5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Sedap rasanya apabila pada saat berkunjung ke sebuah tempat lalu menikmati kuliner yang memang berasal dari kota tersebut. Oleh sebab itu ketika berkunjung ke Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, jangan lupa untuk mencicipi kuliner asal kota tersebut yaa. Untuk mengetahui pilihan apa saja yang nikmat, langsung saja simak informasinya di bawah ini bro!

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Mengenal kebudayaan Minangkabau pastinya tidak akan lepas dari kuliner yang telah mereka miliki selama turun menurun. Berbicara soal rasanya tentu sudah tidak asing lagi di lidah kita. Rasanya yang gurih serta selalu membuat lo ketagihan merupakan sebuah gambaran yang tepat apabila berbicara mengenai kuliner yang dimiliki oleh suku Minangkabau. Nah, untuk di dalam artikel ini akan lebih membahas mengenai kuliner yang berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat.

Ketika lo berlibur ke Bukittinggi tentunya akan menghasilkan sebuah pengalaman yang tidak biasa. Mengapa dapat dikatakan demikian, karena di kota tersebut lo akan menikmati panorama alam yang menawan beserta dengan nikmatnya kuliner yang selalu menggoda tersebut. Banyak pula terdapat bangunan dan monument bersejarah di dalam kawasan kota ini.

Nah, ternyata terdapat perbedaan nih bro terhadapap kuliner yang ada di Bukittinggi dengan makanan yang dijual di rumah makan Padang yang biasa lo coba di luar tanah Minang. Mulai dari bahan-bahan yang digunakan sampai cita rasanya pun berbeda. Untuk itu, langsung simak saja informasi seputar makanan Bukittinggi di bawah ini bro.

Kuliner Bukittinggi – Warung Nasi Kapau

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Suasana Warung Nasi Kapau. Credit: oknusantara.com

Topik pertama yang akan dibahas mengenai kuliner Bukittinggi itu sendiri jatuh kepada Warung Nasi Kapau, yaap warung yang menyediakan kuliner khas Bukittinggi ini terbilang cukup laku di Sumatera Barat. Lalu terdapat banyak sekali pilihan mengenai nasi kapau itu sendiri yang memiliki rasa nikmat.

Jika lo sedang berada di pusat kota Bukittinggi, lo bisa menghampiri ke Pasar Ateuh di Los Lambuang yang lokasi tak jauh dari monumen Jam Gadang. Untuk pilihan warung yang paling laris manis dikunjungi ialah warung Uni Lis. Namun memang lo akan mendapatkan sebuah antrean yang cukup panjang, namun rasa makanan yang nikmati akan menanti.

Namun buat lo yang berniat untuk mencicipi nasi kapau orang asli sana, lo harus menyempatkan diri lo untuk mampir ke Kapau Nagari, Kabupaten Agam, yang berlokasi sekitar 6 kilometer dari pusat kota Bukittinggi. Di sana lo akan dimanjakan dengan lezatnya lauk pauk bumbu balado dan sayur khas nasi kapau yang berbeda dari makanan Padang pada umumnya.

Kuliner Bukittinggi – Karupuak Kuah

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Kenikmatan Karupuak Kuah. Credit: idntimes.com

Mungkin ini merupakan pilihan kuliner yang terdengar cukup asing  bagi kebanyakan orang, karena memang untuk menemukan kuliner satu ini di luar dari wilayah Minang akan sedikit menemukan kesulitan. Selain itu, karupuak kuah sendiri juga memiliki rasa yang cukup unik serta nikmat sehingga dapat membuat siapapun akan ketagihan akan kegurihan serta cita rasa yang dimilikinya.

Kerupuk lebar atau opak ini terbuat dari bahan singkong atau beras. Di atasnya disiramkan kuah sate Padang yang dicampur sambal dan bihun. Kuliner satu ini pun banyak dijual di tempat tujuan wisata di Kota Bukittinggi, salah satunya di area Jam Gadang. Jajanan murah meriah ini sangat lezat.

Jadi ketika lo sedang berburu kuliner di kawasan Bukittinggi jangan lupa untuk mencoba kuliner Karupuak Kuah ini. Karena dengan itu lo akan menyadari betapa beragamnya kebudayaan serta cita rasa yang dimiliki oleh Suku Minangkabau.

Kuliner Bukittinggi – Ampiang Dadiah

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Nikmatnya Ampiang Dadiah. Credit: goodindonesianfood.com

Kuliner dari Bukittinggi sendiri tidak semuanya merupakan makanan yang berat loh, karena terdapat pula makanan penutup atau makanan ringan yang patut untuk lo cicipi, yaitu Ampiang Dadiah. Dengan cita rasa yang unik berupa campuran antara caramel gula merah, ketan putih, ketan merah dan susu kerbau yang difermentasi hingga bertekstur padat seperti keju.

Kemungkinan besar lo juga akan kesulitan untuk menemukan kuliner satu ini diluar kawasan Minang, untuk itu pada saat berkunjung ke Kota Bukittinggi jangan lupa untuk mencicipinya yaa. Tempat terkenal yang menjual kuliner satu ini ialah di Pasar Lereng, di sana lo akan menemukan berbagai pilihan ampiang dadiah yang nikmat serta menggiurkan.

Kuliner Bukittinggi – Gulai Jariang Muda

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Kenikmatan Gulai Jariang Muda. Credit: dapurnyasibohay.wordpress.com

Untuk pilihan kuliner Bukittinggi berikutnya jatuh kepada Gulai Jariang Muda. Kuliner yang berbahan dasar jengkol ini tentunya menawarkan rasa yan gurih. Buat lo para penikmat jengkol tentunya sudah tak perlu lagi banyak berpikir, langsung saja santap kuliner satu ini.

Gurihnya jengkol berpadu dengan kuah santan kental ini benar-benar bikin lo untuk terus menambahkan nasi lo. Satu piring? Kemungkinan tidak cukup, karena bilamana dicampurkan dengan nasi rasanya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata bro.

Paling nikmati untuk makan Gulai Jariang Muda itu sendiri ialah pada saat jam makan siang. Karena ketika lapat melanda tentunya kenikmatan dari kuliner satu ini menjadi teman terbaik lo pada saat sedang menikmati kelezatan dari kuliner satu ini.

Kuliner Bukittinggi -  Itiak Lado Mudo

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bukittinggi Ketika Lo Berkunjung Ke Sumatera Barat!

Kenikmatan Itiak Lado Mudo. Credit: /ksmtour.com

Kuliner berikutnya yang menyimpan kenikmatan tiada taranya ialah Itiak Lado Mudo yang memiliki arti bebek masak sambal hijau. Cara pemasakannya pun ada dua cara, yaitu dengan dibuat secara rending atau digulai. Semuanya memilik rasa yang lezat, buat lo yang suka dengan makanan pedas tentunya menu satu ini jangan sampai terlewati yaa.

Warung makan yang menyediakan masakan satu ini ialah warung itiak balado mudo di Ngarai Sianok. Karena memang tempat tersebut merupakan tempat paling terkenal di kalangan para pelancong. Pedanya bebek goreng berbalut cabe hijau rawit berpadu dengan sepiring penuh nasi putih hangat, hmm kurang lengkap apa lagi bro. Jadi mau tunggu apa lagi? Langsung persiapkan perencanaan lo untuk melancong ke Kota Bukittinggi!

Jadi bagaimana dengan informasi seputar kuliner Bukittinggi di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo agar tidak mudah kebingungan kuliner mana yang harus lo cicipi apabila berkunjung ke sana yaa. Karena memang kota tersebut memiliki kuliner dengan cita rasa yang nikmat dan tidak mudah untuk dilupakan. Langsunglah melancong ke sana dan buktikan sendiri kenikmatannya!

 

Source

 

 

Featured Image: takaitu.com

Trending Beginner travelling foodventure solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!