AUG 14, 2018

Tips Wisata Hemat Ini Ampuh Ketika Lo Liburan di Taman Nasional Kepulauan Togean!

Sebagai seorang traveller tentunya bisa berkunjung ke sebuah tempat nan indah namun dengan budget yang minim merupakan sebuah keinginan bukan? Nah, kali ini akan membahas mengenai bagaimana lo tetap bisa berhemat walaupun berwisata ke Taman Nasional Kepulauan Togean. 


Bukan merupakan rahasia lagi apabila keindahan yang ada di Indonesia sendiri merupakan suatu hal yang dapat menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan untuk datang mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam negara tropis nan indah ini. Bukan hanya itu, di Indonesia juga terdapat beberapa pilihan taman nasional yang memiliki pesona serta panorama alam, salah satunya ialah Taman Nasional Kepulauan Togean yang ada di Sulawesi Tengah.

Ketika lo menginjakkan kaki lo di sana, tentunya perpaduan antara lautnya yang jernih beserta dengan langitnya menjadi sebuah pemandangan alam yang selalu menemani lo ketika berkunjung ke sana. Namun apakah hanya itu saja yang bisa lo dapatkan, ternyata tidak bro. Masih banyak hal lainnya yang selalu menarik hati para pelancong untuk dapat tiba di kawasan ini.

Namun memang, untuk menuju ke kawasan tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit bro. Oleh sebab itu di dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara agar lo tetap bisa menikmati keindahan yang ada di Taman Nasional Kepulauan Togean namun mengurangi atau menekan pengeluaran lo. Jadi, langsung saja cek informasinya di bawah ini bro. Semoga dapat berguna dan bermanfaat!

Tips Hemat Jalan-Jalan ke Taman Nasional Kepulauan Togean – Transportasi

Suasana di Taman Nasional Kepulauan Togean. Credit: id.wikipedia.org

Langkah pertama yang bisa lo lakukan untuk menekan pengeluaran lo tentunya dengan menekan transportasi yang akan lo gunakan. Lo bisa mencapai Togean dengan dua rute, via Gorontalo atau via Palu. Dari bandara Jalaluddin Gorontalo lo bisa menyewa kendaraan untuk menuju untuk menuju Pelabuhan Gorontalo lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri ke Wakai, Togean.

Perjalanan lo sendiri akan memakan waktu sektiar 12 jam, memang bukan merupakan perjalanan yang sebentar. Selain itu lo juga bisa mencapai Togean melalui Bumbulan Paguat di Kabupaten Gorontalo dengan memakan waktu kurang lebih tiga jam dari Kota Gorontalo. Kemudian dilanjutkan dengan naik kapal dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Sedangkan untuk Togean via Palu dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu lo harus naik kendaraan ke Ampana via Poso dengan waktu tempuh selama 10 jam. Dari Ampana lo perlu untuk naik kapal menuju Wakai dengan lama perjalanan 4 hingga 5 jam.

Nah, untuk rute termudah dan termurah yang banyak dipilih wisatawan ialah via Gorontalo dengan kapal feri. Lo tak perlu melakukan perjalanan darat tetapi harus mengalokasian waktu yang cukup banyak. Catatan lainnya, lo harus mencari informasi mengenai jadwal keberangkatan kapal karena tak semua kapal menyediakan penyebrangan setiap hari.

Tips Hemat Jalan-Jalan ke Taman Nasional Kepulauan Togean – Akomodasi

Suasana di Taman Nasional Kepulauan Togean. Credit: tirzauntuseppa.blogspot.com

Selain dari transportasi, hal yang bisa lo tekan berikutnya ialah dari segi akomodasi, biasanya pengeluaran yang besar keluar dari sini nih bro. Nah, memang di Togean sendiri terdapat berbagai macam penginapan mulai dari resort mewah hingga homestay yang sederhana. Agar lo bisa lebih hemat, tentunya untuk dapat menginap di homestay merupakan pilihan yang tepat.

Homestay sendiri dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap kok bro. Mulai dari kamar mandi hingga makan sehari tiga kali menjadi sebuah jaminan apabila lo menginap di sana. Keunikan dari fasilitas akomodasi di Togean ialah dengan adanya makan tiga kali sehari tersebut, sehingga lo sudah tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mengurusi perut lo yang lapar itu. Namun yang perlu menjadi perhatian ialah harga homestay dihitung per orang buka per kamar.

Nah, karena di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean memiliki banyak pulau kecil maka tempat penginapannya pun tersebar di beberapa titik, sehingga bisa dikatakan kalau setiap tempat lo megninap akan memilki pemandangan alam yang berbeda-beda pula. Karena memang setiap pulau yang ada memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda.

Salah satu pulau yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean yang menarik banyak perhatian ialah Pulau Wakai. Pulau ini adalah tempat lo turun dari kapal sekaligus pulau terbeesar dan memiliki tempat penginapan yang banyak bila dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Lo juga bisa menginap di Pulau Una-Una, Bomba atau Waleabahi.

Tips Hemat Jalan-Jalan ke Taman Nasional Kepulauan Togean – Aktivitas yang Bisa Lo Lakukan

Suasana di Taman Nasional Kepulauan Togean. Credit: tnkepulauantogean.id

Sebagai pecinta pemandangan alam bawah laut tentunya berkunjung ke Taman Nasional Kepulaauan Togean merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk lo hampiri. Bentangan pemandangan air lautnya jernih menjadi sebuah hal yang selalu menemani lo selama berlibur di sana.

Puluhan pulau berpantai cantik dengan sekitar 262 spesies karang, 596 spesies ikan serta puluhan jenis binatang laut lainnya. Di sana lo bisa berkeliling pulau-pulau kecil dengan kapal sewaan. Hobi lo snorkeling atau diving? Tentunya taman nasional ini menawarkan beberapa spot unik nan menarik yang bisa lo manfaatkan untuk merasakan secara langsung keindahannya.

Nah, kembali lagi nih bro untuk pemilihan kapal lo yang akan lo sewa. Karena terdapat banyak sekali jenis-jenis perahu yang dapat lo sewa, lo benar-benar harus pintar untuk menawar yaa. Jangan langsung setuju dengan harga yang pertama kali ditawarkan oleh sang penyewanya yaa. Semoga liburan lo di sana seru dan juga bersahabat dengan kantong lo yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Taman Nasional Kepulauan Togean di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin berlibur ke sana namun tetap bersahabat dengan kondisi keuangan lo yaa. Satu hal yang paling penting bro, yaitu untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi. Semangat selalu bro!

Source

 

 

 

Featured Image: blog.reddoorz.com

 


Please login to comment
2 COMMENTS
juan121
September 13, 2018 at 11:39 AM

wonderful land! -JSON formatter -


selfie
September 24, 2018 at 6:37 PM

Glad to visit your blog, I look forward to more good articles and I think we all like to thank so many good articles, blog to share with us.
Rashpal singh dhaliwal
Rashpal singh dhaliwal
Rashpal singh dhaliwal



LOCATION