SEP 7, 2018

5 Hal Yang Harus Lo Perhatikan Saat Ingin Membeli Mesin Kopi Espresso

Siap untuk petualangan baru sebagai pemilik kedai kopi? Sila perhatikan 5 hal untuk memilih mesin kopi espresso yang cocok untuk kedai lo nanti, nih!


Hanya sekedar mengingatkan jika petualangan sudah tidak selalu memiliki arti tentang sebuah perjalanan menaklukan alam bebas saja. Dewasa ini, tiap hari berjibaku dengan rutinitas dan hal lainnya dalam hidup, juga merupakan petualangan.

Termasuk saat lo yang sudah menentukan atau memutuskan untuk stop dari pekerjaan reguler, dan ingin membuka usaha café kopi. Ngopi di kota besar seperti Jakarta ini sudah dikategorikan sebagai gaya hidup, dan tentu kebutuhan.

Terlebih, soal gaya hidup – setiap orang memiliki selera dan gayanya masing-masing untuk sekedar ngopi selepas jam kantor. Nah, untuk lo yang sudah mendapati ruangan kosong dan sudah lo imajikan untuk menjadi sebuah kafe kopi, tentu langkah selanjutnya yang harus lo lakukan adalah mengisi ruang kosong tersebut, agar imaji lo menjadi kenyataan.

Soal mesin kopi untuk espresso? Sabar, bro – tidak perlu terlalu buru-buru untuk mengisi atau menghias ruang kosong tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya sila simak bahasan kali ini yang akan memberi tips dan trik untuk membeli mesin kopi espresso.

Mesin Kopi Espresso – Mau Tipe Boiler Seperti Apa?

5 Hal Yang Harus Lo Perhatikan Saat Ingin Membeli Mesin Kopi Espresso. credit photo: majalah.ottencoffee.co.id

Hal pertama ini penting sekali lho karena akan terkait dengan seberapa besar usaha kafe atau kedai kopi yang ingin lo buka. Kalau ruang kosong yang akan lo bangun untuk menjadi kedai hanya kedai biasa-biasa saja, dan tidak bersegmentasi kepada peminum kopi, mesin single boiler mungkin sudah cukup.

Namun, kalau lo ingin benar-benar membuat kedai kopi yang berfokus untuk peminum kopi yang khusus, sila investasikan uang lo di mesin kopi espresso yang mempunyai dual boiler dan heat exchanger. Dengan fitur ini, tentu lo bisa memproduksi minuman kopi dengan jumlah massif.

Dengan mempunyai mesin kopi espresso yang memiliki dua fitur tersebut, kedai kopi lo sudah dinilai akan menjadi sebuah tempat nongkrong yang akan dihuni oleh penikmat-penikmat kopi di mana mereka tentu akan mempunyai juga standar nilai untuk minuman kopi.

Seberapa Besar Mesin Kopi Espresso Yang Lo Inginkan?

5 Hal Yang Harus Lo Perhatikan Saat Ingin Membeli Mesin Kopi Espresso. credit photo: unsplash.com

Ukuran mesin kopi espresso juga menjadi salah satu hal yang harus lo perhatikan, nih. Mesin kopi espresso dengan fitur 3 atau 4 grup tentu akan kelihatan sangat keren dan gagah saat dipandang dengan mata. Akan tetapi tentu akan berbanding lurus dengan harganya yang tidak murah.

Tentu mesin dengan fitur yang seperti ini akan dengan mudah untuk mengatasi pelanggan-pelanggan yang mulai menggila di kedai kopi lo nanti. Oleh karena itu, lo butuh mesin seperti ini yang akan bekerja lebih cepat untuk para pelanggan yang sudah antre.

Untuk lo yang kira-kira tidak akan menghabiskan lebih dari 40 kilogram tiap minggunya – mesin kopi espresso dua grup juga sudah cukup. Kalau lo tetap memaksakan untuk membeli yang 3 – 4 grup, diprediksi mesin kopi espresso tersebut mubazir saja tenaganya.

Stabilitas Temperaturnya

5 Hal Yang Harus Lo Perhatikan Saat Ingin Membeli Mesin Kopi Espresso. credit photo: coffeeland.co.id

Secara umum, mesin-mesin multi boiler memang berfungsi sama. Namun, perlu lo cermati bahwa kemampuan setiap mesin untuk melakukan proses brewing dalam suhu yang konsisten. Kebanyakan mesin-mesin multi boiler sekarang ini sudah dilengkapi dengan PID.

PID berfungsi untuk mengatur suhu air dalam boiler. Mesin kopi espresso yang generasi lalu, mungkin masih ada yang mengatur suhu airnya dengan menggunakan thermostats tradisional atau manual. Oleh karena itu, cukup penting nih mesin kopi espresso dengan fitur ini untuk kedai kopi lo nanti.

Perlu lo ketahui juga nih bahwa stabiltias temperatur ini yang juga akan menjaga kualitas kopi espresso yang dihasilkan. Jika lo tidak memerhatikan dengan detil, ditakutkan kopi espresso atau minuman dengan espresso-based akan kurang dapat cita rasanya.

Group-head

5 Hal Yang Harus Lo Perhatikan Saat Ingin Membeli Mesin Kopi Espresso. credit photo: majalah.ottencoffee.co.id

Karena desain sudah seperti itu, group head pada mesin kopi espresso biasanya berpotensi untuk mengacaukan suhu setelah proses brewing selesai. Jika terlalu panas, group head bisa merusak bubuk kopi yang akan di brew.

Seandainya terjadi seperti itu, ditakutkan espresso yang akan lo buat akan menurun jauh kualitasnya. Oleh karena itu, lo harus benar-benar memerhatikan group head ini agar tidak merusak atau menurunkan kualitas espresso tersebut.

Tampilan atau Desain Mesin Kopi Espresso Yang Seperti Apa, Nih?

5 Hal Yang Harus Lo Perhatikan Saat Ingin Membeli Mesin Kopi Espresso credit photo: boskopi.com

Desain dan tampilan mesin kopi espresso ini juga cukup penting lho, bro – hal ini dikarenakan oleh image yang akan didapatkan oleh penikmati kopi jika melihat desain dan tampilan yang gagah, serta meyakinkan dapat membuat kopi espresso dengan kualitas premium.

Hal ini juga tentu terkait dengan budget yang lo akan investasikan ke mesin kopi espresso ini, sih. Biasanya, mesin kopi espresso dengan desain yang bagus dan berbeda dari pada yang lain, tentu akan mempunyai nilai lebih tersendiri.

Oleh karena itu, sila pertimbangkan hal-hal tersebut, ya!

 

Source

Feature Image - cikopi.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!