SEP 20, 2018

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung!

Mie instan memang menjadi salah satu perbekalan favorit para petualang, namun apakah tepat membawa mie instan saat mendaki gunung? Simak bahasan kali ini untuk mengetahui apakah masih penting membawa mie instan dalam petualangan lo?


Jika masih ada mie instan dalam perbekalan lo untuk mendaki gunung, hmm – perlu dipertanyakan nih sudah berapa lama lo jadi pendaki gunung. Mie instan memang jenis makanan yang mudah untuk dibuat dan dikonsumsi. Sayangnya, makanan tersebut bukan yang utama, bahkan cenderung untuk ditinggalkan.

Saatnya Meninggalkan Mie Instan

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung! credit photo: SuperAdventure

Meninggalkan mie instan sebagai salah satu perbekalan yang dahulunya sangat digemari itu bukan tanpa alasan. Setidaknya, Elsa di IDN TIMES menyatakan ada 5 alasan mengapa lo tidak makan mie instan saat mendaki gunung.

Mie instan tidak sehat, begitu alasan pertama Elsa. Walau sudah menjadi rahasia umum, namun tetap saja terkadang ada pendaki atau petualang yang masih membawa mie instan menjadi perbekalan mereka. Padahal, mendaki gunung adalah aktivitas yang sehat, sehingga cukup tidak masuk akal jika lo racuni dengan mie instan.

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung! credit photo: SuperAdventure

Kedua, ternyata mie instan tidak menghasilkan banyak energi yang diperlukan tubuh saat mendaki gunung. Nah, fakta ini yang membuat banyak pendaki dan petualang mulai meninggalkan mie instan dari daftar perbekalan mereka.

Mendaki gunung jelas membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu, buat apa lo mengkonsumsi makanan yang tidak membantu lo menghasilkan energi untuk menaklukan gunung tersebut. Banyak yang mengasumsikan bahwa mie instan adalah pengganti nasi. Padahal tidak sepadan.

Alasan lainnya dari Elsa adalah mie instan mengurangi jatah minum. Artinya, jangan sampai lo dehidrasi karena kekurangan minum, ya. Apalagi jatah air bersihnya memang lo gunakan untuk memasak mie instan. Terlebih, mie instan juga menambah daftar sampah plastik yang dihasilkan oleh para pendaki di spot petualangan tersebut. Oleh karena itu, this is quite enough for instant noodle.

Lalu Perbekalan Seperti Apa yang

Bagus Untuk Para Pendaki Gunung?

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung! credit photo: SuperAdventure

Yang jelas hindari mie instan. Masih banyak lho bro jenis makanan yang cocok untuk dijadikan perbekalan saat lo mendaki gunung. Nah, Kumparan, salah satu penulis di situsnya menjelaskan setidaknya ada lima makanan terbaik untuk mendaki gunung.

Oatmeal, atau sereal adalah jenis makanan pertama yang bagus untuk lo jadikan perbekalan dalam mendaki, terlebih makan oatmeal dan sereal menggunakan susu. Jelas, lo akan mendapatkan nutrisi terbaik untuk membantu lo mengeluarkan tenaga untuk mendaki gunung.

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung! credit photo: SuperAdventure

Madu dan Coklat juga menjadi salah satu pilihan yang tepat saat lo mendaki gunung. Jangan remehkan mereka berdua, lho. Madu dan coklat terkenal khasiatnya yang menjaga stamina tubuh dan memberi energi lebih saat lo tengah mendaki gunung. Oleh karena itu, coklat khususnya, menjadi camilan tersendiri saat lo tengah dalam perjalanan.

Berbagai jenis abon juga menjadi pelengkap perbekalan lo yang tepat. Selain rasanya yang enak, abon cukup diminati banyak petualang untuk dijadikan tambahan lauk saat makan. Nah, dari semua itu – buah-buahan adalah pelengkap yang paling lengkap.

Kebutuhan vitamin dan mineral bisa lo dapatkan di buah-buahan. Oleh karena itu, lo bisa membawa buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan energi lo saat tengah mendaki gunung. Bicara soal perbekalan makanan, situs liburansari bahkan memberikan contoh untuk para petualang lain dengan menghadirkan beberapa foto-foto saat mendaki gunung dan mereka memasak makanannya sendiri.

Sederhananya, yang mereka bawa adalah bahan makanan mentah, seperti beras, ayam siap goreng, sayur-sayuran yang bisa dibuat menjadi sop – yang merupakan menu sehat untuk para pendaki gunung. Terlebih, mereka juga tidak menghasilkan sampah plastik yang banyak.

Yha Masa Camilan Isinya Angin Doang, Sih!

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung! credit photo: SuperAdventure

Dari beberapa panduan di atas yang sudah disebutkan – Hipwee menambahkan jika selain mie instan, perbekalan yang tidak perlu lo bawa adalah camilan yang berisikan angin. Seperti jenis snack yang dibungkus plastik kembung, jenis camilan seperti itu sebaiknya tidak dibawa.

Selain akan membuat lo semakin haus, camilan seperti itu malah akan menghabiskan ruang bawaan lo di carrier dan juga menambah sampah plastik yang harus lo bawa turun lagi dari gunung. Karena lebih banyak kerugiannya, lebih baik tidak perlu lo bawa deh, camilan yang seperti itu.

Kemudian, jika dari situs gentlemancode – mereka menambahkan bahwa roti, adalah salah satu pilihan tepat untuk lo jadikan perbekalan saat mendaki gunung. Selain mengenyangkan, roti akan memberikan lo serat serta karbohidrat yang bisa setara dengan nasi.

Terlebih jika roti ini lo kombinasikan dengan coklat yang lo bawa, akan dijadikan camilan yang tepat untuk selalu menjaga stamina dan memberikan energi lebih saat mendaki gunung.

Banana For Lyfe!

Bukan Mie Instan: Berikut Berbagai Ramuan Perbekalan yang Tepat Saat Mendaki Gunung! credit photo: SuperAdventure

Anna dari climbbigmountains juga menceritakan jika buah pisang – seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah-buahan adalah perbekalan yang penting – bisa menjadi pilihan utama lo untuk mendapatkan energi yang tepat buat mendaki gunung.

Pisang ternyata mengandung banyak karbohidrat, potassium, dan vitamin yang penting sekali untuk jantung lo. Anna bahkan menceritakan jika pisang harus menjadi salah satu perbekalan utama lo saat berpergian, berpetualang dan mendaki gunung.

Masih di situs yang sama, Anna juga menjelaskan bahwa ada strategi tersendiri yang bisa lo gunakan saat ingin mendaki gunung. Seperti makan malam sebelum esoknya mendaki, makan makanan berkarbohidrat tinggi memang penting, tapi untuk membuatnya terserap dengan cepat, jenis makanan kacang-kacangan juga perlu agar memberikan serat dan metabolisme lo lebih lancar saat akan mendaki gunung.

Anna juga menjelaskan lagi jika saat makan pagi atau sarapan, jenis makanan seperti bubur atau panekuk yang dicampur madu adalah sarapan yang tepat untuk mendaki gunung. Kemudian ditambah juga dengan minuman isotonik yang dapat memberikan lo tenaga lebih.

Saat malam hari di pendakian gunung, protein dan karbohidrat adalah zat penting. Oleh karena itu, sila atur strategi lo dalam perbekalan saat mendaki gunung ya!

Eh iya, kalau lo punya strategi tersendiri saat mengatur perbekalan makanan saat mendaki gunung, boleh nih lo bagikan di kolom komentar di bawah ini ya! Eits, tentu nih – sudah tidak ada mie instan lagi, ya!

 

Feature Image - aowanders.com


Please login to comment
4 COMMENTS
Hendy Nugroho
September 26, 2018 at 11:09 PM

Wah. Sharing yang bermanfaat bro. Skg gw no instan2 club ????????


Raden Syahid
September 29, 2018 at 2:27 PM

bawa jagung juga ok bro, buat direbus, busa tambah energi+sehat jga


Raden Syahid
September 29, 2018 at 2:30 PM

mie intan ccoknya dalam komdisi darurat bro, darurat kantong kering, kwkwk, tapi kalo bisa mnding tidak usah bro,


sayful islam ali
October 17, 2018 at 9:18 PM

sangat bermanfaat