SEP 28, 2018

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional

Dari sekian banyak kamera yang bagus dan bisa lo pilih untuk lo jadikan kamera andalan ketika lo traveling, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah sederet kamera yang direkomendasikan para fotografer profesional yang bagus dan bisa lo andalkan ketika lo traveling.


Melakukan traveling udah pasti kurang lengkap tanpa mendokumentasikan perjalanan lo, setuju gak bro? Dari sekian banyak kamera yang bagus dan bisa lo pilih untuk lo jadikan kamera andalan ketika lo traveling, banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Nah, kalau lo masih bimbang dan galau kamera untuk traveling, bahasan kali ini akan kasih info lo kamera yang bagus untuk lo andalkan ketika traveling, versi rekomendasi para fotografer profesional. Penasaran kamera apa aja tuh bro? Nih, silahkan lo lihat sendiri daftarnya!

Fujifilm X-Pro2

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: toolsandtoys.net

Rekomendasi kamera Fujifilm X-Pro2 ini berdasarkan pendapat Pete Souza yang merupakan jurnalis foto dan mantan fotografer ‘White House’. Menurutnya, kehebatan kamera traveling ini antara lain: ringan, dapat menghasilkan file digital yang bagus, serta harganya yang wajar untuk kualitasnya.

Untuk mendapatkan shot keren dengan kamera ini biasanya terjadi sekitar 2 jam pertama di cahaya pagi hari serta 2 jam terakhir di cahaya malam hari. Selain itu juga ketika cuaca benar-benar buruk, seperti hujan, kabut ataupun salju.

Canon EOS-1D X Mark II

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: ephotozine.com

Bagi Sean Murphy, seorang fotografer periklanan dan petualangan, kamera Canon EOS-1D X Mark II dapat membantunya yang berkreasi di luar elemennya. Dengan frame rate yang sangat cepat dan bekerja dengan baik ketika Sean Murphy harus bertindak cepat.

Kamera traveling ini bisa diatur di ISO tertentu yang dapat mengakomodasi berbagai skenario pencahayaan dengan menggunakan lensa serbaguna. Berdasarkan Sean Murphy, dia biasa memotret dalam mode manual, dan Canon EOS-1D X Mark II dapat membantunya siap sedia untuk memotret sepersekian detik.

Fujifilm X100F

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: fstoppers.com

Kamera Fujifilm X100F yang memiliki tampilan klasik, kecil namun canggih menjadi andalan Wyatt Gallery, seorang travel photographer. Menurut Wyatt Gallery, kamera Fujifilm X100F mudah dibawa, adaptor lensa ringkas yang dapat membuat sudut lebar atau lebih telefoto, serta pengontrolan yang serupa dengan kamera film menjadi poin menariknya.

Dengan kehebatan kamera Fujifilm X100F, lo akan bisa mengambil foto dengan jarak yang benar-benar dekat. Selain itu juga lo dapat mengirimkan foto langsung ke smartphone lo, jadi lo bisa langsung membagikan hasil jepretan lo ke Instagram dengan mudah.

Leica M-A

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: casualphotophile.com

Seorang fotografer arsitektur dan juga kontributor Condé Nast Traveler, Adrian Gaut, memilih kamera Leica M-A sebagai rekomendasinya untuk kamera traveling. Hal ini dikarenakan Adrian Gaut merasa bahwa menjauh dari kamera digital itu sangat menyegarkan. Buatnya, hal yang paling penting adalah memikirkan setiap exposure dan terhubung kembali dengan keajaiban hasil cetak film yang memuaskan.

Dengan kamera Leica M-A ini, Adrian Gaut berkata setiap gambar yang didapatnya memuaskan dengan ketidaksempurnaan yang bahkan menjadikan hasil foto lebih berarti. Karena momen singkat dimana semuanya sejajar yang membuat gambar menjadi lebih kuat.

Canon EOS 5D Mark IV

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: expertreviews.co.uk

Rekomendasi berikutnya adalah dari seorang portrait photographer, Ian Spanier, yang memilih Canon EOS 5D Mark IV sebagai andalannya. Demi gak kehilangan kesempatan bagus untuk menangkap sebuah momen, Ian Spanier selalu membawa Canon EOS 5D Mark IV beserta lensa 24-70 mm bersamanya.

Ian Spanier menyarankan bahwa setiap fotografer perjalanan adalah melakukan yang terbaik untuk memotret apa yang dilihatnya. Dimana fotografernya akan melihat dunia dengan sudut pandang berbeda dari yang dilihat orang lain. Jadi, Ian Spanier mengatakan dorong lah diri lo untuk menjadi unik.

Nikon D850

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: digitaltrends.com

Kunci daripada menciptakan sebuah hasil foto yang keren menurut Brian Finke, seorang fotografer kontributor Condé Nast Traveler, adalah dengan menggunakan kamera yang lo sukai dan nyaman untuk lo sepanjang waktu.

Baginya, kamera yang bisa mewujudkan itu adalah Nikon D850 yang sudah akrab di tangannya. Hal yang dia sukai dari Nikon D850 adalah pada format, kualitas warna, serta sangat responsif. Maka dari itu, Brian Finke memilih Nikon D850 sebagai kamera travelingnya, agar kualitas dan kepuasan saat mengambil foto dapat terus terjaga.

Leica Q

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: jaycassario.com

“Leica Q, sebuah kamera kecil namun luar biasa kehebatannya”, begitulah kata Jennifer McClure seorang fotografer seni rupa dan dokumenter. Banyak alasan yang membuat Jennifer McClure memilih Leica Q sebagai pilihan kamera travelingnya. Lensa wide angle dari kamera ini memungkinkan untuk mendapatkankan pemandangan yang menyeluruh.

Selain itu, tombol fungsi dari kamera ini juga dapat disesuaikan dan mudah diakses sehingga dapat digunakan dengan cepat. Jadi, kamera ini dapat dengan mudah dikontrol pengaturan eksposurnya dengan menekan tombol sederhana. Kehebatan utama dari Leica Q yang paling dikagumi Jennifer McClure adalah fokus layar sentuh LCD serta shutter release option.

Sony α7 II

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: eoshd.com

Kamera Sony α7 II ini direkomendasikan oleh Ty Foster yang merupakan seorang fotografer hewan. Menurut Ty Forster, kamera Sony α7 II menjadi pilihannya karena stabil, ringkas dan mudah dibawa kemana pun. Kehebatan kamera Sony α7 II biasanya Ty Forster padukan dengan memasangkannya dengan kamera film 35mm Widelux.

Untuk mendapatkan hasil foto yang keren, Ty Foster menyarankan untuk menempatkan diri di momen itu dan tangkap emosi yang ada dibandingkan landscape-nya. Dan bagi Ty Foster, kamera Sony α7 II bisa membantunya mendapatkan hal tersebut.

Sony RX100

9 Rekomendasi Kamera Traveling Berdasarkan Fotografer Profesional. Photo Credit: expertreviews.co.uk

Sony RX100, sebuah kamera yang sangat serbaguna dengan fungsi manualnya, begitulah kata Kareem Black seorang commercial photographer. Selain itu juga, ukurannya yang kecil, dapat dioperasikan dengan cepat serta harganya yang murah menjadi alasan lainnya yang membuat Kareem Black merekomendasikan kamera ini.

Jika lo bukan fotografer profesional, lo bisa menetapkan pengaturannya pada fungsi otomatis. Kamera traveling ini dapat melakukan pekerjaan yang cukup baik melalui masalah dengan pencahayaan yang ringat dan sederhana. Jadi, lo bisa dengan nyaman berkonsentrasi pada pemandangan yang ingin lo potret.

 

Source

Feature Image – nomadisbeautiful.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Hendy Nugroho
October 5, 2018 at 9:40 PM

Nice info min


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
October 20, 2018 at 10:25 AM

Sangat menarik