SEP 7, 2018

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan!

Sudah pernah dengar nama Maratua? Eits, bukan mertua, ya bro! Maratua adalah sebuah pulau di selatan Kepulauan Derawan, di mana pulau tersebut menjadi sosok bidadari cantik yang dengan rapi bersembunyi, menyembunyikan berbagai pesonanya.


Sudah pernah dengar nama Maratua? Eits, bukan mertua, ya bro! Maratua adalah sebuah pulau di selatan Kepulauan Derawan, di mana pulau tersebut menjadi sosok bidadari cantik yang dengan rapi bersembunyi, menyembunyikan berbagai pesonanya.

Bertepatan juga di selatan Pulau Tarakan, Pulau Maratua, pulau yang kecil ini mirip sekali dengan Pulau Derawan soal keindahan alamnya. Dikatakan sebagai pulau kecil bukan tanpa alasan, nih. Pulau Maratua hanya dihuni oleh kurang lebih 3000 jiwa saja.

Sejumlah penduduk tersebut terbagi di empat desa yang ada di sana. Penduduk asli Pulau Maratua adalah Suku Bajo, yang tiap harinya – untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka berlayar kelautan menjadi nelayan.

Eksplorasi di Bidadari Cantik – Pulau Maratua

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan!

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan! credit photo: travelingyuk.com

Soal keindahan alam, dijamin lo tidak akan meragukannya lagi. Pijakan pertama lo di pulau tersebut akan disuguhi dengan suasana yang sangat alami dan masih asri terjaga. Begitu berjalan di atas dermaga kayu, tentu pasir putih serta air laut yang jernih dan kebiruan, menjadi pemandangan utama lo di sana.

Di sekitar dermaga kayu tersebut, terletak juga beberapa rumah kayu, yang ternyata berfungsi juga untuk homestay sementara, lho – atau setidaknya, tempat para nelayan menitipkan hasil tangkapan mereka.

Kondisi keindahan alam di sana memang luar biasa. Untuk lo yang senang berpetualang di pantai, Pulau Maratua mempunyai deret dan baris pantai yang luar biasa indah. Gelombang yang tenang, semilir angin pantai yang tidak terlalu besar, dijamin akan dengan mudah membuat lo terhipnotis.

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan!

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan! credit photo: brobali.com

Salah satu hal yang bisa lo lakukan dalam eksplorasi di Pulau Maratua adalah penyelaman! Menyelam di Pulau Maratua, baik snorkelling atau diving, merupakan salah satu aksi seru yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja saat berada di sini.

Hal tersebut terkait dengan keindahan alam bawah laut yang juga luar biasa. Terumbu karang, koral serta berbagai biota laut akan dengan mudah terlihat walau dari permukaannya saja. Nah, keindahan seluruhnya bisa lo nikmati saat mulai menyelam di berbagai spot indah di sana.

Beberapa gugusan pulau-pulau kecil di Kalimantan Timur, seperti Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Panjang dan Pulau Kakaban adalah berbagai untaian spot menyelam yang luar biasa di sana. Pemandangan alam bawah laut di Pulau Maratua adalah salah satunya yang indah.

Rute Menuju ke Pulau Maratua

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan!

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan! credit photo: blog.airpaz.com

Untuk menuju ke Pulau Maratua sebenarnya mempunyai beberapa rute alternatif. Bisa melalui jalur laut atau udara – kalau sudah begini, tentu akan lo selaraskan dengan budget traveling lo, ya! Untuk jalur laut – tentu perjalanan lo bisa dimulai dari Kota Tarakan, lalu begitu sudah sampai di Bandara Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, baru lo melanjutkan perjalanan dengan kapal cepat dari Tanjung Redeb ke Pulau Maratua.

Perjalanan dari Tanjung Redeb menuju ke Pulau Maratua cukup memakan waktu perjalanan yang lama, lho. Setidaknya 3 jam waktu perjalanan atau penyebrangan dengan kecepatan sedang. Kemudian, jalur kedua atau jalur udara, juga menjadi salah satu jalur yang diminati oleh banyak petualang.

Pada awal tahun 2015 menjadi awal tahun yang cukup berbeda untuk Kepulauan Maratua. Hal tersebut terkait dengan peningkatan jumlah petualang yang datang ke sana. Cukup drastic sampai pemerintah Kalimantan Timur akhirnya membangun bandara di Kota Maratua.

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan!

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan! credit photo: piknikasik.com

Oleh karena itu – lo bisa mulai penerbangan dari Bandara Kota Tarakan, dan langsung terbang menuju Bandara Pulau Maratua. Penerbangan itu hanya memakan waktu 30 menit dengan pesawat perintis jenis Cesna.

Fasilitas dan Berbagai Akomodasi di Pulau Maratua

Menjadi salah satu keindahan alam yang tengah digandrungi oleh para petualang, Pulau Maratua juga berbenah soal fasilitas dan berbagai akomodasi yang bisa menarik lebih perhatian para petualang untuk datang ke sana.

Jika petualang yang akan melakukan penyelaman di sana, Pulau Maratua sudah dilengkapi dengan beberapa penyewaan peralatan menyelam, dari peralatan snorkelling dan diving, pun sudah lengkap ada di sana.

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan!

Eksplorasi Pulau Maratua, Bidadari Cantik Dari Selatan Kepulauan Derawan! credit photo: dutawisata.co.id

Untuk masalah akomodasi atau penginapan, Pulau Maratua mempunyai salah satu resort yang terkenal dan populer, yaitu Maratua Paradise Resort. Penginapan ini di sana mempunyai dua area besar, yaitu, water villa, di mana lo akan beristirahat di atas perairan pantai dengan tarif Rp 600 ribu per malamnya, dan villa yang berada di pinggir Pantai Maratua dengan tariff Rp 500 ribu per malam.

Fasilitas di kamar penginapan tersebut sudah tergolong yang lengkap, lho. Dengan harga tersebut, lo sudah bisa mendapatkan fasilitas pendingin ruangan, bathup, fasilitas makan 3 kali sehari dan bisa menambah langsung mendapat penyewaan peralatan menyelam dan sewa kapal – tentu hal tersebut akan menambah jumlah harga sebelumnya.

Kepulauan Maratua sekarang ini malah lebih sering terlihat ramai oleh petualang dari mancanegara dari pada dari Indonesia sendiri. Bisa jadi, masih banyak para petualang lokal yang tidak tahu bagaimana akses atau bahkan keberadaan Pulau Maratua ini.

Ah! Bagaimana nih bro? Sudah semakin penasaran dengan segala keindahan yang ada di Pulau Maratua? Kalau iya, langsung saja berkemas dan berangkat ke sana!

 

Source

Feature Image - airmagz.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!