SEP 26, 2018

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro!

Siapa bilang kalau musim hujan tidak bisa mendaki gunung? Sila simak bahasan kali ini yang akan memberikan lo 12 tips dan trik untuk melakukan pendakian saat musim hujan!


Bagi para pecinta dan pendaki gunung garis keras, baik musim panas atau musim hujan, pasti sikat terus bro! Mendaki gunung sudah menjadi candu untuk mereka. Untuk mereka, para petualang – segala rintangan saat mendaki gunung adalah proses menuju kedewasaan, dan mengenal diri mereka sendiri, sampai mereka mendapatkan bonus di dalam hidupnya, yaitu segala keindahan alam yang bisa dilihat dari puncak gunung tersebut.

Namun, soal tantangan dan rintangan yang disediakan alam, terkadang manusia atau para petualang ini juga tidak bisa berbuat banyak untuk menghadapinya. Akan tetapi, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dihindari dengan mengikuti beberapa tips dan trik yang akan dibahas di bawah ini.

Musim hujan, konon katanya adalah salah satu waktu yang membatasi lo dengan keinginan untuk naik gunung. Siapa bilang jika musim hujan bisa menahan lo untuk mendaki gunung? Berikut 12 tips dan trik untuk lo agar bisa tetap mendaki gunung saat musim hujan.

Persiapan Lebih Matang: Wajib Hukumnya!

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: intrepidtravel.com

Tidak ada pendakian yang tidak dipersiapkan dengan matang, sekalipun ke gunung yang mudah untuk didaki. Terlebih saat musim hujan, tentu akan selalu ada persiapan-persiapan matang yang harus lo lakukan sebelum berangkat. Persiapan utama adalah kondisi badan.

Perbanyak minum air putih, asupan vitamin c yang cukup kemudian latihan fisik yang membuat stamina serta daya tahan tubuh meningkat adalah rangkaian dari persiapan yang lebih matang untuk lo mendaki gunung saat musim hujan.

Pilih Gunung Dengan Jalur Pendakian Singkat

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: thelakedistrictwalker.co.uk

Hal ini terkait dengan momen saat lo mulai pendakian dari base camp atau high camp dari gunung tersebut, lo tidak perlu untuk sampai membongkar tenda terlebih dahulu. Musim hujan akan membuat lo mendaki dengan tek-tok, artinya begitu sampai, lo bisa langsung turun dari puncak.

Berkemah saat musim hujan mempunyai kesulitan tersendiri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak nyaman tersebut, lo perlu memilih gunung dengan jalur pendakian yang singkat, sehingga lo mempunyai waktu pendakian yang cepat. Gunung Gede Pangrango adalah salah satu yang direkomendasikan.

Pelajari Jalur: Hindari Jalur yang Mempunyai Resiko Tinggi

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: placesyoullsee.com

Sesudah lo memilih gunung mana yang mempunyai jalur pendakian singkat, saatnya lo pelajari jalur pendakian tersebut. Hal ini dapat memberikan lo pengetahuan resiko apa saja yang akan lo hadapi saat mendaki di dalam jalur tersebut.

Memelajari jalur pendakian juga dapat mempersingkat waktu pendakian lo, karena lo sudah bisa mengira dengan tepat bagaimana tingkat kesulitan yang ada di jalur pendakian gunung tersebut. Hindari jalur-jalur yang beresiko tinggi seperti bahaya tanah longsor dan bebatuan terjal yang licin.

Cek Data Dari BMKG

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: hikeandcycle.com

Sebelum lo berangkat untuk pendakian tersebut, ada baiknya lo selalu cek data terbaru untuk lokasi pendakian lo itu. Situs BMKG selalu menyajikan data-data kondisi cuaca yang terbaru. Oleh karena itu, karena juga sudah bisa diakses melalui smartphone, jangan malas untuk cek data terbaru tentang kondisi cuaca di jalur pendakian tersebut, ya!

Pilih Perbekalan yang Secukupnya

Membawa perbekalan lebih akan berakibat fatal jika lo tidak bisa membawanya di jalur pendakian, terlebih saat musim hujan karena jelas jalur pendakian akan meningkat beberapa kali lipat kesulitannya. Oleh karena itu, sepertinya lo harus memilih-milih barang bawaan yang berguna saja yang harus lo bawa.

Lapisi Tas Dengan Kantung Kedap Air

Agar air hujan tidak rembes masuk ke dalam tas, lapisi tas lo dengan menggunakan kantung kedap air. Biasanya, tas keril sudah dilengkapi dengan kantung kedap air. Namun, jika lo tidak punya kantung tersebut, lo bisa menggunakan trash bag, kantung plastik kresek yang besar dan hitam tersebut bisa menjadi penyelamat barang-barang lo di dalam tas agar tidak basah saat terkena air hujan.

Pastikan Mengaplikasikan Teknik Layering Dengan Tepat

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: rei.com

Untuk lo yang sudah paham dengan teknik layering dalam berpakaian, lo akan tetap bisa melanjutkan perjalanan pendakian lo dengan mantap walau tengah hujan. Jika lo bisa menggunakan teknik ini dengan tepat, lo tidak perlu takut kebasahan dan bisa menjaga tubuh lo tetap hangat dalam pendakian tersebut.

Ponco dan Boonie Hat

Dua gear ini adalah gear yang terkadang dilewatkan para pendaki karena menurut mereka tidak perlu-perlu amat dibawa. Padahal, jas hujan ponco dan boonie hat adalah salah satu gear yang bisa menyelamatkan lo dari basahnya air hujan saat pendakian.

Say No to Sendal: Yes For Boots

Jalur pendakian biasanya akan menjadi becek saat musim hujan, dan salah besar jika lo malah menggunakan sendal untuk melewati lumpur yang ada di jalur pendakian tersebut. Oleh karena itu, sepatu boots kulit yang anti air adalah salah satu gear yang direkomendasikan untuk lo yang akan mendaki gunung saat musim hujan.

Use Trekking Pole

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: gizmodo.com.au

Kadang dua gagang panjang ini menjadi salah satu gear yang tidak menjadi bawaan utama saat mendaki gunung. Jalur bebatuan atau tanah yang licin karena hujan akan bisa lo lewati dengan mudah saat menggunakan trekking pole. Gear ini akan menjaga keseimbangan lo saat mendaki sehingga bisa mempercepat waktu perjalanan lo.

Plas Chamois, Kanebo dan Spons

Terdengar remeh memang membawa kanebo atau spons saat pendakian di musim hujan. Tapi siapa sangka jika alat-alat ini akan membantu lo mengurangi lembab dan resiko masuk angin atau menggigil karena kedinginan.

Sabar, Masih Ada Waktu Pendakian yang Lain

12 Tips dan Trik Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Maju Terus Pantang Mundur Bro! credit photo: switchbacktravel.com

Terakhir, kalau memang keadaan atau cuaca musim hujan benar-benar tidak memungkinkan lo untuk mendaki gunung, saatnya lo menerima keadaan untuk menunda waktu pendakian. Namun, jika lo sudah yakin dan berani untuk mengambil berbagai resiko yang ada, so go on bro!

Wah bagaimana nih? Dari berbagai tips dan trik di atas, semoga bisa membantu lo dalam pendakian saat musim hujan, ya!

 

Source

Feature Image - outsidepursuits.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Raden Syahid
September 28, 2018 at 9:59 AM

dan jgan sampe lupa, bukan hanya peralatan, lokasi,dan medan saja tapi jga komdisi fisik jga harus dipersiapkan


Margaret Jones
November 19, 2018 at 7:15 PM

Mungkin ada tiga masalah yang sangat jelas: exhastion, hypothermia atau aksi hangat. Ini relevan untuk iklim Anda telah cukup rileks, dan iklim Anda berpakaian sesuai dengan iklim seperti yang dikatakan oleh assignment help UK . Keprihatinan lain, seperti kaki yang rusak (atau trauma lain) (disebabkan oleh slip) meningkat oleh kebenaran bahwa Anda sering lebih dari satu kali pergi (mungkin hingga beberapa kali) dari perawatan kesehatan yang ditentukan. Anda mungkin harus mengatur kaki yang rusak sendiri dengan pelatihan pembinaan pertolongan pertama yang terbatas (biasanya merupakan kegiatan luar biasa untuk pertolongan pertama), dan mencekik korban sendiri, atau memindahkan rentang yang sangat besar untuk menyadari bukit menyimpan kebutuhan Anda, berbeda hampir tidak akan pernah Anda miliki indikasi telepon seluler.