SEP 12, 2018

Ranu Pani, Sebuah Desa Tertinggi di Lumajang yang Dimiliki Oleh Indonesia!

Kalau lo ingin mendaki Mahameru tentunya akan melewati desa Ranu Pani bro. Bukan hanya sekedar desa, namun banyak hal-hal unik lainnya yang patut untuk lo ketahui. Untuk itu lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!


Belum lama ini terjadi sebuah fenomena alam yang cukup mengherankan, tepatnya terjadi di Dataran Tinggi Dieng. Karena terjadi sebuah kondisi dimana cuaca di daerah tersebut tiba-tiba menjadi sangat dingin dan terbilang cukup ekstrem. Ternyata hal itu tidak hanya terjadi di Dieng saja, di Ranu Pani juga terjadi hal yang sama. Hingga lo bisa melihat sebuah perbedaan yang terjadi di sana dengan kasat mata loh.

Ranu Pani sendiri merupakan objek wisata berupa danau di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dan Ranu Pani sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lalu luas wilayah dari kawasan wisata ini pun hanya sekitar 0,75 hektar namun memiliki sebuah keindahan yang memukau.

Nah, buat lo yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, tentunya kawasan wisata satu ini bisa menjadi salah satu destinasi lo dalam menghabiskan waktu libur lo. Bukan hanya itu saja, tentunya kawasan ini juga bisa menjadi tempat dimana lo bisa menghilangkan rasa penat lo dari kehidupan perkotaan yang setiap harinya lo hadapi. Daripada lo semakin penasaran mengenai Ranu Pani, langsung saja simak informasinya di bawah ini bro!

Eksotisme Dari Ranu Pani – Mengenal Lebih Dekat

Suasana di Ranu Pani. Credit: marlindia.wordpress.com

Bagi sebagian pendaki mungkin sudah tidak asing lagi dengan kawasan wisata satu ini, namun buat lo yang belum mengtahuinya tenang saja, karena di poin ini akan dijelaskan sebenarnya apa itu Ranu Pani. Selain menjadi objek wisata, Ranu Pani merupakan salah satu titik berangkat untuk para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru yang memilki ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, Desa Ranu Pani sendiri merupakan desa terakhir sebelum Gunung Semeru. Desa ini dihuni oleh warga suku Tengger. Suku keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit ini setiap tahunnya selalu menggelar bersih desa dan ritual unan-unan yang dipimpin dukun adat.

Masyarakat sekitar kawasan ini pun banyak yang berprofesi sebagai porter yang akan membantu para pendaki membawa barang-barang mereka hingga ke atas gunung. Pendaki yang akan menuju Gunung Semeru akan melewati dua danau di sekitar Ranu Pani, yaitu Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo.

Eksotisme Dari Ranu Pani -  Keindahan Alam yang Memukau

Suasana di Ranu Pani. Credit: laprovinciadelsulcis.com

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi apabila keindahan alam yang ada di kawasan ini pun memiliki sebuah nuansa yang sangat unik. Bahkan akan susah sekali untuk menemukan apa yang ditawarkan oleh Ranu Pani di wilayah lainnya.

Dengan pemandangan danaunya yang sangat luas beserta dengan hamparan hijau yang selalu menemani lo selama berkunjung ke Ranu Pani. Bersantai-santai sambil menikmati keindahan yang ada pun menjadi sebuah kegiatan yang bisa lo lakukan di kawasan ini.

Belum lagi dengan cuacanya yang sejuk namun kadang-kadang kesejukan tersebut menjadi sebuah cuaca yang cukup ekstrim. Mengapa bisa dikatakan ekstrim, karena memang cuaca di Ranu Pani ini sendiri bisa menyentuh hingga -4 derajat celcius loh. Tentunya hal ini pun jarang sekali terjadi di negara tropis, namun itu ada di Ranu Pani bro!

Eksotisme Dari Ranu Pani – Kawasan yang Sempat Membeku

Suasana Ketika Ranu Pani Membeku. Credit: travelingyuk.com

Merupakan sebuah fenomena alam yang pernah terjadi di Ranu Pani yaitu dengan cuaca ekstrimnya. Yaap belum lama ini, kawasan Ranu Pani sendiri pernah terjadi sebuah pembekuan secara menyeluruh. Suhu udaranya pun mampu menyentuh 0 derajat, bahkan kadang-kadang menyentuh -4 derajat celcius.

Bahkan menyebabkan danau yang ada di kawasan ini pun membeku, fenomena alam yang cukup ekstrim ini tepatnya terjadi sekitar bulan Juli hingga Agustus kemarin. Banyak dari foto-foto atau video di sosial media atau dunia maya yang menggambarkan kondisi terjadinya pembekuan di kawasan wisata nan indah ini.

Namun dari fenomena pembekuan yang terjadi ini tidak menurunkan animo para pendaki atau wisatawan yang datang ke Ranu Pani. Bahkan banyak diantara mereka yang senang dengan terjadinya fenomena ini sehingga banyak pula yang mengabadikan situasi ini. Karena memang hal ini pun jarang terjadi, apalagi di negara tropis seperti Indonesia.

Eksotisme Dari Ranu Pani – Jarak ke Mahameru

Ilustrasi Pendakian Gunung. Credit: steemit.com

Satu hal yang menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak dari pendaki yang melalui Ranu Pani karena dari letaknya yang tidak begitu jauh dari Mahameru itu sendiri. Kurang lebih sekitar 20 kilometer jaraknya. Biasanya para pendaki tersebut akan menghabiskan waktu sekitar tiga hari dua malam untuk dapat tiba di puncak dari Mahameru sendiri.

Nah, buat lo yang ingin mendaki Mahameru disarankan untuk melalui jalur Ranu Pani ini. Karena keindahan yang berbeda akan selalu menemai lo ketika berkunjung ke sana. Atau lo juga bisa berkemah di sana loh. Bukankah itu merupakan sebuah perpaduan yang sangat seru bro?

Eksotisme Dari Ranu Pani – Termasuk Desa Tertinggi di Indonesia

Suasana di Ranu Pani. Credit: galerimozha.blogspot.com

Perlu diketahui pula nih bro, ternyata Ranu Pani sendiri termasuk salah satu desa tertinggi yang ada di Indonesia. Sehingga tak heran apabila cuaca yang ada di kawasan ini cukup dingin. Dengan dataran yang cukup tinggi tersebut, lo juga akan selalu ditemani dengan udaranya yang segar beserta dengan hampran hijau yang mampu memanjakan kedua mata lo.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Ranu Pani di atas? Semoga bisa menjadi panduan ketika berkunjung ke sana yaa. Dan yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu bro!

 

Source

 

 

 

Featured Image: adventuretravel.co.id

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Dyastantya Ekmawanto
September 12, 2018 at 8:38 PM

Tempat yang indah dan pintu menuju ke atap tertinggi jawa