SEP 26, 2018

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018

Banyak faktor yang bisa menjadi penentu dari kopi terbaik yang kaya akan cita rasanya tersendiri. Nah, bahasan kali ini akan memperlihatkan lo 10 biji kopi arabika terbaik di dunia tanpa urutan tertentu. Hmm, kopi Indonesia masuk ke dalam daftar biji kopi arabika terbaik di dunia gak ya?


Ketika berbicara soal kopi, faktor terbesar yang membuat kopi tersebut terbilang mantap adalah preferensi pribadi. Sebagai contohnya aja, beberapa orang memilih tingkat keasaman yang bernada seperti anggur atau buah-buahan, sedangkan sebagian lainnya tidak. Beberapa faktor lainnya ada seperti kondisi alam tempat kopi tumbuh, lama panen kopi, metode pengolahan kopi, dan masih banyak lagi.

Di bahasan kali ini akan menampilkan daftar 10 biji kopi arabika terbaik di dunia, tanpa urutan tertentu. Dengan preferensi yang bersifat subyektif, daftar ini mempertimbangkan sederet faktor yang membuat kopi populer dan terbilang nikmat. Penasaran negara mana saja yang memiliki biji kopi arabika terbaik di dunia? Dan, ada kah kopi Indonesia yang masuk ke dalam daftarnya? Langsung aja deh bro lo lihat daftar 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018 ini!

Kopi Antigua Guatemala

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: cf.jiraygroup.com

Antigua dikenal sebagai biji kopi varietas arabika catuai, caturra dan bourbon yang berasal dari Guatemala. Kopi premium yang memiliki rasa pedas yang kaya dan lembut ini tumbuh di ketinggian lebih dari 4.600 kaki (1402 meter) di atas permukaan laut. Untuk menikmati biji kopi Antigua ini direkomendasikan dengan dark roast yang menciptakan secangkir kopi hangat dengan rasa smokey.

Kopi Harrar Ethiopia

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: espressocoffeeguide.com

Pedas, harum dan berbobot tebal adalah karakteristik dari kopi Harrar asal Ethiopia yang berjenis arabika ini. Biji kopi liar dan eksotis ini tumbuh di bagian selatan Ethiopia pada ketinggian sekitar 4.500 dan 6.300 kaki (1372 dan 1920 meter) di atas permukaan laut. Proses pengeringan alami biji kopi terbaik ini menciptakan rasa buah seperti anggur merah kering yang berani dengan intensitas aroma memabukkan yang kaya dan pedas. Kompleksitas bernada rempah-rempah yang ditampilkan biji kopi Harrar Ethiopia ini termasuk aprikot, kapulaga, kayu manis dan selai blueberry.

Kopi Kenya AA

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: givingowl.com

Salah satu biji kopi premium terbaik di dunia adalah kopi Kenya AA yang memamerkan keutuhan cita rasa yang kuat. Aroma yang dimiliki kopi Kenya AA adalah bernada bunga dengan nuansa berry dan sitrus. Kopi Kenya AA ini tumbuh di dataran tinggi Kenya pada ketinggian lebih dari 2.000 kaki (610 meter) di atas permukaan laut.

Kopi Kona Hawaii

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: weaverscoffee.com

Biji kopi terbaik dari Hawaii yang dikenal sebagai kopi Kona ini merupaka biji kopi berjenis arabika. Ditanam di Lereng Mauna Loa dan Gunung Api Hualalai, dan tumbuh di ketinggian sekitar 2.000 kaki (610 meter) di atas permukaan laut. Cita rasa yang dimiliki kopi Kona ini dikenal dengan rasanya yang kaya tetapi ringan dan lembut dengan aroma yang kompleks.

Kopi Mandailing Sumatera

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: timrowcoffee.com

Kedahsyatan kopi Indonesia dari Sumatera yang dikenal sebagai kopi mandailing atau mandheling ini emang udah dikenal ranah internasional bro. Biji kopi yang ditanam di wilayah Lintong, dekat Danau Toba, ini memiliki cita rasa yang halus dan dengan tingkat keasaman rendah. Selain itu juga, dengan rasanya yang manis dengan aroma yang kompleks, menjadikan kopi mandailing asal Sumatera ini pilihan terbaik untuk kopi dengan keasaman rendah.

Kopi Mocha Java

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: lostdogcoffee.com

Biji kopi terbaik yang satu ini merupakan campuran antara Mocha Arab (Yaman) dan kopi arabika Jawa Indonesia. Berdasarkan sejarahya, kopi Mocha Java ini gak sengaja tercampur di lambung kapal yang tiba dari Pulau Jawa di Pelabuhan Yaman. Ketidak sengajaan ini menghasilkan campuran biji kopi yang berpadu dengan baik, menciptakan secangkir minuman kompleks namun disempurnakan.

Kopi Nicaraguan

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: coffeecrafters.com

Biji kopi asal Nikaragua ini merupakan pendatang baru di tahun ini ke dalam daftar kopi terbaik di dunia. Negara bagian Amerika Tengah ini telah mengembangkan sejumlah kopi yang dinilai tinggi. Kopi Nikaragua ini menunjukkan cita rasa coklat yang menyerupai kakao dan buah-buahan seperti apel dan beri.

Kopi Tanzania Peaberry

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: matchmadecoffee.com

Biji kopi Tanzania Peaberry ini adalah jenis kopi arabika yang berukuran medium dan cita rasa yang dalam dan kaya. Kopi terbaik dari Tanzania ini tumbuh di Pegunungan Kilimanjaro dan Meru memiliki rasa keasaman buah yang menyegarkan. Lo akan merasakan rasa buah seperti nanas, jeruk atau kelapa yang lembut dan terkadang sedikit memberikan rasa anggur di langit-langit mulut. Untuk menikmati biji kopi Tanzania Peaberry ini lo bisa mencoba racikan medium roast yang akan memberikan aroma yang kaya dan kompleks.

Kopi Toraja Sulawesi

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: pampress.com

Biji kopi yang tumbuh di dataran tinggi Sulawesi Tenggara ini dikenal atas keseimbangan cita rasanya yang penuh dan kaya. Dengan tingkat keasaman rendah tetapi dinamis, kopi berjenis arabika ini menyuguhkan rasa yang menyerupai dark chocolate dan buah matang. Dengan cita rasa yang mirip dengan kopi khas Sumatera, kopi Toraja menggunakan metode penggilingan giling basah, dan direkomendasikan proses dark roast.

Kopi Yirgacheffe Ethiopia

Suka Kopi Jenis Arabika? Ini Dia 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018. Photo Credit: onevillagecoffee.com

Berasal dari Ethiopia, biji kopi Yirgacheffe dikenal dengan rasa dan aroma yang manis dengan ukuran yang relatif ringan. Biji kopi ini menghasilkan cita rasa keasaman dan rasa yang kuat, bersih dan kompleks yang meninggalkan aftertaste sedikit pedas. Biji kopi Yirgacheffe, salah satu yang terbaik dari Ethiopia, ini tumbuh di ketinggian 5.800 hingga 6.600 kaki (1.768 sampai 2.012 meter) di atas permukaan laut yang kemudian diproses basah.

Gimana tuh bro menurut lo daftar 10 Pilihan Biji Kopi Terbaik Dunia di Tahun 2018 yang ada di atas? Setuju kah? Tentunya sebagai orang Indonesia, kita semua patut bangga akan prestasi kopi Indonesia di kancah dunia! Selamat menyeduh secangkir kopi panas bro.

 

Source


Please login to comment
2 COMMENTS
michaellhog
October 2, 2018 at 6:20 PM

I was looking for some information on most excellent coffee beans in 2018 and this article solved my all problem. I just have to ask a question can I share this blog for Custom Essay Writing will you allow?


Hendy Nugroho
October 3, 2018 at 8:29 PM

Nice info