SEP 29, 2018

5 Pilihan Kuliner Khas Kalimantan Timur yang Siap Menggoyangkan Lidah Lo!

Tak disangka ternyata Kalimantan Timur memiliki deretan kuliner yang nikmat nih bro. Enggak percaya, langsung saja cek informasinya di bawah ini. Semoga bermanfaat yaa!


Berkunjung ke sebuah tempat tentunya kan semakin seru lagi apabila lo bisa untuk menyempatkan waktu mencicipi makanan khas kawasan tersebut. Nah, ketika lo berkunjung ke Kalimantan Timur, tentunya terdapat beberapa pilihan kuliner yang tentunya memiliki cita rasa yang unik serta mampu menggoyang lidah lo. Tak heran apabila dari para wisatawan yang sudah menghampiri Kalimantan Timur memiliki kesan yang positif akan kulinernya.

Indonesia sendiri memang merupakan sebuah negara yang cukup kaya akan alam serta budayanya, namun jangan lupa akan kuliner yang dimiliki. Karena hamper dari setiap wilayah yang ada di dalam kawasan negeri ini memiliki cita rasa yang berbeda. Tentunya patut untuk lo coba, oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai kenikmatan kuliner Kalimantan Timur yang jangan sampai terlewatkan untuk dapat lo cicipi.

Memang Kalimantan Timur sendiri terkenal dengan keindahan alamnya yang mereka miliki, tak heran apabila banyak dari para pelancong yang memang benar-benar menyempatkan waktu mereka untuk berkunjung ke wilayah ini karena keindahan pantainya berserta dengan keindahan alam lainnya. Daripada lo semakin penasaran terhadap kuliner yang dimiliki Kalimantan Timur, simak saja informasinya di bawah ini.

Kuliner Kalimantan Timur – Sate Payau

Nikmatnya Sate Payau. Credit: flickr.com

Untuk pilihan kuliner khas Kalimantan Timur yang pertama ialah Sate Payau. Nah, buat lo yang ingin merasakan sate dengan bahan daging yang cukup unik, sate payau ini wajib untuk lo cicipi. Mengapa? Karena daging yang digunakan merupakan daging rusa bro.

Lo bisa mencoba kuliner ini di setiap upacara adatatau festival yang ada di Kalimantan Timur. Karena kemungkinan besar, lo tidak akan mendapatkannya secara mudah. Karena memang daging yang digunakan pun merupakan binatang yang dilindungi. Sehingga penjualanannya tidak bebas.

Berbicara mengenai rasa, tentunya nikmat. Dengan tekstur dagong yang lembut bila lo bandingkan dengan daging sapi dan rasanya pun manis karena memang daging sudah direndam dengan bumbu pilhan dengan waktu yang cukup lama.

Kuliner Kalimantan Timur – Ayam Cincane

Nikmatnya Ayam Cincane. Credit: foody.id

Suka dengan makanan yang berbahan dasar daging ayam, tentunya ayam cincane ini merupakan kuliner yang wajib untuk lo cicipi ketika berkunjung ke Kalimantan Timur. Dari namanya saja sudah cukup menarik bukan, apalagi dengan rasanya bro.

Ayam Cincane sendiri merupakan ayam kampung yang dibakar dan dinikmati dengan sambal tomat. Meski kelihatannya sama dengan ayam pada umumnya, namun sebenarnya ayam ini diolah dan dibumbui dengan bumbu yang berbeda.

Sebelum dibakar, ayam cincane ini biasanya di rebus terlebih dahulu dengan bumbu khusu. Setelah itu dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga kecokelatan. Baru setelah itu dilumuri dengan sambal tomat. Hmm, nikmat bukan bro?

Kuliner Kalimantan Timur – Nasi Bekepor

Nikmatnya Nasi Bekepor. Credit: wisataku.id

Untuk pilihan kuliner khas Kalimantan Timur pertama ialah Nasi Bekepor. Banyak yang beranggapan kalau kuliner ini sendiri cukup sulit untuk ditemukan. Namun menyimpan rasa yang nikmat loh, sehingga tak heran apabila banyak orang yang rela-rela menyempatkan waktu mereka untuk mendapatkan suapan dari Nasi Bekepor.

Nasi Bekepor merupakan nasi putih yang biasanya dicampur dengan ikan asin,rempah-rempah dan minyak sayur. Biasanya disajikan dengan sayur gangan asam kukar yakni sejenis sayr asem yang diolah bersama dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur ataupun daging masak bumi hangus. Jadi buat lo yang ingin mencari kuliner khas Kalimantan Timur yang unik, Nasi Bekepor bisa menjadi pilihan lo.

Kuliner Kalimantan Timur – Gence Ruan

Nikmatnya Gence Ruan. Credit: phinemo.com

Gence Ruan merupakan pilihan kuliner berikutnya di Kalimantan Timur yang patut unutuk lo cicipi bro. Memang kuliner ini pun cukup asing di telinga namun kalau lo sudah melihat dan mencicipinya, secara tiba-tiba nafsu makan lo akan meningkat loh.

Gence Ruan sendiri merupakan ikan gabus atau ikan haruan kalau kata masyarakat local yang dibakar di atas bara api dengan menggunakan bumbu tumis yang banyak. Lalu setelah di bakar ikan ini biasanya akan dilumuri dengan sambal goreng yang enak.

Dengan perpaduan nasi hangat, gence ruan atau gence ikan haruan ini akan menghasilkan rasa yang nikmat. Daun pakis juga bisa menjadi teman yang pas untuk mengisi perut lo yang kosong tersebut. Dinikmati pada saat makan siang ataupun makan malam pun bukan menjadi sebuah masalah.

Kuliner Kalimantan Timur – Sambal Raja

Nikmatnya Sambal Raja. Credit: atapermana.blogspot.com/

Sama halnya dengan Bali, Kalimantan Timur juga memiliki pilihan sambal yang nikmat. Misalkan kalau di Bali terdapat sambal matah, nah sambal raja menjadi pilihan lo di Kalimantan Timur. Ketika berkunjung ke sana, sambal ini jangan sampai terlewatkan yaa

Sambal raja terdiri dari kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, terong ungu dipotong dadu, bawang merah potong, cabai merah dan rawit serta telur rebus yang dicincang-cincang. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan menggorang semua bahan dengan minyak panas dan cabai, terasi, gula dan garam yang dihaluskan. Setelah semua bahan matang, masukkan perasan jeruk cina.

Biasanya warga local menikmati sambal ini dengan campuran nasi hangat serta ikan goreng yang nikmat. Tentunya dengan rasanya yang menggiurkan, satu piring saja tidak cukup bro. Bilamana makanan lo ditemani denga sambal raja, maka kenikmatan yang hakiki selalu akan menemani lo.

Jadi bagaimana bro dengan pilihan kuliner khas Kalimantan Timur di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan ketika ingin merasakan kuliner di sana yaa. Yang terpenting ialah untuk jangan berhenti bereksplorasi bro, karena dunia ini tidak sesempit itu dan masih banyak hal baru di luar sana yang perlu untuk lo taklukan!

Source

 

 

 

Featured Image: phinemo.com

 


Please login to comment
6 COMMENTS
Hendy Nugroho
October 2, 2018 at 4:42 AM

Muantappp


sarahtaylor
October 20, 2018 at 12:37 PM

These recipes are looks very delicious but I am looking video tutorial do you have video related blogs if you have then please must share. Dissertation Services - DissertationHouse


Megan Taylor
October 25, 2018 at 2:15 PM

I believe there are many more pleasurable opportunities ahead for individuals that looked at your site.


Megan Taylor
October 25, 2018 at 2:17 PM

I wish to show thanks to you just for bailing me out of this particular trouble.As a result of checking through the net and meeting techniques that were not productive, I thought my life was done. Get Dissertation Writing Services UK By British Dissertations Help


Aadil khan
November 16, 2018 at 6:47 PM

the game thanjs


Kellim
November 17, 2018 at 4:30 PM

When you go somewhere or even do travelling in different parts of the world then you see the different and delicious food everywhere I hear lot about Indonesia it is very rich in nature and also there food these. This food mentioned in the above look very tasty and delicious I wanted to try these in my home can anyone have recopies of this dishes after do my university assignment for meI’ll try to make this for me and my family.