Kehidupan Bawah Laut Kepulauan Derawan. Credit: traveltodayindonesia.com

Untuk dapat menginjakkan kaki lo di kepulauan ini lo bisa masuk melalui Kota Tarakan atau kota Berau karena keduanya memilki lapangan udara, namun buat lo yang ingin berlibur ala backpacker tentunya bisa melalui Kota Berau karena akan lebih hemat.

Bagi yang memulai perjalanan dari Jakarta untuk menuju ke Kepulauan Derawan bisa memesan tiket pesawat ke Tanjung Redep, setibanya di Bandar Udara Kalimaru lo harus melanjutkan perjalanan ke Tanjung Batu menggunakan travel, setibanya di Tanjung batu lo menaiki speed boat untuk benar-benar tiba di titik dimana kepulauan ini berada. Tentunya dengan perjalanan yang cukup melelahkan tersebut, keindahan alam yang memukau menanti lo di ujung sana.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kehidupan bawah laut Kepulauan Derawan yang ada di atas? Semoga bisa menjadi panduan pada saat berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu bro!

 

Source

 

 

Featured Image: tipswisata.co

In Depth Beginner travelling diving solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!