SEP 9, 2018

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih!

Gunung Merbabu memang salah satu gunung dengan keindahan alam yang luar biasa di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Oleh karena itu, untuk lo yang akan mendakinya - sila perhatikan sejenak tujuh aturan dasar untuk mendaki Gunung Merbabu, ya!


Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang ada di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa, merupakan salah satu gunung yang sudah terkenal dan populer untuk pendakian. Tidak hanya petualang dari dalam negeri saja yang semangat untuk mendaki gunung tersebut, tetapi juga para petualang dari mancanegara.

Memiliki ketinggian 3.142 mdpl, Gunung Merbabu sebenarnya cukup menguras tenaga para pendaki, khususnya para pendaki pemula. Memiliki beberapa jalur pendakian, para pendaki pemula sebaiknya mengetahui jalur mana yang cocok untuk mereka.

Jalur pendakian via Selo adalah salah satu yang populer di antara banyaknya jalur pendakian ke Gunung Merbabu. Karena sudah terkenal dan populer, setidaknya sudah banyak yang pernah mendaki dari jalur tersebut sehingga untuk lo yang pemula, lo bisa ikut jalur tersebut karena tinggal mengikuti kelompok pendaki lo saja di sana.

Nah, sebelum mendaki, ada baiknya lo perhatikan dulu nih, tujuh aturan dasar untuk mendaki Gunung Merbabu. Tujuh aturan ini jika diikuti, akan membawa lo ke puncak Gunung Merbabu dengan selamat. Kapan lagi bisa melihat negeri di atas awan dari Puncak Merbabu?

Aturan Pertama: Untuk Pendaki Pemula, Jangan Pernah Sendirian

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih! credit photo: viapendaki.com

Walau beberapa jalur pendakian Gunung Merbabu cukup ramah bagi para petualang dan pendaki pemula, namun tetap lo tidak bisa mendaki gunung tersebut sendirian. Cuaca yang kerap berubah di sepanjang pendakian lo adalah tantangan yang harus lo lalui.

Jika saat mendaki dan turun hujan, resiko hipotermia adalah salah satu resiko yang perlu lo hadapi, dan jelas tidak bisa sendirian lo menghadapinya. Oleh karena itu, jangan pernah mendaki Gunung Merbabu sendirian. Hal ini juga berkaitan dengan pemahaman lo dengan rute dan jalur pendakian Merbabu. Kalau masih pemula, jangan sombong untuk mendaki sendirian, ya!

Aturan pertama ini akan berkaitan erat dengan peraturan kedua. Oleh karena itu, simak terus aturan-aturan yang perlu lo ketahui sebelum mendaki Gunung Merbabu, ya.

Aturan Kedua: Jangan Terpisah Dari Rombongan

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih! credit photo: ahmadpajalibinzah.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mendaki Gunung Merbabu tidak bisa sendirian. Sekalinya juga dengan rombongan, lo tidak boleh terpisah dari rombongan, baik sebentar apalagi lama! Hal ini berdasarkan cerita dan mistis dari Gunung Merbabu.

Untuk lo yang akan mendaki Gunung Merbabu, sila cari tahu tentang ‘gadis penunggu merbabu’. Gadis penunggu Merbabu adalah sebuah mistis yang sering terjadi terhadap para pendaki. Banyak pendaki yang mengaku terpisah dengan rombongannya karena diajak seorang perempuan cantik untuk mendaki bersamanya.

Pada tahun 2012 lalu, ada seorang pendaki yang terpisah dengan rombongannya karena diajak mendaki bersama oleh ‘gadis penunggu Merbabu’ tersebut. Alhasil, ia ditemukan tertidur di pinggir jurang dan nyaris kehilangan nyawanya. Beruntung pendaki tersebut masih ditemukan oleh rombongan yang mencarinya.

Aturan Ketiga: Patuhi 3 Aturan Dasar Pendakian

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih! credit photo: herejourney.blogspot.com

Dalam dunia petualangan, khususnya mendaki gunung, ada 3 aturan dasar yang harus lo patuhi, yaitu: jangan mengambil apapun kecuali gambar, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan membakar apapun kecuali semangat.

Tiga aturan tersebut memang terbaca sepele, sayangnya – masih banyak para pendaki yang terkadang melalaikannya. Gunung Merbabu pada ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl – terdapat Bunga Edelweiss, yaitu bunga keabadian yang sering sekali dipetik untuk buah tangan. Bro, jangan sembarang petik ya – bunga tersebut harus tumbuh di habitatnya, bukan di dalam vas di rumah lo nanti.

Selain itu, tidak boleh meninggalkan apapun kecuali jejak juga susah sekali diaplikasikan oleh para petualang atau pendaki. Masih saja ada pendaki yang meninggalkan sampah di Puncak Merbabu atau di jalur pendakiannya. Segeralah bawa sampah lo turun dan dibuang ke tempatnya.

Aturan Keempat: There’s no water source at Merbabu

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih! credit photo: priyadidanu.blogspot.com

Kegagalan pendakian saat mendaki Gunung Merbabu biasanya dikarenakan oleh pendaki yang tidak memperhitungkan bawaan air bersih dan air minum. Jika lo mendaki di jalur pendakian Selo, lo tidak akan menemukan sumber air sama sekali.

Oleh karena itu, pastikan lo mengetahui jalur mana yang menyediakan mata air, guna untuk menjadi bekal lo naik ke Puncak Merbabu. Banyak pendaki yang salah perhitungan dalam menggunakan air tersebut sehingga malah terjadi dehidrasi parah saat pendakian.

Jika sudah terjadi seperti itu, pilihannya adalah berbagi air atau turun k epos atau basecamp untuk menghindari resiko lebih besar dari dehidrasi.

Aturan Kelima: Etika Buang Hajat

Menjadi salah satu poin atau aturan yang harus benar-benar lo perhatikan, etika buang hajat dalam pendakian harus lo ketahui dengan benar nih. Setidaknya, lo harus pergi dari jalur pendakian agar tidak mengganggu pendaki lainnya saat lo ingin buang hajat.

Carilah lokasi yang bisa lo gunakan untuk buang hajat, semisalnya semak-semak, atau gali lah lubang sedalam 20-30 cm untuk menampung kotoran tersebut, dan pastikan, lo mempunyai air bersih untuk membersihkannya.

Aturan Keenam: There’s no place for vandalism

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih! credit photo: ghulamarifrizal.wordpress.com

Vandalisme adalah kegiatan yang tidak benar bahkan cenderung kriminal karena pada dasarnya merusak sesuatu yang sudah ada. Pendaki yang melakukan vandalisme di jalur pendakiannya atau di puncak gunung adalah pendaki yang tidak punya etika sama sekali.

Predikat jelek atau buruk pasti sudah dilabeli oleh pendaki lain jika lo melakukan vandalisme atau coret-coret. Bebatuan pegunungan sayangnya suka menjadi spot mereka yang tidak bertanggung jawab dengan menuliskan kata-kata yang seharusnya tidak diucapkan oleh para pendaki.

Aturan Ketujuh: Berkemah di Camping Ground

7 Aturan Untuk Mendaki Gunung Merbabu yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Mulai, Nih! credit photo: zonalibur.com

Jangan asal mendirikan tenda ya bro. Hal ini terkait dengan pengetahuan lo dalam mendaki Gunung Merbabu dan di mana saja tempat yang menjadi camping ground atau camping site untuk lo mendirikan tenda.

Karena tidak semua tempat bisa lo jadikan sebagai camping ground. Bertanyalah pada pihak pengelola pendakian di mana lo bisa mendirikan tenda. Jangan sampai lo mendirikan tenda di tengah-tengah jalur pendakian, ya. Nanti malah lo mengganggu pendaki lain.

Wah bagaimana nih bro? Dari tujuh aturan dasar untuk mendaki Gunung Merbabu yang sudah dijelaskan di atas, apakah lo sudah siap untuk mendaki gunung tersebut? Langsung saja berkemas, cuti dari rutinitas dan berangkat bro!

 

Source

Feature Image - yuliaslovic.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Hendy Nugroho
October 3, 2018 at 8:38 PM

Gunung favorit