SEP 13, 2018

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam!

Sudah siap berakhir pekan dengan berkemah? Sudah siap juga dengan segala peralatan dan tendanya? Eits, kalau belum siap tendanya, sila simak bahasan tentang 9 jenis tenda untuk lo menyatu dengan alam, nih!


Bro, bagaimana nih perjalanan menuju akhir pekan? Sudah lo tentukan, apakah eksplorasi perkotaan, atau mencoba menyatu dengan alam? Kalau lo sedang penat sekali dengan segala aturan dan rutinitas harian, pilihan menyatu dengan alam adalah salah satu yang bijak, bro.

Nah, untuk lo yang ingin menyatu dengan alam, atau berkemah – entah di camping ground perbukitan hijau, di lebatnya hutan pinus atau di ketinggian tertentu sebuah pegunungan, hal dasar yang perlu lo ketahui adalah jenis-jenis tenda nih.

Kalau begitu, sebaiknya lo simak terlebih dahulu nih ada 9 jenis tenda yang bisa menyesuaikan kebutuhan lo untuk menyatu dengan alam nih. Oh iya, jenis-jenis tenda ini juga bisa lo pilih sesuai dengan kontur tempat di mana lo akan bermalam, ya.

Tenda Kubah (Dome)

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: phinemo.com

Sebagai salah satu jenis tenda yang paling banyak digunakan oleh para petualang, tenda kubah atau dome adalah salah satu jenis tenda yang paling populer. Memiliki ciri khas pada bentuk melengkung pada tiang-tiang penyangganya, tenda jenis ini cocok sekali untuk lo bawa ke spot petualangan yang tidak memiliki cuaca ekstrim.

Keunggulan dari tenda ini adalah mudah mendirikannya, bentuk depan yang bagus, jumlah penyangga yang lebih dari tiga, dan juga memiliki harga yang paling murah dari yang paling sering digunakan. Sayangnya, tenda ini tidak bertahan lama di cuaca angin kencang dan salju.

Tenda Kubah Pop-up

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: indonesian-store.resmart.info

Kalau lo ingin yang praktis saja, tenda kubah pop up adalah jawaban yang paling tepat bro. Akhir-akhir ini, tenda jenis kubah pop up ini sering sekali digunakan oleh para petualang modern dan millennial untuk dijadikan tempat istirahat saat dalam perjalanan.

Mudahnya mendirikan tenda ini hanya tinggal membukanya saja bro, tenda ini akan berdiri dalam beberapa detik kemudian. Umumnya tenda ini tidak terlalu besar, bahkan hanya cukup satu-dua orang saja. Namun, lo perlu merogoh kocek lebih dalam karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis tenda sebelumnya.

Tenda Tunel

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: devup.me

Bro, untuk lo yang tengah akan berkemah dengan teman-teman petualangan dan seperjalanan lo serta ingin terus bersama, tenda tunel adalah pilihan yang tepat untuk lo dirikan nih. Seperti namanya, tenda ini seperti membentuk terowongan memanjang dan memberikan ruang yang lebih.

Nah, bentuknya yang besar, tentu tenda ini lebih berat dari dua jenis tenda sebelumnya dan tidak terlalu tahan dengan angin kencang. Pemasangan tenda ini juga memakan waktu lebih lama, dan juga memerlukan lebih dari satu orang untuk mendirikan jenis tenda ini.

Tenda Quick Pitch

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: yuukeren.blogspot.com

Tenda jenis ini mempunyai desain yang relatif baru dan lebih modern dari jenis tenda sebelumnya. Tenda Quick Pitch ini diminati banyak petualang karena kemudahannya untuk didirikan. Pemasangannya yang mudah cocok untuk lo yang ingin solo traveling karena bisa didirikan dengan satu orang saja.

Nah, tentu tenda dengan kelebihan ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis tenda sebelumnya. Ruang yang terbatas membuat tenda jenis ini tidak bisa digunakan untuk beramai-ramai.

Tenda Ridge

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: canvastentshop.com

Tenda dengan gaya relatif klasik ini adalah salah satu jenis tenda yang paling populer di masa sekolah bro! Setiap ada perkemahan sabtu minggu, tenda jenis ini pasti mudah ditemukan. Jenis tenda ridge ini mudah populer dan disenangi banyak kalangan petualang karena desainnya yang kokoh.

Namun, perlu lo ketahui nih bro kalau jenis tenda ini ternyata mengurangi ruang penyimpanan dan ruang untuk tidur karena memiliki dinding yang miring. Kemudian dengan desain yang klasik atau terkesan kuno, tenda jenis ini mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jenis tenda sebelumnya.

Tenda Geodesi dan Semi-Geodesi

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: alumunium-partytents.com

Mirip dengan tenda kubah namun tenda geodesi dan semi-geodesi memiliki tiang tambahan yang saling silang sehingga menciptakan area dalam yang lebih luas dan struktur yang lebih kuat. Tenda ini dinilai tahan akan angin dan hujan kencang dan tidak mudah roboh.

Namun, tenda canggih dan kuat ini mempunyai harga yang lebih mahal serta beban bobotnya yang lebih berat dibandingkan dengan tenda sebelumnya, menjadikan tenda ini tidak banyak yang menggunakan karena hal-hal tersebut.

Tenda Inflatable (Udara)

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: memphite.com

Tenda yang tidak memiliki tiang ini adalah salah satu bentuk modernisasi alat-alat perkemahan, lho. Cara mendirikan tenda ini adalah cukup memberikan angin yang banyak ke dalam panel yang berongga, sehingga panel tersebut memiliki struktur dan kaku.

Akan tetapi, tenda ini memiliki bobot yang berat, harga yang cukup mahal dan untuk mencari yang ukuran sangat besar susah sekali utnuk dicari. Oleh karena itu, cukup jarang tenda ini digunakan di spot petualangan yang ekstrim.

Tenda Keluarga

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: backpackingmastery.com

Tenda ini mempunyai ruang multi kamar tidur dengan pintu masuk yang terpisah sehingga membuat privasi lo terjaga. Meskipun namanya tenda keluarga, tetapi tetap bisa lo pakai untuk teman-teman lo juga bro.

Walau dapat menampung banyak orang dalam satu tenda, namun pengaturan pemasangan tenda ini lebih sulit lho. Memiliki beban bobot yang berat dan harganya yang mahal, tenda ini lebih sering digunakan untuk glamping.

Tenda Lonceng

Berikut 9 Jenis Tenda yang Buat Lo Siap Untuk Menyatu Dengan Alam! credit photo: belltent.com.au

Tenda lonceng memiliki ciri khas yaitu tiang yang melintang ditengah dengan panel berbahan kanvas yang disampirkan disekelilingnya. Tenda yang bebahan kanvas merupakan pengatur suhu yang efektif dan digunakan saat musim panas.

Sayang sekali tenda ini tidak cocok untuk lo bawa ke alam terbuka, hal ini berpengaruh terhadap bahan kanvas yang ada di tenda ini. Ditambah, bobot tenda ini yang cukup berat dan harganya yang mahal.

Wah bagaimana bro? Sudah tahu akan pergi ke mana dengan tenda yang seperti apa? Sila langsung saja berkemas dan selamat menikmati alam bebas!

 

Source

Feature Image - sunset.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!