OCT 11, 2018

6 Pilihan Kuliner Khas Kota Kupang yang Sulit Untuk Dilupakan!

Percaya atau tidak, ternyata Kota Kupang memiliki beberapa pilihan kulinernya yang nikmat sehingga susah sekali untuk dilupakan. Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini bro!


Kota Kupang memang terkenal dengan suhu udaranya yang panas serta kering, namun dibalik itu semua terdapat sebuah budaya serta kulinernya yang sangat nikmat loh. Tak heran apabila banyak dari para warga asli Kota Kupang yang merantau sangat kangen sekali dengan cita rasa dari sajian-sajian yang ada di sana. Ooo iyaa tidak lupa pula dengan wisata alamnya yang memukau terdapat di kawasan kota ini.

Tentunya untuk menemukan cita rasa asli Kota Kupang sendiri, cara paling ampuhnya ialah untuk langsung mengunjungi kota tersebut serta rasakan sendiri bagaimana kota ini menawarkan rasa-rasa kulinernya yang mudah melekat di hati. Lo juga tidak perlu ambil pusing ketika sudah menginjakkan kaki lo di sana, karena sudah terdapat banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan beragam menu andalannya.

Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa kuliner-kuliner asli Kupang yang perlu lo ketahui sebelum berkunjung ke sana. Daripada semakin penasaran, berikut beberapa pilihannya yang harus lo cicipi ketika berwisata ke ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kuliner Kota Kupang – Se’i

Nikmatnya Daging Se'i. Credit: en.wikipedia.org

Untuk pilihan pertama dalam kuliner asli Kota Kupang ialah Se’i. Ini merupakan sebuah kuliner atau kudapan favorit yang memang selalu dicari kebanyakan dari warga Kupang yang merantau. Karena memang cita rasa yang ada di dalam makanan ini pun sangat gurih serta nikmat.

Diolah dari daging sapi atau babi yang dipanggang di atas bara api dengan diberi rempah-rempah khusus. Aromanya yang khas dan dagingnya yang empuk menjadi alasan mengapa banyak orang yang gemar terhadap kuliner ini.

Daging Se’I sendiri memang paling nikmat apabila ditemani bersama Sambal Lu’at. Hampir di seluruh daerah di NTT menyajikan menu utama Se’i, jadi lo tidak susah lagi kalau ingin mencoba kuliner yang satu ini. Untuk santapan pada saat makan siang atau makan malam pun menjadi menu yang tepat.

Kuliner Kota Kupang – Sambal Lu’at

Nikmatnya Sambal Lu'at. Credit: .idntimes.com/

Buat lo penikmat kuliner pedas, tentunya jangan lupa untuk mencicipi Sambal Lu’at yaa bro. Karena sambal ini pun memiliki rasa yang nikmat nan gurih beserta juga aromanya yang khas. Ditemani dengan nasi panas serta lauk yang nikmat, kemungkinan itu akan menjadi perpaduan yang mendekati sempurna.

Sambal dengan aroma khas daun kemangi dan memiliki cita rasa asam dari perasan jeruk ini biasanya disajikan dengan menu khas lainnya seperti Se’I atau Jagung Bose. Banyak yang beranggapan pula kalau Sambal Lu’at selalu menjadi primadona para pecinta pedas yang berburu kuliner khas NTT untuk dijadikan oleh-oleh.

Sehingga ketika lo berkunjung ke Kota Kupang, jangan lupa untuk mencicipi sambal ini yaa. Membuatnya untuk dijadikan oleh-oleh orang tercinta juga bisa menjadi hal yang tepat untuk dilakukan. Jadi mau tunggu apa lagi?

Kuliner Kota Kupang – Jagung Bose

Nikmatnya Jagung Bose. Credit: .ntt-news.com

Banyak opini yang beranggapan kalau lo berkunjung ke Kota Kupang jangan lupa untuk mencicipi Jagung Bose. Karena kuliner satu ini merupakan menu ikonik yang ada di kota tersebut. Cita rasanya yang nikmat serta gurih ini menjadi sebuah alasan mengapa banyak orang yang menggemarinya.

Menu khas Kota Kupang ini merupakan jagung kering yang diambil biji jagungnya, lalu ditumbuk menggunakan lesung atau alat tradisional yang digunakan untuk menumbuk jagung ataupun padi. Biji jagung tanpa kulit ini kemudian diolah bersama kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang tanah.

Campuran jagung bose dan kacang-kacangan itu dimasak dengan menggunakan santan. Walaupun melewati proses memasak yang cukup lama, namun rasanya yang enak sebanding dengan penantiannya. Kalau dilihat secara kasat mata, bentuk dari Jagung Bose ini mirip sekali dengan bubur loh bro.

Kuliner Kota Kupang – Jagung Ktemak

Nikmatnya Jagung Ktemak. Credit: idntimes.com

Untuk pilihan kuliner khas Kota Kupang berikutnya ialah Jagung Ktemak. Hampir tak beda jauh dengan Jagung Bose, Jagung Ktemak juga diolah dari biji jagung loh. Memang sepertinya masyarakat Kota Kupang sangat suka dengan cita rasa dari jagung yaa.

Campuran pada Jagung Ktemak juga sama dengan apa yang ada di Jagung Bose, namun memiliki perbedaan di bahan tambahannya. Karena di Jagung Ktemak sendiri terdapat sayur daun papaya yang menambah cita rasa pahit.

Kuliner Kota Kupang – Sayur Daun Singkong Bunga Pepaya

Nikmatnya Sayur Daun Singkong Bunga Pepaya. Credit: .upstation.id

Pilihan sayur yang menjadi favorit para masyarakat Kota Kupang ialah campuran dari daun singkong dan bunga pepaya. Campuran sayur mayur ini tentunya memiliki cita rasa yang unik sehingga memberikan karakteristik di dalamnya.

Olahan sayur ini memiliki rasa yang tidak pahit walaupun dicampur dengan bunga pepaya. Karena memang sayur bunga pepaya sendiri memiliki rasa yang cukup pahit apabila tidak diolah. Rasa pahit tersebut bisa berkurang karena sebelum dimasak denan bumbu, sayur daun ubi bunga pepaya direbus terlebih dahulu.

Setelah itu diangkat dan diremas sayurnya untuk dikeluarkan airnya. Sayur ini pun bisa menjadi teman makan dengan nasi juga. Apalagi kalau ditambah dengan Sambal Lu’at yang nikmat, hari lo akan terpenuhi dengan cita rasa kuliner yang maknyus bro.

Kuliner Kota Kupang – Kue Cucur

Nikmatnya Kue Cucur. Credit: /resepcaramemasak.info

Suka dengan kue tradisional, tentunya jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Kue Cucur asli Kota Kupang yaa bro, karena memiliki rasa yang berbeda loh. Kue yang berbentuk lonjong ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu dan gula merah.

Kue ini pun memiliki tekstur yang lembut dan warna kecoklatannya berasal dari gula merah. Kue ini pun sering dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Kupang. Kue Cucur sendiri juga mudah untuk ditemukan, karena lo akan menemukannya di pinggir jalan dengan harga yang murah dan rasanya yang manis.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner Kota Kupang di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo ketika ingin berwisata kuliner di kota tersebut yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro, karena di luar sana masih terdapat hal baru yang patut untuk lo taklukan!

Source

 

 

Featured Image: id.wikipedia.org

 

 

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!