SEP 10, 2018

Kondisi Gili Lawa Setelah Kemarin Terkena Bencana Kebakaran

Masih ingat dengan Gili Lawa yang kemarin terbakar? Walau masih dalam proses perbaikan, Gili Lawa seakan tidak berhenti menghipnotis banyak petualang, lho. Walau banyak yang datang ke beberapa spot eksotis lainnya, namun Gili Lawa masih mempunyai keindahan dan daya tarik tersendiri untuk para petualang.


Sama-sama sudah diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, salah satu spot petualangan di Indonesia mengalami kerusakan, kebakaran hebat sehingga spot tersebut memerlukan rehabilitasi yang cukup memakan waktu lama.

Ya, lo tahu bahwa kemarin Gili Lawa, salah satu spot petualangan yang eksotis di Nusa Tenggara Timur masih ditutup untuk umum termasuk untuk para petualang karena kejadian kebakaran di padang rumputnya. Penutupan ini masih dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan.

Diketahui bersama, salah satu penyebab kebakaran di Gili Lawa pada saat itu adalah kecerobohan sekelompok orang yang bermain kembang api di padang rumputnya, sehingga pada akhirnya menciptakan kebakaran yang luar biasa parah.

Kondisi Gili Lawa Setelah Kemarin Terkena Bencana Kebakaran. credit photo: travel.detik.com

Nah, dengan penutupan seperti ini, setidaknya ada beberapa dampak yang dialami oleh beberapa spot petualangan lainnnya di sekitar Gili Lawa. Untuk lo yang sudah penasaran apa dampak tersebut, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui kelanjutannya.

Labuan Bajo Tidak Takut Kehilangan Daya Tariknya

Kondisi Gili Lawa Setelah Kemarin Terkena Bencana Kebakaran. credit photo: cnnindonesia.com

Walau Gili Lawa sudah ditutup sementara waktu karena masih dalam tahap rehabilitasi – Labuan Bajo tidak takut atau tidak khawatir untuk kehilangan para petualang untuk datang ke sana. Gili Lawa memang salah satu spot eksotis di sana, namun Labuan Bajo tetap terlihat menarik untuk di datangi.

Namun, untuk lo yang akan mengunjungi Labuan Bajo, tentu akan ada beberapa regulasi yang harus lo ikuti agar kejadian seperti di Gili Lawa sudah tidak terjadi lagi. Jelas, aktivitas yang berhubungan dengan api, akan diperhatikan khusus, jangan sampai terulang kembali kebakaran yang terjadi di Gili Lawa.

Oleh karena itu, untuk lo yang berencana untuk berkemah, membuat api unggun sementara ini dilarang dahulu. Hal ini tetap mengacu dan terkait dengan kekhawatiran tentang kecerobohan dalam beraktivitas yang mengakibatkan api tersebut menjalar lebih luas dan malah terjadi kebakaran.

Terlebih saat masa-masa ini – Labuan Bajo, Gili Lawa termasuk beberapa daerah yang mempunyai padang savana, tengah menjadi perhatian para petualang karena waktu ini masih memasuki musim kemarau. Tentu, akan lebih mudah terbakar jika terjadi gesekan yang berlebihan, atau bahkan aktivitas para petualang yang ceroboh dan malah menimbulkan kebakaran lagi.

Aturan Khusus Untuk Aktivitas Komersial di Gili Lawa

Kondisi Gili Lawa Setelah Kemarin Terkena Bencana Kebakaran. credit photo: tribunnews.com

Spot petualangan seperti Gili Lawa, dan Labuan Bajo adalah salah satu spot eksotis yang memancing banyak aktivitas komersil untuk dilakukan di sini. Keindahan alam yang begitu luar biasa menjadi salah satu elemen yang menurut mereka ‘menjual’ ketika dipamerkan ke khalayak banyak.

Oleh karena itu, pengelola di sana mengeluarlan beberapa regulasi atau aturan khusus yang bermaksud melindungi spot petualangan tersebut. Hal ini tentu berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi – Gili Lawa yang terbakar karena adanya aktivitas kembang api saat pemotretan pre-wedding.

Regulasi tersebut tentu mencakup berapa lama mereka akan beraktivitas di sana, bertujuan apa aktivitas tersebut dan tentu larangan untuk membawa benda-benda yang mudah memicu api besar walau dimulai dengan api kecil.

Kepolisian Masih Mengusut Kasus Tersebut

Kondisi Gili Lawa Setelah Kemarin Terkena Bencana Kebakaran. credit photo: asumsi.co

Bro, perlu lo ketahui bahwa sampai sekarang, Gili Lawa masih dalam kondisi penyelidikan oleh kepolisian di mana mereka masih terus mencari penyebab dan pelaku yang memicu terjadinya kebakaran. Walau kemarin, sudah ada terduga tentang kasus tersebut.

Akibat dari kebakaran tersebut, setidaknya seluas 10 hektar area hutan dan pada savana di Gili Lawa dilahap oleh api besar saat itu. Oleh karena itu, Gili Lawa sampai sekarang ini – kehilangan salah satu sudut indahnya yang sudah berhasil banyak menghipnotis para petualang.

Hal ini yang menjadi dasar penutupan sementara Gili Lawa karena tengah mengalami proses perbaikan dan juga menghindari hal-hal buruk terjadi lagi terhadap salah satu spot petulangan yang eksotis tersebut.

Namun, walau begitu – para petualang masih saja terus berdatangan ke sana. Seakan mereka tidak percaya jika Gili Lawa tengah mengalami perbaikan sejenak. Jumlah pendatang yang saat ini datang ke sana hampir sama pada peak season.

Kondisi Gili Lawa Setelah Kemarin Terkena Bencana Kebakaran. credit photo: kabar24.bisnis.com

Artinya jumlah petualang yang datang tidak jauh berbeda saat pada waktu puncak liburan, di mana banyak para petualang yang mempunyai waktu senggang disana. Hal ini juga dikarenakan oleh spot petualangan eksotis lainnya selain Gili Lawa.

Sebut saja seperti Labuan Bajo, Pulau Padar dan bahkan Gili Meno – merupakan beberapa spot petualangan yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi oleh para petualang. Namun, mereka mengerti jika Gili Lawa tengah mengalami perbaikan, sehingga mereka banyak yang memilih spot alternatif lain di sekitarnya.

Saat ini, Pulau Padar dan Labuan Bajo terkena dampak bagi mereka para petualang yang tadinya ingin ke Gili Meno yang masih dalam masa perbaikan atau ditutup untuk umum. Oleh karena itu, dua spot tadi adalah salah satu daya tarik utama yang bisa dijadikan alternatif dari Gili Lawa.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo juga ingin mengetahui bagaimana kondisi aktual di sana. Lebih baik, lo berkemas dan langsung saja berangkat ke sana, bro!

 

Source

Feature Image - inet.detik.com


Please login to comment
1 COMMENTS
funnyjokes
September 20, 2018 at 10:35 AM

The information you share is very useful. It is closely related to my work and has helped me grow. Thank you! ludo king