OCT 10, 2018

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Seru Lewat Cibodas!

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas memang sudah terkenal sekali. Hmm, memangnya ada apa saja sih di sana? Simak bahasan ini ya!


Gunung Gede Pangrango adalah salah satu gunung di Indonesia yang sudah sangat populer di kalangan para pendaki. Saking populernya, banyak pendaki pemula yang bahkan menjadikan gunung ini spot pertama mereka untuk mendaki.

Tapi memang tidak bisa disangkal, keindahan alam serta seluruh pemandangan alam yang ada di sana dengan mudah menghipnotis banyak petualang dan pendaki dengan mudah. Oleh karena itu, Gunung Gede Pangrango seakan tidak pernah sepi pengunjung.

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Seru Lewat Cibodas! credit photo: backpackerjakarta.com

Nah, dari sekian banyak jalur pendakian yang ada di Gunung Gede Pangrango, ada satu jalur pendakian yang diminati oleh banyak petualang. Sudah cukup populer pendakian tersebut. Jalur pendakian yang dimaksud adalah jalur Cibodas.

Banyak keseruan yang ada di jalur pendakian Cibodas. Keseruan yang dimaksud termasuk berbagai halang rintang yang ada di sana, serta keindahan alam dan panorama yang bikin betah berlama-lama di sana.

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Seru Lewat Cibodas! credit photo: travel.tempo.co

Nah, untuk lo yang akan mendaki Gunung Gede Pangrango, sila simak bahasan kali ini karena akan mengajak lo mendaki gunung tersebut via Cibodas!

Lokasi jalur Cibodas berada di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Untuk lo yang sudah sampai Kebun Raya Cibodas, sebentar lagi lo akan sampai ke base camp Gunung Gede Pangrango via Cibodas. Untuk lo yang sudah sampai base camp, sila langsung saja siapkan ongkos untuk tiket pendakian sebesar Rp 35 ribu per orang.

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Seru Lewat Cibodas! credit photo: baabun.com

Oh iya, sebelum mulai mendaki, di base camp jalur Cibodas tersebut terdapat banyak warung makan dan tempat peristirahatan. Untuk lo yang masih butuh istirahat dan asupan makanan, lo bisa melipir sejenak sebelum mulai pendakian. Namun, kalau lo sudah siap, mari mendaki!

Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit)

Awal mula pendakian akan diisi dengan registrasi ulang pada pos pendaftaran. Untuk lo yang akan melakukannya, cek seluruh kelengkapan dan jangan sepelekan masalah keselamatan diri. Siapkan segala peralatan yang lengkap dan patuhi semua aturan yang ada.

Tarentong – Telaga Biru (15 menit)

Perjalanan dari Tarentong untuk sampai ke Telaga Biru biasanya bisa dilalui dengan waktu 15 menit saja. Perjalanan awal ini akan didominasi oleh banyak trek bebatuan. Di awal pendakian ini, lo akan menemukan sumber air atau sebuah telaga yang dinamakan Telaga Biru.

Telaga Biru ini memang mempunyai warna air yang kebiruan. Hal ini disebabkan oleh gangga yang ada di dasar dan pinggiran telaga. Di jalur ini, lo memang akan menemukan banyak aliran air dan beberapa sumber mata air.

Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit)

Dari Telaga Biru, lo akan melanjutkan pendakian menuju Rapa Panyangcangan. Cukup 20 menit saja karena jaraknya yang dekat. Dari pos Rawa Panyangcangan ini juga menjadi percabangan untuk lo yang akan menuju Gunung Gede Pangrango dan Air Terjun Cibeureum.

Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit)

Cukup dekat nih jaraknya karena lo bisa menempuh jarak ini hanya dengan 10 menit saja. Terlebih, jalur pendakiannya juga sudah menggunakan beton sehingga jelas akan mempermudah dan mempercepat langkah lo.

Setidaknya, jalan bagus ini bisa lo lalui di pos-pos seperti Rawa Denok 1-2, Batu Kukus 1-3 dan sampai ke Pondok Pemandangan. Di jalur-jalur inilah banyak petualang yang berhenti untuk berfoto karena memang pemandangannya yang indah.

Pondok Pemandangan – Air Panas (2 jam 15 menit)

Melalui Rawa Denok sampai Batu Kukus dan Pos Pemandangan, lo bisa melanjutkan perjalanan hingga pos Air Panas selama 2 jam 15 menit. Di sini, ada sebuah pos peristirahatan yang bisa lo gunakan sebelum sampai ke Puncak Gunung Gede.

Trek di sini cukup terjal dan sulit, hal tersebut bisa terlihat dari seutas tali yang ditujukan untuk lo pegangan menyebrangi jurang yang curam di bawah itu. Di sini, lo akan menemukan shelter dengan kolam air panas yang bisa digunakan untuk merendam kaki lo.

Air Panas – Kandang Batu (1 jam)

Sudah puas relaksasi di spot air panas, sekarang lo bisa melanjutkan perjalanan untuk sampai ke Kandang Batu. Perjalanan ini akan memakan waktu satu jam. Di sinilah lo bisa berkemah sejenak untuk beristirahat dari perjalanan.

Kandang Batu – Panca Weuleuh (10 menit)

Untuk lo yang ingin melihat salah satu air terjun tersembunyi yang sudah tidak asing lagi bagi para pendaki Gunung Gede Pangrango adalah Air Terjun Panca Weuleuh. Dari perkemahan Kandang Batu, hanya 10 menit saja bro.

Panca Weuleu – Kandang Badak (1 jam)

Nah, ini dia salah satu spot berkemah favorit para pendaki Gunung Gede Pangrango, yaitu Kandang Badak. Dari Air Terjun Panca Weuleuh, hanya sekitar satu jam saja lo sudah bisa sampai ke spot perkemahan ini.

Di sini sumber air melimpah, jadi para pendaki tidak harus takut untuk kehabisan air minum dalam pendakian.

Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2jam)

Untuk lo yang sudah beristirahat dengan cukup di Kandang Badak, siapkan tenaga dan stamina lebih karena ada waktu tempuh selama 2 jam yang perlu lo lewati untuk benar-benar sampai di Puncak Gunung Gede.

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Seru Lewat Cibodas! credit photo: xplorewisata.com

Ada salah satu rintangan yang bernama ‘tanjakan setan’ di mana lo harus saling bantu membantu untuk sampai ke Puncak Gunung Gede Pangrango.

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango yang Seru Lewat Cibodas! credit photo: tripsavvy.com

Wah bagaimana bro? Sudah siap untuk mendaki Gunung Gede Pangrango via Cibodas? Kalau iya, langsung saja nih lo cuti dari rutinitas, atau ambil waktu akhir pekan dan berkemas serta berangkat!

 

Source

Feature Image - katalogwisata.com


Please login to comment
1 COMMENTS
wilda faqihana
October 18, 2018 at 8:04 PM

Perlu di coba nih