SEP 6, 2018

Suka Traveling Dengan Pesawat? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kabin, Ya!

Kabin pesawat adalah titik kumpul orang-orang yang mempunyai beragam macam latar belakang. Tentu mereka membawa kebiasaan-kebiasaan tersendiri, nah berikut 5 kebiasaan yang perlu lo hindari saat berada di kabin pesawat.


Berpetualang ke berbagai spot petualangan yang eksotis terkadang memang harus lo tempuh dengan moda transportasi pesawat. Biasanya, di dalam kabin pesawat, pasti ada saja hal-hal atau kebiasaan-kebiasaan lucu yang dilakukan oleh petualang atau orang lain.

Nah, bahasan kali ini akan mengulas setidaknya ada 5 kebiasaan yang sebaiknya tidak lo lakukan dalam kabin pesawat. Mengingat, kabin pesawat adalah sebuah titik temu untuk setiap orang atau petualang dari setiap daerah, oleh karena itu – saling menghormati dan menghargai adalah ciri khas petualang sejati, betul atau betul banget nih, bro?

Kebiasaan-kebiasaan ini tentu harus diperhatikan agar tidak menggangu penerbangan. Selain yang paling jelas dilarang menyalakan api di dalam kabin pesawat, berikut 5 kebiasaan yang sebaiknya jangan lo lakukan di dalam sana!

Melepas Sepatu atau Alas Kaki di Kabin Pesawat

Suka Traveling Dengan Pesawat? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kabin, Ya! credit photo: flightzona.com

Sebaiknya jangan melepas sepatumu selama berada di dalam kabin pesawat karena bisa jadi – akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin. Apalagi, kalau lo baru saja akan pulang dari petualangan, tentu alas kaki akan mempunyai bau yang kurang sedap.

Walau hal tersebut membuat lo nyaman, sayangnya dengan bau yang kurang sedap tersebut yang tidak membuat nyaman para penumpang lainnya. Menelanjangi kaki di dalam kabin dapat menjadu sumber penyebaran bakteri.

Oleh karena itu, walau memang hal ini menjadi hak setiap penumpang, tetapi toleransi untuk menjaga kenyamanan seluruh penumpang adalah hal yang juga masuk ke dalam perhitungan lo. Maka, sebaiknya, jangan lakukan melepas sepatu atau alas kaki lainnya saat berada di dalam kabin pesawat, ya.

Menggunakan Perangkat Elektronik Selama Penerbangan

Suka Traveling Dengan Pesawat? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kabin, Ya! credit photo: yukpigi.com

Perangkat elektronik atau device yang lo bawa tentu mempunyai sinyal, yang kemungkinan besar akan mengganggu penerbangan. Oleh karena itu, larangan untuk menyalakan device atau perangkat bersinyal pasti sudah diberitahu secara tertulis atau verbal oleh awak kabin yang bertugas di pesawat tersebut.

Sabar saja bro – kalau lo hanya ingin mendengarkan musik, atau bahkan menonton film – sudah ada fasilitas tersebut di tempat duduk lo. Jadi, sepertinya lo tidak perlu menyalakan device yang bersinyal karena berpotensi besar mengganggu jalannya penerbangan.

Oleh karena itu, tentu lo akan disarankan untuk mematikan device tersebut, atau mengalihkannya ke ‘airplane mode’ – salah satu fitur di ponsel atau device yang akan meniadakan sinyal tanpa mematikan device itu sendiri.

Tombol Panggilan Bukan Untuk Mainan, Bro!

Suka Traveling Dengan Pesawat? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kabin, Ya! credit photo: travel.tribunnews.com

Fitur tombol panggilan ini berfungsi untuk memanggil petugas atau awak kabin yang bertugas di penerbangan tersebut. Tentu, jika ditekan, awak kabin akan langsung menghampir sumber panggilan tersebut untuk menanyakan apa ada yang bisa mereka bantu.

Karena mekanismenya seperti itu, jangan lo sembarang tekan atau malah dijadikan mainan ya. Tentu mereka akan kerepotan sendiri mencari sumber panggilan dari fitur tersebut. Mereka tentu akan berkeliling untuk memberikan lo makanan ringan dan minuman, lo bisa tanya sesuatu saat mereka tengah berkeliling itu. Tidak perlu sampai berkali-kali menekan tombol tersebut. Namun, jika hal tersebut menjadi darurat, sila panggil awak kabin dengan fitur tombol panggilan tersebut.

Ingin Cepat Keluar Dari Pesawat

Suka Traveling Dengan Pesawat? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kabin, Ya! credit photo: idntimes.com

Pasti lo akan keluar dari kabin jika pesawat sudah mendarat dengan aman dan selamat, bro. Jadi lo tidak perlu bolak balik berdiri dan lepas dari tempat duduk lo untuk menunggu keluar dari kabin di pintu keluar, ya. Tentu hal tersebut akan mengganggu penumpang atau petualang lainnya, nih.

Lagipula, lo tidak akan disarankan untuk lepas dari sabuk pengaman dan berdiri di pintu keluar kabin, terkecuali lo lepas dari sabuk pengaman untuk ke toilet yang ada di belakang. Kemudian, kalau memang sudah diperbolehkan keluar, sebaiknya tidak terburu-buru karena bisa saja lo akan membahayakan penumpang lainnya.

Oleh karena itu, untuk lo yang mempunyai kebiasaan seperti ini, sebaiknya dikurangi karena hal ini akan mengurangi kenyamanan penumpang pesawat di penerbangan itu. Oh iya, saat mengambil barang dari tempat penyimpanan, juga sebaiknya lo berhati-hati agar barang-barnag lo tidak menjatuhi penumpang yang duduk dekat dengan tempat penyimpanan tersebut.

Makanan Berbau Menyengat, Big No, Bro!

Suka Traveling Dengan Pesawat? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Kabin, Ya! credit photo: keepo.me

Untuk lo yang ingin membawa makanan ke dalam pesawat, perhatikan makanan tersebut apakah mempunyai bau yang menyengat atau tidak. Jika lo bawa buah durian ke dalam kabin, wah tentu lo akan disuruh taruh balik bawaan tersebut, bro.

Bau menyengat, terutama dari makanan adalah hal yang kurang baik saat bersama di kabin pesawat, bro. Oleh karena itu, sila membawa makanan asal yang tidak mempunyai bau yang menyengat. Hal ini juga terkait soal selera tiap penumpang atau petualang yang tidak suka dengan bau yang menyengat.

Oleh karena itu, sila perhatikan kemasan yang menutup makanan tersebut agar tidak membuat satu kabin menjadi satu bau yang menyengat, nih. Tentu jika ada bau yang menyengat, perjalanan atau penerbangan lo akan terganggu nantinya.

Wah bagaimana bro? Sudah paham ternyata ada beberapa kebiasaan yang perlu lo toleransikan saat berada di dalam kabin pesawat? Tentu kebiasaan-kebiasaan tersebut akan membuat lo semakin nyaman dan aman saat penerbangan.

 

Source

Feature Image - kumparan.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!