OCT 11, 2018

5 Hal Menarik Seputar Air Terjun Oenesu yang Menyegarkan di Panasnya Kota Kupang!

Dengan kondisi Kota Kupang yang panas, ternyata hadir sebuah air terjun yang mampu meredakan suasana, Air Terjun Oenesu namanya. Penasaran? Langsung lihat saja beberapa informasinya di bawah ini bro!


Keindahan alam yang ada di Indonesia sendiri memang sangat beragam, lo bisa menemukan banyak sekali pilihannya. Mulai dari laut hingga pegunungannya, tak heran yaa apabila banyak dari pelancong baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang memilih untuk berlibur di negeri tercinta ini. Nah, selain dari pantai dan pegunungannya, terdapat juga beberapa pilihan air terjun yang indah bro, salah satunya ialah Air Terjun Oenesu.

Air Terjun Oenesu sendiri merupakan sebuah tempat wisata alam yang berada di kawasan Nusa Tenggara Timur. Tepatnya terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Memang untuk suasana yang ada di daerah Kupang sendiri terkenal sangat kering, namun dengan kehadiran dari air terjun ini tentunya akan membuat suasana di kawasan tersebut pun berubah.

Banyak yang beranggapan juga kalau Air Terjun Oenesu sendiri merupakan salah satu tempat favorit bagi para wisatawan lantaran pesona air terjun ini yang dikelilingi oleh rerimbunan berbagai jenis pohon menjadi pilihan cocok untuk menghalau rasa gerah dengan panasnya cuaca Kota Kupang pada musim kemarau. Selain itu, juga terdapat beberapa fakta menarik mengenai air terjun ini yang perlu untuk lo ketahui, daripada semakin penasaran, langsung saja lihat beberapa informasinya di bawah ini.

Segarnya Air Terjun Oenesu – Membuat Hati Sejuk

Suasana di Air Terjun Oenesu. Credit: backpackerjakarta.com

Hal pertama yang lansung lo rasakan ketika berkunjung ke air terjun ini ialah dengan suasananya yang ditawarkan. Seperti apa yang sudah dibahas di atas kalau memang Kota Kupang ini sendiri memiliki iklim yang panas dan cenderung kering. Sehingga air terjun ini pun menjadi sebuah jawaban yang tepat apabila ingin merasakan bebas dari kepanasan sejenak.

Belum lagi dengan pemandangan alam yang ada di kawasan air terjun ini yang menjadi alasan lainnya, kenapa banyak orang yang senang untuk datang ke air terjun ini. Uniknya lagi lo akan menemukan sebuah fakta kalau air terjun ini ternyata bertingkat hingga mencapai empat lapisan.

Dari pemandangan alam tersebutlah yang menjadi sebuah hal yang perlu untuk ketahui agar mengetahui mengenai keindahan dari air terjun ini. Tentunya masih banyak hal lainnya yang bisa lo temukan apabila berkunjung ke sana.

Segarnya Air Terjun Oenesu – Air Terjun yang Berlapis

Suasana Air Terjun Oenesu. Credit: myrepublic.co.id

Keunikan dari air terjun ini sendiri ialah dengan adanya sebuah tingkatan yang mungkin dapat membedakan dengan air terjun lainnya yang ada di Indonesia. Dari setiap tingkatan atau lapisan yang ada, terdapat kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah sehingga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berenang maupun berendam.

Air yang mengalir di dalam kawasan wisata alam ini pun banyak mengandung kapur. Saat musim hujan, volume air yang ada di Air Terjun Oenesu sendiri sangat berlimpah. Walaupun begitu, kondisi air yang ada di kawasan ini pun tetap jernih. Sementara ketika musim panas, airnya tak pernah kering meski tak sebanyak musim hujan. Namun memang airnya akan terlihat lebih jernih.

Belum lagi ditambah dengan rindagnnya pepohonan besar dan tinggi. Deru suara air akan membuat lo mendapatkan sensasi terapi alam gratis loh. Tentunya buat lo yang ingin menghilangkan rasa penat lo karena aktivitas keseharian yang padat, lokasi ini pun bisa menjadi salah satu destinasi yang tepat.

Segarnya Air Terjun Oenesu – Spot Fotografi yang Indah

Suasana di Air Terjun Oenesu. Credit: backpackerjakarta.com

Dengan keindahan alamnya yang dimiliki, sebagai orang yang memilki hobi fotgrafi tentunya mampu memanfaatkan kondisi alam yang ada di air terjun ini untuk mendapatkan hasil gambar yang memuaskan. Banyak spot-spot indah yang memiliki karakteristik alam yang cukup mengesankan apabila lo bisa menemkan momen-momen tersebut.

Mulai dari kondisi air terjunnya yang menyegarkan, hingga suasana hutan-hutan yang ada di kawasan air terjun ini juga menjadi sebuah spot-spot fotgrafi yang patut untuk lo manfaatkan. Belum lagi dengan gazebo-gazebo yang diperuntukan untuk lo bisa istirahat sejenak bisa menjadi penambah dalam lo memburu gambar yang berkualitas.

Selain itu, untuk menjaga kamera lo sendiri, agar membawa pelindung yang anti air yaa bro. Karena lo tidak akan pernah tahu apabila nantinya kamera atau alat-alat pembantu lainnya terkena cipratan air. jadi disarankan untuk siap sedia yaa bro!

Segarnya Air Terjun Oenesu – Fasilitas yang Cukup Lengkap

Suasana di Air Terjun Oenesu. Credit: /spotgambar.blogspot.com

Fasilitas yang ada di kawasan air terjun ini juga tergolong lengkap kok. Lo bisa menikmati beberapa fasilitas seperti gazebo, tangga menuju lokasi air terjun. Lalu, lokasi dari Air Terjun Oenesu juga dilengkapi dengan jalan setapak, tempat parkir, tempat MCK dan bangunan untuk lo bisa ganti pakaian.

Ketika memasuki kawasan Air Terjun Oenesu ini memang suasana yang sejuk langsung terasa, dikarenakan oleh pohon-pohon besar yang mengelilingi lokasi air terjun ini. Namun memang terdapat tiket masuk yang harus lo bayar, namun harganya cukup bersahabat kok bro.

Untuk orang dewasa, kurang lebih akan dikenakan biaya sekitar Rp 1.500. Sedangkan untuk parkir roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan untuk roda dua sebesar Rp 1.000. Nah, untuk tiba dilokasi ini memang lo membutuhkan kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua.

Segarnya Air Terjun Oenesu – Dua Jalur Menuju Surga

Untuk menuju ke Air Terjun Oenesu sendiri memiliki dua jalur yang dapat lo gunakan untuk menujue ke dasar air terjun. Jalur pertamanya terdapat sebuah jalan menurun yang cukup terjal yang nantinya akan mengarahkan lo menuju ke sebuah jembatan jauh di bawah air terjun utama. Dari jembatan ini lo dapat melihat beberapa tingkat air terjun.

Sedangkan untuk jalur kedua lo bisa melalui jembatan kayu yang cukup ringkih karena banyak kayu yang tidak terpasang menutup ruasnya. Selanjutnya menuruni anak tangga yang cukup curam hingga tiba di dasar air terjun. Disarankan pula bagi lo yang ingin berkunjung ke kawasan wisata ini untuk membawa bekal yang cukup karena lo tidak akan menemukan wtung yang menjual makanan dan minuman di sini. Namun perlu diingat pula untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya yaa bro.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Air Terjun Oenesu di atas? Semoga bisa menjadi sebuah panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

 

Featured Image: satutenda.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!

LOCATION