OCT 11, 2018

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global!

Berikut 10 spot diving Alor yang luar biasa indah! Terkenal secara global!


Seperti yang sudah disebutkan dan dinyatakan berkali-kali bahwa fakta dan kenyataannya – spot diving di Alor sangat banyak sekali. Saking banyaknya, beberapa operator penyelaman di sana belum memberikan nama untuk spot tersebut.

Nah, dari pada lo bingung mau ke mana – diving di spot mana, sebaiknya lo simak dulu bahasan kali ini yang akan mensimpulkan setidaknya ada 10 spot diving yang luar biasa indah pemandangan alam bawah lautnya.

Dilansir dari situs spotmydive.com – mereka menyatakan bahwa Alor adalah salah satu target besar para petualang dari mancanegara. Hal ini tentu dikarenakan oleh daya tarik Alor yang sangat luar biasa indah. Oleh karena itu, untuk merangkum segala keindahan alam yang ada di sana, berikut 10 spot diving Alor.

Kal’s Dream

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: tripadvisor.in

Kal’s Dream adalah salah satu yang paling terkenal. Hal ini dikarenakan oleh daya tarik dan isi dari alam bawah lautnya yang luar biasa lengkap. Kelengkapan itu bisa dilihat dari berbagai terumbu karang yang indah dan berwarna-warni, kemudian ikan-ikan yang akan memanjakan mata lo juga seperti ikan ikan kecil, barakuda, dan bahkan belut laut.

Nah, selain biota laut yang kecil-kecil – Kal’s Dream juga menjadi salah satu tempat persinggahannya beberapa biota laut yang besar seperti ikan hiu sirip hitam dan ikan hiu martil. Nah, karena tingkat ke dalamannya yang sudah mencapai kesulitan yang cukup tinggi, untuk lo yang ingin diving di sini, lo perlu teman atau setidaknya pemandu yang bisa menemani lo menikmati segala keindahan alam bawah laut di sini.

Cathedral

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: spotmydive.com

Ini bukan sebuah gereja di bilangan Jakarta, ya. Cathedral adalah salah satu spot diving di Alor yang mempunyai lokasi di bagian selatan. Mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu suhu air lautnya. Suhu air laut pada permukaan bisa mencapai 27 derajat celsius, dan jika mencapai kedalaman tertentu, suhunya bisa mencapai 13 derajat celsius.

Nah, dengan keunikan yang seperti itu, Cathedral menjadi salah satu spot diving yang unik karena banyak sekali terumbu karang yang luar biasa unik di sana. Ditambah, berbagai biota laut seperti scorpion fish, marbled rays, dan sea serpents.

Current Alley

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: spotmydive.com

Seperti arti namanya sendiri, Current Alley adalah salah satu spot diving di Alor yang mempunyai arus laut yang kencang. Uniknya, keadaan ini malah disukai oleh banyak biota laut besar seperti ikan hiu martil, ikan hiu sirip hitam dan putih, serta berbagai jenis tuna dan Giant Travelly.

Nah, jika lo cukup beruntung, lo akan bertemu dengan ikan napoleon, berbagai jenis tuna dan beberapa ikan pari yang mempunyai bentuk serta warna yang eksotis. Wah, kalau lo sudah melihatnya sendiri, tentu lo akan terperangah melihat banyaknya biota laut besar tersebut berenang bebas di sana.

Clown Valley

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: thecrowdedplanet.com

Berlokasi ratusan meter dari Desa Apuri yang sudah terkenal juga dengan spot divingnya yang mengandung banyak anemone dan terumbu karang berwarna-warni lainnya – Clown Valley menjadi salah satu spot diving favorit bagi para petualang mancanegara.

Karena banyak anemone dan terumbu karang yang apik di sana, tentu berbagai biota laut yang berukuran mikro atau kecil betah di sini. Sebut saja seeprti udang, atau berbagai jenis lobster ada di sini. Namun, untuk lo yang beruntung, lo bisa lihat ikan mola-mola di sini lho.

Great Wall of Pantar

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: spotmydive.com

Sering disebut juga dengan nama Dinding Bamah, spot diving ini adalah salah satu yang terbaik di Pantar dekat Alor. Di dinding tersebut, dipenuhi oleh banyak terumbu karang yang berjenis spons dengan warna oranye dan merah muda.

Di sini, lo akan dengan mudah bertemu dengan biota laut besar seperti ikan napoleon, berbagai jenis travely, dan ikan kaka tua yang sangat jarang dan langka untuk ditemui oleh para petualang di sini. Untuk lo yang suka fotografi makro, berbagai biota laut yang kecil-kecil siap memanjakan mata lo.

Wolang Cave

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: spotmydive.com

Gua di bawah laut mungkin adalah salah satu daya tarik utamanya di sini. Spot diving Wolang Cave ini menghadirkan sebuah gua yang bisa lo masuki dan lo bisa bertemu dengan berbagai biota laut besar seperti ikan hiu sirip putih dan berbagai biota laut lainnya.

Di gua ini juga, banyak sekali jenis krustacean yang bisa lo lihat dan nikmati nih. Berbagai kepiting dan lobster sepertinya akan muncul jika lo membawa sedikit makanan mereka ke dalam sini. Dengan dipancing seperti itu, mereka akan keluar dari persembunyian dan barulah bisa lo abadikan momen tersebut.

Red Wall

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: thesevenseas.net

Berkedalaman sampai 35 meter, Red Wall adalah salah satu spot diving di Alor yang mempunyai aktivitas vulkanik. Tentu ada tantangan tersendiri yang di sini. Di sini, lo bisa melihat beberapa kawah kecil yang bisa keluar gelembung udara panas.

Biota laut yang bisa lo lihat di sini adalah berbagai jenis ikan-ikan kecil, kerang dan bahkan ular laut. Wah kalau lo bertemu ular laut ini, harus berhati-hati dan sebaiknya tidak mendatangi biota tersebut karena mengingat racunnya yang mematikan.

Max’s Point

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: spotmydive.com

Khusus di spot diving ini, lo sepertinya sudah tidak akan bertemu dengan terumbu karang yang berwarna-warni atau banyak biota laut yang kecil-kecil di sini. Hal tersebut dikarenakan oleh lepas laut di Alor ini akan membawa lo ke sesuatu yang lebih besar dan pintar.

Ya, di Max’s Point akan membawa lo ke biota laut yang besar seperti paus biru, lumba-lumba dan bahkan ikan mola-mola. Oleh karena itu, tingkat kesulitan dving di sini cukup tinggi. Pastikan lo pergi ke sini dengan pemandu ya.

Shark Galore

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: spotmydive.com

Di spot diving ini, seperti namanya – jelas biota laut yang akan lo sering lihat di sini adalah ikan hiu. Baik hiu abu-abu atau ikan hiu bersirip putih. Bro, siap ditemani oleh kelilingan ikan-ikan predator?

The Arch

Banyak Spot Diving, Berikut 10 Titik Penyelaman di Alor yang Terkenal Secara Global! credit photo: gogonesia.com

Spot diving terakhir ini mempunyai bentuk geologikal yang unik. Untuk lo yang siap untuk melihat berbagai keindahan terumbu karang dan berbagai biota laut yang lengkap, di sini lah tempatnya.

Wah bagaimana bro? Semakin penasaran? Kuy langsung aja berangkat!

 

Source

Feature Image - thebridedept.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!