SEP 21, 2018

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi

Jeep adalah sebuah kendaraan tangguh yang lekat dengan kata lelaki sejati dan petualangan. Hal ini merujuk ke sebuah filosofi. Wah penasaran bagaimana hubungan antara jeep, lelaki sejati dan petualangan? Simak terus bahasan kali ini!


Konon katanya mobil jeep, selalu identik dengan lelaki jantan yang suka berpetualang – apakah benar hubungan ini? Atau hanya sebuah filosofi yang sudah diyakini sejak lama?

Sebuah kendaraan tentu dibuat dengan maksud mempermudah dan mempercepat sebuah perjalanan yang dilakukan manusia, ya tentu petualang juga seorang manusia. Kenapa ya, sampai saat ini pandangan tentang mobil jeep ini selalu berkaitan dengan lelaki jantan yang berjiwa petualang sejati?

Jika ditilik dari sejarahnya, sebuah kendaraan yang sampai sekarang terkenal dengan sebutan jeep, ada karena sebuah permintaan terhadap militer Amerika Serikat pada tahun 1930an untuk membuat sebuah kendaraan yang bisa digunakan di medan apapun.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: cal4wheel.com

Tonggo Simangunsong di situs Denny Sitohang menyatakan jika pada saat itu, setidaknya ada tiga produsen mobil besar di Amerika yang mencoba bersaing untuk menciptakan kendaraan yang dimaksud. Bantam Car Company, Ford, dan Willys – Overland Motor Company, tiga perusahaan besar yang menggeluti industri otomotif di sana, berjibaku untuk membuat produk yang bisa dipakai saat itu.

Pemerintah setempat yang meminta kendaraan yang bisa digunakan di segala medan akhirnya menunjuk hasil kerja keras Willys untuk digunakan di militer Amerika Serikat. Nama ‘Jeep’ yang ditujukan untuk mobil karya Willys ini mempunyai sejarah tersendiri, lho.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: cars.com

Konon, kata ‘Jeep’ ini berasal dari istilah GP yaitu ‘General Purpose’. Kemudian, cerita lain menjelaskan jika ‘Jeep’ adalah bahasa slang mereka yang mempunyai arti ‘banyak tujuan yang luar biasa’. Karena mobil karya Willys ini bisa berjalan di segala medan, akhirnya jeep lekat dengan kata Willys juga.

Mulai dari sana, jeep terkenal dengan asalnya yang dari Amerika. Kalau begitu, apa hubungannya ya dengan lelaki jantan yang suka berpetualang? Filosofisnya, mereka yang menggunakan jeep saat keadaan berperang, adalah gambaran lelaki sejati.

Mereka berperang membela negara, dan menggunakan mobil tangguh, sehingga penggambaran kendaraan jeep, akan lekat dengan lelaki tangguh, dan lelaki tangguh, biasanya menggunakan mobil jeep. Kurang lebih seperti itu hubungannya. Setidaknya itulah hubungan konotasi dari lelaki dan jeep.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: krisnabaliwatersport.com

Lalu, bagaimana hubungannya dengan petualangan? Jeep dan petualangan biasanya terkait dengan sebuah aksi seru nan menegangkan. Aksi tersebut melibatkan mesin garang dari jeep yang berusaha untuk melewati berbagai tantangan yang ada di alam.

Ya, offroad adalah aksi seru yang dimaksudkan. Offroad, jeep, dan lelaki adalah gambaran yang pantas yang mengaitkan segala hal tersebut dengan petualangan. Dari situs oto.com menyatakan bahwa Mike Manley, Presiden dan CEO Jeep, pernah menyatakan:

Petualangan adalah bagian dari DNA setiap mobil merek Jeep yang pernah dibuat, dan selama rasa keingintahuan setiap orang untuk mengeksplorasi hingga ke ujung bumi dan surga tetap ada, merek Jeep akan terus menginspirasinya untuk pergi lebih jauh lagi.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: justgola.com

Dari pernyataan seorang Presiden dan CEO Jeep, jelas elemen petualangan selalu ada di hasil produksi Jeep tersebut. Petualangan adalah DNA yang tidak bisa terpisahkan dengan jeep. Terlebih dari segi sejarahnya yang sudah dinyatakan seperti itu.

Jadi, sudah dipastikan, seperti yang dinyatakan di situs yang sama ini – bahwa setiap pembeli mobil jeep, tidak akan ada pikiran untuk sekedar jalan-jalan cantik saja, tetapi malah ada unsur dan insting menjelajah, dan berpetualang.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: hollywoodchryslerjeep.com

DNA petualangan dan penjelajah sendiri sudah terlihat dari bentuk fisik dari jeep tersebut. Mempunyai ciri khas tersendiri seperti ground clearance yang tinggi, roda besar, 4x4 dan bertampang maskulin dengan lampu bulat klasik dan tangguh, adalah jeep yang diidamkan oleh banyak para petualang.

Terlebih komponen ban besar dan bukan ban roadster, serta penggerak 4x4nya, membuat jeep semakin tangguh dan dipercaya bisa melewati tantangan apapun di perjalanannya. Nah, hal ini tentu semakin lekat dengan aksi seru yaitu offroad.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: thetorquereport.com

Aksi ekstrem yang penuh adrenalim, offroad bisa jadi hanya digemari oleh para petualang sejati, yang benar-benar mau bersusah payah untuk melewati obstacle alam seperti sungai besar, kubangan lumpur yang dalam, atau bahkan menerabas batuan terjal khas jurang atau pegunungan.

Hal ini berkaitan dengan apa yang diceritakan oleh Toto Widyarto, seorang Vice Chairman Indonesia Offroad Expedition – yang menceritakan sedikit pengalamannya tentang offroad dan jeep di situs CNN Indonesia.

Toto menyatakan bahwa “Kan itu ‘cowok banget’. Kalau dari sisi cowok ya, pasti cewek gampang suka. Faktor psikologis yang normal dan pasti semua mengalami itu. Bohong kalau enggak pernah,”. Tentu penjelasan Toto ini merupakan salah satu wujud bangganya ia terhadap jeep dan offroad yang ia geluti.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: habaranaadventures.com

Toto juga menjelaskan bahwa dengan Jeep, ia bisa melalui berbagai halang rintang, terlebih saat ada yang membutuhkan yang lokasinya tengah terkena bencana. “Kami bisa melakukan sesuatu dengan jeep yang kami miliki. Misalnya ada bencana banjir di Jakarta, gempa Yogya, tsunami Aceh. Coba kalau hobi kita mobil ‘ceper’, ya tidak bisa apa-apa,” ungkap Toto di situs yang sama.

Ungkapan Toto juga sepertinya sejalan dengan Eric Highland dari situs jeepsies.com – ia menceritakan pengalamannya berpetualang keliling berbagai belahan daerah Amerika dengan menggunakan jeep. Di sana, ia menceritakan pengalamannya berpetualang menggunakan jeep ke Texas, New Mexico, Arizona, dan Utah.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: jeepsies.com

Dari keseluruhan petualangannya menggunakan jeep, terlihat dari rekaman foto, ia menggunakan jeepnya untuk menerabas berbagai medan petualangan. Dari gurun pasir sampai bebatuan terjal.

Oh iya bro, buat lo yang sudah punya jeep dan siap berpetualang, ada satu event untuk mereka penggila jeep dan petualangan, yang bisa lo ikuti nih. Jeep Jambore Adventure adalah event jeep di Amerika yang akan mempertemukan lo dengan berbagai pengendara jeep dari berbagai belahan dunia juga.

Relasi Menarik di Antara Jeep, Lelaki, dan Petualangan: Sebuah Filosofi - credit photo: fourwheeler.com

Wah tentu seru sih. Bahkan, karena perjalanan yang mereka tempuh cukup lama dengan mobil jeepnya – mereka sudah memodifikasi jeepnya dengan konsep berkemah. Wah lo bisa berkemah dengan tenda tanpa memijak tanah nih. Simak saja rekaman fotonya.

Wah bagaimana nih bro? Jadi setuju sudah ya dengan hubungan jeep, lelaki sejati dan petualangan. Untuk lo yang belum punya, sabar bro – kerja keras akan membayar hal itu semua dengan tunai! Oh iya, untuk lo yang penasaran bagaimana offroad dengan jeep, Super Adventure punya program yang bernama Monster Road 2018 – The First Urban Offroad Ever in Indonesia. Let’s check it out!

 

Feature Image - jillwiley.com

 

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
October 20, 2018 at 10:25 AM

Sangat menarik