SEP 14, 2018

Top 5 Gua Terbesar di Dunia yang Harus Masuk Bucket List Ekspedisi Lo!

Menelusuri seluk beluk kekayaan alam emang gak akan bisa bikin lo bosan, betul ga bro? Tapi, menjelajahi kekayaan alam itu gak hanya sebatas di gunung ataupun hutan bro… Ada opsi petualangan alam lainnya, yaitu caving atau menelusuri gua bro. Nah, di bahasan kali ini lo akan lihat 5 gua terbesar di dunia dengan kedalaman yang paling menantang di bawah tanah.


Menelusuri seluk beluk kekayaan alam emang gak akan bisa bikin lo bosan, betul ga bro? Apalagi jika lo tinggal di daerah perkotaan, melakukan perjalanan di alam bisa jadi opsi pelarian yang ideal banget. Tapi, menjelajahi kekayaan alam itu gak hanya sebatas di gunung ataupun hutan bro… Ada opsi petualangan alam lainnya, yaitu caving atau menelusuri gua bro.

Gak hanya menantang tetapi melakukan penelusuran ke dalam gua di bawah tanah ini bisa jadi experience yang seru banget. Lo akan dibuat terpukau dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang misterius di dunia tanpa cahaya ini. Sayang sekali belum banyak orang yang belum pernah dapetin experience menelusuri kedalaman dunia di bawah tanah ini.

Dengan segala fakta menarik dari kegiatan caving yang emang seru, kegiatan ini memang memerlukan keahlian yang mumpuni bro. Nah, di bahasan kali ini lo akan lihat 5 gua terbesar di dunia dengan kedalaman yang paling menantang di bawah tanah. Penasaran negara mana aja yang punya destinasi gua terbesar di dunia? Simak dan baca terus aja ya bro bahasan di bawah ini.

Gua Krubera–Voronja, Georgia

Top 5 Gua Terbesar di Dunia yang Harus Masuk Bucket List Ekspedisi Lo! Photo Credit: huckberry.com

Bahasan ini dibuka dengan sebuah gua yang terletak di Georgia bernama Gua Krubera–Voronja. Tercatat dengan kedalaman yang paling tidak mencapai 7188 kaki atau sekitar 2191 meter, Gua Krubera–Voronja adalah gua terbesar yang ada di dunia. Sampai hari ini pun masih dilakukan eksplorasi Gua Krubera–Voronja.

Gua terbesar di dunia ini mendapatkan namanya dari seorang ahli gua yaitu Alexander Kruber, serta bahasa Rusia Voronja yang berarti burung gagak. Singkat cerita, di dekat mulut Gua Krubera–Voronja ini lo bisa menemukan banyak banget burung gagak bro. Eksplorasi selalu dilakukan di gua terbesar di dunia ini untuk mengetahui gimana kondisi gua nya sampai sistem bawah airnya.

Gua Reseau Jean Bernard, Perancis

Top 5 Gua Terbesar di Dunia yang Harus Masuk Bucket List Ekspedisi Lo! Photo Credit: koifaire.com

Gua Reseau Jean Bernard atau yang juga sering dikenal sebagai Gua Gouffre Jean-Bernard adalah salah satu gua yang terletak di Pegunungan Alpen, Perancis. Dengan kedalaman paling tidak 5256 kaki atau 1602 meter ke dalam kerak bumi, menjadikan gua yang satu ini salah satu gua terbesar di dunia. Eksplorasi Gua Reseau Jean Bernard pertama kali dilakukan dan ditemukan pada tahun 1959.

Nama dari salah satu gua terbesar di dunia ini berasal dari nama 2 orang peneliti gua yang meninggal di wilayah Pegunungan Aspen yaitu Ardhece. Kedua peneliti gua tersebut bernama Jean Dupont dan Bernard Raffy, yang kemudian digabungkan nama keduanya menjadi Jean Bernard. Dengan pintu masuk paling tidak 8 pintu menuju gua tersebut, para penelusur gua profesional berpendapat kalau Gua Reseau Jean Bernard ini gak terlalu menarik untuk dijelajahi.

Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina, Georgia

Top 5 Gua Terbesar di Dunia yang Harus Masuk Bucket List Ekspedisi Lo! Photo Credit: zeenews.india.com

Daerah Bzybsky Massif di Georgia udah banyak dikenal sebagai daerah yang sangat kaya destinasi wisata gua. Diantara lebih dari 400 yang terdapat di daerah Georgia itu, tetapi hanya satu yang termasuk ke dalam deretan gua terbesar di dunia. Gua yang dimaksud adalah gua yang terletak di Kaukasus Barat di Georgia, yaitu Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina.

Tercatat sebagai salah satu gua terbesar di dunia, Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina memiliki kedalaman paling tidak 4948 kaki atau setara dengan 1508 meter. Lo bisa lihat sendiri isi daripada salah satu gua terbesar di dunia ini yang luar biasa dan

Gua Torca del Cerro del Cuevon, Spanyol

Top 5 Gua Terbesar di Dunia yang Harus Masuk Bucket List Ekspedisi Lo! Photo Credit: clubrural.com

Tercatat sebagai gua yang terdalam di seluruh Spanyol, Gua Torca del Cerro del Cuevon memiliki kedalaman yang mencapai hingga 5213 kaki atau 1589 meter. Walaupun bukan gua terbesar di dunia, tetapi destinasi gua yang satu ini dijamin bakal bisa bikin lo yang punya jiwa petualang tinggi ketagihan bro. sederhananya, Gua Torca del Cerro del Cuevon ini memerlukan usaha yang cukup ekstra untuk mencari jalan ke bawah bumi yang relatif sulit, menegangkan dan mengerikan.

Berada di Pegunungan Picos de Europa di pantai utara Spanyol, untuk menemukan pintu masuk ke gua gak mudah untuk lo temuin. Bahkan bisa dianggap relatif sulit banget secara teknisnya bro untuk menjelajahi saah satu gua terbesar di dunia ini. Setelah diperhitungkan dan diperkirakan dari sisi teknis tersebut, waktu yang diperlukan untuk menjelajahi Gua Torca del Cerro del Cuevon ini adalah kurang lebih 3 hari bro.

Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen, Austria

Top 5 Gua Terbesar di Dunia yang Harus Masuk Bucket List Ekspedisi Lo! Photo Credit: en.wikipedia.org

Terletak di Austria, Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen termasuk salah satu gua terbesar di dunia. Gak mengherankan juga sih bro, singkat ceritanya ekspedisi Polandia menghubungkan kedua gua tersebut yang tepatnya berada di area Leoganger Steinberger, Salzburg. For your information nih bro, Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen dianggap salah satu sistem gua yang berpotensi untuk menjadi yang terdalam di dunia.

Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen ini tercatat memiliki kedalaman yang mencapai 5354 kaki atau sekitar 1632 meter. Meskipun begitu, eksplorasi masih terus berlanjut dilakukan di Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen bro. Jadi, dengan fakta demikian, kedalaman Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen ini masih mungkin bertambah.

Itu lah bro top 5 destinasi gua terbesar di dunia yang tercatat paling dalam sampai hari ini. Walaupun 5 destinasi ini memegang rekor di top 5 untuk gua terbesar di dunia, bukan hal yang gak mungkin list nya akan berubah. Mengingat masih belum sepenuhnya dieksplorasi gua-gua ini ataupun lainnya yang dapat memperpanjang lebih dalam dari yang kita bayangin.

 

Source

Feature Image – mybestplace.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!