SEP 6, 2018

Coffee Lovers, Kenali Dulu 5 Tipe Mesin Kopi Ini Sebelum Lo Belajar Meracik Kopi Sendiri

Sebagai pecinta kopi sejati, menikmati secangkir kopi gak harus dinikmati di kedai kopi, betul gak bro? Tentunya juga, lo pasti ingin belajar untuk meracik kopi yang nikmat seperti para barista. Nah, sebelum lo membeli mesin kopi espresso, sebaiknya lo kenali dulu deh 5 tipe mesin kopi espresso di bawah ini agar lo gak salah pilih!


Menikmati secangkir kopi yang bercita rasa mantap, gak harus lo nikmati di kedai kopi kan, bro? Pada dasarnya, segala jenis minuman berbahan dasar espresso ini sebaiknya dibuat dengan menggunakan mesin espresso. Sederhananya aja, hal ini agar biji kopi yang dihasilkan dari proses ekstraksi itu lebih berkualitas dan nikmat.

Kata “espresso” sendiri berasal dari Bahasa Italia yang memiliki arti express atau cepat. Hal ini lah yang membedakannya dengan manual brewing yang disajikan dengan proses yang cukup lama.

Di dalam sebuah mesin kopi espresso sendiri terdiri dari beberapa bagian yang sangat penting untuk menghasilkan sajian kopi berbahan dasar espresso. Beberapa bagian dari mesin kopi espresso tersebut diantaranya seperti: group head, group handle, steam nozzle, steam wand, power control, shower, seal, filter basket, drip tray, cup warmer, boier, dan lainnya.

Sebagai pecinta kopi sejati, kalau lo mau belajar meracik kopi yang nikmat layaknya para barista, tentunya lo memerlukan mesin kopi espresso ini bro. Tapi, sebelum lo membeli mesin kopi espresso, sebaiknya lo kenali dulu deh 5 tipe mesin kopi espresso di bawah ini agar lo gak salah pilih!

Mesin Kopi Super Automatic

Coffee Lovers, Kenali Dulu 5 Tipe Mesin Kopi Ini Sebelum Lo Belajar Meracik Kopi Sendiri. Photo Credit: ottencoffee.co.id

Sesuai dengan namanya, mesin kopi espresso bertipe super automatic ini mudah banget untuk dioperasikan. Lo cukup menekan satu tombol dan mesin kopi espresso ini akan segera membuat kopi sesuai dengan menu yang lo pilih dan inginkan. Serasa menikmati kopi di kedai kopi, mesin kopi ini mampu berfungsi untuk menggiling, memadatkan dan memanaskan kopi.

Dengan tipe mesin kopi super automatic ini, lo gak perlu punya keahlian atau pengetahuan tentang kopi yang khusus untuk dapat menikmati secangkir kopi hangat yang mantap. Beberapa merk mesin kopi bertipe semi automatic yang bisa lo pilih diantaranya merk Delonghi dan Jura.

Mesin Kopi Automatic

Coffee Lovers, Kenali Dulu 5 Tipe Mesin Kopi Ini Sebelum Lo Belajar Meracik Kopi Sendiri. Photo Credit: ottencoffee.co.id

Mesin kopi automatic, yang juga akrab dikenal dengan istilah mesin pod coffee, merupakan salah satu tipe mesin kopi yang paling populer. Sederhana saja, tipe mesin kopi yang satu ini selain mudah dan praktis untuk digunakan, juga memiiki desain bergaya modern yang keren.

Serupa dengan tipe sebelumnya, mesin kopi bertipe automatic ini gak menuntut lo untuk mempelajari dan mengerti pembuatan kopi yang dalam. Untuk membuat kopi dengan mesin kopi tipe automatic ini, lo cukup menggunakan satu kapsul kopi yang akan lo minum dan membuatnya sesuai kebutuhan lo .

Mesin Kopi Semi Automatic

Coffee Lovers, Kenali Dulu 5 Tipe Mesin Kopi Ini Sebelum Lo Belajar Meracik Kopi Sendiri. Photo Credit: ottencoffee.co.id

Mesin kopi semi automatic merupakan mesin kopi yang pas banget buat para penggemar kopi yang berkeinginan menjadi barista di rumah sendiri. Dengan mesin kopi tipe yang satu ini, lo bisa mengatur sendiri kopi yang ingin lo buat dengan takaran yang tepat sesuai yang lo mau. Pada umumnya, mesin kopi espressio bertipe semi automatic ini terdiri dari 2 jenis, yaitu: manual control dan programmable doses.

Beberapa fitur yang ada di tipe mesin kopi ini antara lain seperti boiler, portafilter, serta sebuah lever. Sebagai informasi, ketika menggunakan mesin kopi tipe ini, lo harus tetap menggiling dan memadatkan (stamp) espresso sebelum lo memulai proses ekstraksi kopi lo.

Mesin Kopi Manual

Coffee Lovers, Kenali Dulu 5 Tipe Mesin Kopi Ini Sebelum Lo Belajar Meracik Kopi Sendiri. Photo Credit: ottencoffee.co.id

Berbeda dengan tipe mesin kopi di atas tadi, mesin kopi espresso bertipe manual ini memiliki fitur fungsional yang lebih lengkap bro. Beberapa fitur yang ada di tipe mesin kopi satu ini diantaranya seperti boiler, steam pressure gauge, portafilter, serta manual lever yang dapat mengendalikan lama ekstraksi kopi secara manual. Ketika lo menggunakan tipe mesin kopi espresso bertipe manual ini, lo harus menggiling biji kopi sendiri, tamping, mengatur suhu dan tekanan, serta mengatur lama ekstraksi.

Mesin kopi espresso tipe manual ini memiliki desain klasik yang memberikan kesan elegan. Kalau lo mau belajar menjadi barista sendiri di rumah, mesin kopi espresso tipe manual ini bisa jadi pilihan yang paling pas buat lo!

Mesin Kopi Komersial / Profesional

Coffee Lovers, Kenali Dulu 5 Tipe Mesin Kopi Ini Sebelum Lo Belajar Meracik Kopi Sendiri. Photo Credit: ottencoffee.co.id

Mesin kopi dengan tipe komersial atau profesional ini adalah mesin kopi impiannya para barista, terutama para barista profesional. Singkatnya, mesin kopi tipe yang satu ini bisa lebih fokus untuk menetapkan kualitas daripada kopi yang dihasilkannya, walaupun cara penggunaannya lebih rumit dan teknis. Hal ini dikarenakan mesin kopi tipe profesional ini dilengkapi dengan group head lebih dari 1 buah yang dapat menunjang kecepatan produksi serta memiliki ketahanan yang sangat kuat.

Dengan ciri-ciri ukurannya yang besar dan terlihat tangguh, mesin kopi tipe profesional yang memiliki daya listrik sekitar 40-50 amps dan kapasitas mencapai 220 volt ini menjadi andalan kedai kopi besar. Salah satu merk mesin kopi tipe profesional yang populer dan banyak dilirik para barista serta pelaku bisnis kedai kopi adalah LSM GS3 Titanium.

Wah, gimana nih bro setelah lo ketahui 5 tipe mesin kopi di atas? Udah tau kah tipe mesin kopi espresso mana yang akan jadi andalan lo untuk meracik kopi berbahan dasar espresso yang memiliki cita rasa yang dahsyat dan mantap?

 

Source

Feature Image – bbc.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!