SEP 6, 2018

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia

Bicara soal kopi, tau gak lo bro kalau Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia. Jelas aja bro kopi Indonesia termasuk salah satu kopi terbaik dunia, sederhananya letak geografis, iklim dan lingkungannya cocok banget dijadikan lahan perkebunan kopi. Kalau lo pecinta kopi, bahasan tentang berbagai jenis kopi Indonesia ini pas banget buat lo bro. Langsung aja deh lo lihat macam-macam-macam jenis kopi Indonesia yang oke punya.


Kopi, gak hanya sekedar minuman yang nikmat tetapi juga punya banyak manfaat yang bisa lo dapetin. Minuman dengan aroma yang khas banget ini bisa bantu menurunkan resiko penyakin diabetes, kanker dan berbagai penyakit jantung. Gak heran kan kalau kopi punya banyak penggemar yang setia di seluruh dunia.

Bicara soal kopi, tau gak lo bro kalau Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia. Jelas aja bro kopi Indonesia termasuk salah satu kopi terbaik dunia, sederhananya letak geografis, iklim dan lingkungannya cocok banget dijadikan lahan perkebunan kopi. Dengan begitu, kopi Indonesia memiliki sejarah dan peranan yang penting bagi perekonomian negara.

Nah, lo semua pasti udah tau kan kalau kopi Indonesia banyak banget ragam jenisnya yang udah dikenal. Masing-masing jenis kopi Indonesia itu memiliki cita rasa khas yang menjadi daya tarik bagi para pecinta kopi di seluruh dunia. Kalau lo pecinta kopi, bahasan tentang berbagai jenis kopi Indonesia ini pas banget buat lo bro. Langsung aja deh lo lihat macam-macam-macam jenis kopi Indonesia yang oke punya.

Kopi Flores

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia. Photo Credit: bekalkopi.com

Flores, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu destinasi terbaik di Indonesia dengan keindahan dan kekayaan alam yang mengagumkan. Dengan kekayaan alamnya, dataran Ngada di Flores menghasilkan kopi Indonesia yang khas dan dikenal dunia. Udah rahasia umum lah ya segimana dahsyat dan nikmatnya kopi dari Flores.

Kopi yang dihasilkan dari dataran Ngada di Flores ini adalah kopi dengan jenis arabika. Pertumbuhan kopi dari dataran Ngada ini tumbuh subur karena adanya abu vulkanik dari gunung berapi. Sensasi aroma buah dengan tambahan tembakau setelah diminum, ini lah yang menjadi trademark dari kopi Indonesia yang satu ini.

Kopi Gayo

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia. Photo Credit: regional.kompas.com

Kopi yang di produksi di dataran tinggi Gayo daerah Aceh Tengah ini merupakan jenis kopi arabika. Menurut kajian internasional, kopi Indonesia yang satu ini mempunyai rasa yang khas, membuat Kopi Gayo paling di sukai di banding kopi arabika yang di tanam di daerah lain.

Kopi Indonesia yang memiliki kenikmatan dan aroma khas ini di anugerahi oleh dunia internasional, Fair Trade Certified sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika gayo menjadi kopi terbaik di dunia. Kopi gayo yang di ekspor ke berbagai negara ini menjadi komoditi yang menjanjikan terhadap salah satu pemasukan negara.

Kopi Kintamani

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia. Photo Credit: kopifactory.com

Gak hanya dikenal sama keindahan alam yang memenangkan hati para wisatawan dunia, tetapi Bali juga memiliki kopi yang oke punya. Daerah Kintamani di Bali merupakan rumah dari perkebunan kopi yang menghasilkan kopi dengan ciri khas yang berbeda dari yang lainnya. Kenikmatan kopi Kintamani ini divalidasi oleh seorang pakar kopi bernama Asher Yaron yang sampai enggan meninggalkan Pulau Dewata karena kopi tersebut.

Kopi Indonesia dari Perkebunan kopi Pegunungan Kintamani ini memiliki kenikmatan dan kesegaran yang gak ada duanya bro. Sederhananya nih, kopi Indonesia dari Kintamani ini memiliki cita rasa bercampur dengan rasa buah yang unik. Hal ini dikarenakan sistem penanaman biji kopinya bercampur dengan beragam sayuran.

Kopi Luwak

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia. Photo Credit: mylittleadventure.com

Kopi Indonesia yang satu ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia, salah satunya karena kopi luwak dihasilkan dengan proses yang unik. Proses penghasilan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak atau musang, membuat produksi yang sangat terbatas dan sangat mahal untuk menikmati secangkir kopi luwak ini. Sampai hari ini tercatat kopi luwak merupakan kopi terbaik dan termahal di dunia, dan menambah deretan jenis-jenis terbaik kopi indonesia di mata pecinta kopi di seluruh dunia.

Sejarah terciptanya kopi luwak ini yaitu pada zaman belanda, yang dimana para petani dilarang mencicipi hasil kopi yang ditanamnya. Sampai suatu waktu petani melihat luwak memakan biji kopi dan ternyata luwak tidak bisa mencerna biji kopi yang dimakannya. Melihat kotoran luwak yang masih menyisakan biji kopi tersebut, para petani pun penasaran untuk merasakan kopi yang ditanamnya. Mereka merebus biji kopi dari sisa kotoran luwak, dan ternyata menghasilkan rasa kopi khas bercita rasa tinggi.

Kopi Sidikalang

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia. Photo Credit: minumkopi.com

Kopi Indonesia terbaik berikutnya adalah kopi sidikalang yang mempunyai cita rasa khas yang super, menjadikannya saingan utama dari kopi Brazil. Kopi sidikalang ini mempunyai ciri khas tekstur paling halus di antara jenis-jenis kopi lain yang ada di dunia.

Kopi Indonesia yang satu ini sangat di gemari oleh pecinta kopi baik dari nusantara maupun mancanegara. Menurut para ahli kopi, ciri khas yang dimiliki kopi sidikalang didapat dari kombinasi iklim dan lingkungan tanah di daerah bukit barisan dengan ketinggian 1500 Mdpl. Sidikalang menjadi salah satu dari tiga daerah penghasil kopi terbaik di Sumatera utara.

Kopi Toraja

Tercatat di Peringkat Keempat, 6 Kopi Indonesia Terbaik Ini Diakui Dunia. Photo Credit: kumparan.com

Kesuburan tanah Toraja yang gak perlu diragukan lagi, ini terbukti dengan dihasilkannya dua jenis kopi terbaik di dunia yaitu kopi arabika toraja dan kopi arabika robusta. Kopi Indonesia yang satu ini tumbuh di Pegunungan Toraja daerah Sulawesi Selatan.

Perbedaan jenis kopi arabika toraja dengan arabika robusta terdapat pada kadar kafeinnya, kopi Indonesia ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Ciri khas utama kopi toraja ini memiliki cita rasa unsur tanah yang unik. Rasa unik ini lah yang menjadikannya salah satu kopi Indonesia yang digemari pecinta kopi baik lokal maupun internasional.

Dengan jenis-jenis kopi Indonesia terbaik dan terkenal ini menjadikan Negara Indonesia surga bagi para pecinta kopi baik dari nusantara maupun mancanegara. Kekayaan kenikmatan dan aroma khas beragam yang dimiliki kopi-kopi yang ada di Indonesia siap untuk lo jelajahi untuk merasakan sensasi berbagai jenis kopi yang akan memuaskan hasrat lo sebagai pecinta kopi.

 

Source

Feature Image –  shutterstock.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Dyastantya Ekmawanto
September 11, 2018 at 10:48 PM

Mantapp, maju terus dunia per kopian Indonesia