SEP 22, 2018

6 Pilihan Rempah-Rempah Ini Ternyata Berasal Dari Indonesia Loh Bro!

Buat lo yang ingin tahu mengenai rempah-rempah yang asli dari Indonesia, langsung saja cek informasinya di bawah ini dan temukan sendiri jawaban lo bro. Semoga dapat bermanfaat yaa.


Sebagai salah satu negara yang memiliki beragam pilihan kuliner beserta dengan berbagai cita rasa, bukan sebuah rahasia lagi apabila Indonesia memilki rempah-rempah yang beragam pula. Bilamana lo kembali ke masa lampau, rempah-rempah itu sendiri merupakan salah satu alasan kuat mengapa banyak dari bangsa-bangsa Eropa yang datang dan menjajaha negara kita.

Nah, mengapa ketika zaman dahulu rempah-rempah itu sendiri sangat diincar oleh bangsa Eropa dikarenakan oleh rempah-rempah kala itu merupakan bahan yang luar biasa mewah. Kenapa bisa dikatakan mewah, karena aroma dari rempah-rempah yang mereka bilang ‘Aroma Surga’ dan makanan yang mengandung rempah-rempah mempunyai cita rasa yang sedap.

Hingga saat ini, rempah-rempah Indonesia sendiri masih diminati oleh bangsa lain. Karena memang dari rempah-rempah Indonesia sendiri bisa menghasilkan sebuah masakan yang nikmat. Untuk itu di dalam artikel ini membahas mengenai beberapa pilihan rempah asal Indonesia yang perlu untuk lo ketahui. Daripada semakin penasaran, langsung saja cek informasi di bawah ini. Semoga dapar bermanfaat bro!

Rempah-Rempah Indonesia – Lada

Rempah-Rempah Indonesia. Credit: rumahmesin.com

Untuk pilihan pertama dari rempah-rempah asli Indonesia ialah lada atau biasa juga dikenal merica. Lampung dan Pulau Bangka merupakan kawasan dimana merupakan penghasil utama lada. Biasa buat lo yang suka dengan cita rasa pedas, peran lada cukup besar di setiap kuliner yang lo kunyah.

Cita rasa pedas yang berasal dari lada sendiri juga mampu untuk menghangatkan tubuh lo serta ampuh menghilangkan masuk angina. Percaya atau tidak ternyata aroma lada yang sedap namun kuat itu biasanya digunakan sebagai obat untuk mengobati influenza pada zaman dahulu.

Berbicara mengenai penghasil lada itu sendiri, ternyata Indonesia masuk ke dalam urutan kedua di dunia sebagai negara penghasil lada atau merica terbanyak. Rempah-rempah ini pun sering sekali digunakan hampir di semua masakan Indonesia loh bro.

Rempah-Rempah Indonesia – Kayu Manis

Rempah-Rempah Indonesia. Credit: /hellosehat.com

Untuk pilihan berikutnya mengenai rempah-rempah asli Indonesia ialah kayu manis. Kayu manis atau dengan nama lainnya cinnamons ini merupakan jenis kayu dengan aroma yang tajam serta memiliki cita rasa pedas dan manis saat diolah bersama makanan.

Selain dapat digunakan untuk membantu membuat makanan lo lebih sedap, ternyata kayu manis sendiri memiliki manfaat lainnya yang jarang sekali orang ketahui. Manfaatnya ialah sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh serta bisa meringankan sakit kepala loh.

Memang sangat mudah sekali untuk menemukan kayu manis di Indonesia. Lo tinggal pergi ke pasar yang memiliki jarak tak jauh dari rumah lo saja, lo sudah bisa menemukan rempah-rempah satu ini. Tak hanya itu, tentunya dengan harga yang terjangkau, lo jadi lebih mudah lagi untuk membuat makanan yang nikmat.

Rempah-Rempah Indonesia – Cengkeh

Rempah-Rempah Indonesia. Credit: cairofood.id

Untuk rempah berikutnya berasal dari kawasan Maluku nih bro. Tentunya bagi sebagian orang tidak akan asing terhadap rempah satu ini. Karena memang keberadaannya di kehidupan keseharian kita cukup sering. Uniknya lagi, pada zaman dahulu, cengkeh ini sendiri memiliki harga yang selangit apabila sampai di Benua Eropa.

Menurut beberapa penelitian mengatkan kalau cengkeh merupakan rempah-rempah paling tua yang ada di dunia. Karena memang cengkeh sendiri sudah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Cengkeh juga seringkali digunakan sebagai bahan untuk dicampurkan ke dalam masakan.

Selain memiliki fungsi untuk membuat makanan lo lebih sedap, ternyata cengkeh juga memiliki fungsi lain loh. Percaya atau tidak, ternyata cengkeh juga bisa digunakan sebagai obat alergi terhadap udara dingin. Cukup memiliki fungsi yang banyak yaa bro.

Rempah-Rempah Indonesia – Pala

Rempah-Rempah Indonesia. Credit: vebma.com

Masih berasal dari kawasan Maluku, terdapat sebuah rempah-rempah yang memiiki fungsi yang beragam. Rempah tersebut ialah Pala. Indonesia sendiri merupakan negara penghasil Pala terbesar nomor tiga di dunia. Tak heran apabila lo mudah untuk menemukan rempah satu ini.

Selain itu pala sendiri memiliki fungsi yang cukup beragam loh bro. Untuk daging buah pala ini sendiri sering sekali dioah menjadi manisan. Sedangkan bijinya sering juga digunakan sebagai penyedap makanan. Dan sering sekali lo temukan di dapur rumah lo.

Banyak pula dari makanan asli Indonesia yang menggunakan biji pala itu sebagai bahan utama untuk menciptakan sebuah rasa yang nikmat serta gurih.

Rempah-Rempah Indonesia – Andaliman

Rempah-Rempah Indonesia. Credit: resepkoki.id

Merupakan sebuah rempah yang berasal dari Pulau Sumatera, andaliman merupakan sebuah rempah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Suku Batak. Bukan merupakan sebuah rahasia lagi apabila rempah satu ini seringkali digunakan dalam makanan khas Suku Batak bro.

Lo akan menemukan rasa andaliman itu sendiri di masakan Batak seperti ikan arsik, saksang dan sambal tutuk. Cita rasanya yang pedas seperti lad tentunya menjadi alasan lainnya mengapa banyak orang yang beranggap kalau andaliman merupakan lada atau merica Batak.

Karena memang penggunaan dari rempah satu ini pun sering kali akan lo temukan apabila lo berkunjung ke kawasan Tapanuli dan sekitarnya. Bentuknya pun cukup unik apabila masih dalam kondisi mentah, seperti kacang hijau.

Rempah-Rempah Indonesia – Kemukus

Rempah-Rempah Indonesia. Credit: jadimandiri.org/

Ini merupakan salah satu rempah asli Indonesia namun masih banyak dari masyarakatnya sendiri belum mengetahui rempah-rempah ini seperti apa. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan masakan dan banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa.

Bagian dari kemukus itu yang sering dimafaatkan sebagai minyak astiri ialah buahnya. Lalu kemukus ini memiliki manfaat sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi pencernaan, menghilangkan rasa mual dan cegukan.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar pilihan rempah-rempah Indonesia di atas? Semoga bisa menjadi informasi yang bisa membuat lo lebih peka terhadap rempah-rempah yang ada di negeri ini. Selamat beraktifitas bro!

Source 

 

Featured Image: rumahmesin.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Raden Syahid
October 1, 2018 at 10:18 PM

anehny indonesia kaya akan rempah2, knpa masih aj impor, I t


ronaldthomas
October 6, 2018 at 9:53 PM

Indonesian spices facts is that they are really so good and test is really amazing and have some unique kind of spell. UK Dissertation | Buy Dissertation Online


jennifergrace
October 15, 2018 at 3:22 PM

It resembles spicy food - some of the time you need to tone it down so more individuals can appreciate it. In my movements, I likewise saw that children in Thailand like spicy food and children in India love curry. I'm planning to present my child, Hudson, Law Assignment Writing Service to bunch of veggies and flavors when he's young. I say that before he's begun on strong nourishments, so it could be simpler in principle than training!