OCT 11, 2018

5 Jenis Survival Kit yang Lo Butuhkan Untuk Bertahan Hidup di Alam!

Bertahan hidup akan semakin mudah saat lo mempunyai survival kit. Hal ini terkait dengan jenis-jenis peralatan bertahan diri yang mesti lo ketahui. Simak bahasan kali ini ya!


Tersesat atau bahkan terkena bencana, para petualang tentu telah menyiapkan beberapa cara untuk menghindari hal-hal buruk terjadi. Salah satunya adalah survival kit. Survival kit adalah seperangkat peralatan untuk bertahan hidup, saat lo tersesat, atau tengah bertahan hidup di dalam bencana.

Walau tidak bisa terus menerus untuk digunakan (bagian makanan darurat) namun setidaknya survival kit ini akan menolong hidup lo untuk beberapa waktu lama kemudian. Nah, buah lo yang belum tahu apa saja isi satu paket survival kit, sila simak bahasan kali ini ya.

Oh iya, prioritas utama untuk survival kit adalah yang bisa dibawa ke mana saja lho. Artinya, survival kit lo harus yang bisa dimasukan ke dalam tas dengan ringkas sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Nah, untuk lo yang belum tahu sama sekali tentang survival kit, setidaknya ada 5 jenis peralatan yang ada di dalam sana. Untuk lo yang sudah penasaran dengan jenis-jenis peralatannya, sila simak bahasan kali ini ya!

Peralatan Kesehatan dan P3K

5 Jenis Survival Kit yang Lo Butuhkan Untuk Bertahan Hidup di Alam! credit photo: tokopedia.com

Jangan pernah sekali-kali meremehkan untuk tidak membawa peralatan kesehatan atau P3K. bro, sebuah kecelakaan tidak akan pernah bisa diprediksi dengan pasti. Oleh karena itu, satu set P3K adalah salah satu jenis survival kit yang harus ada di set tersebut.

Biasanya, untuk melengkapi set ini, lo juga bisa membawa cairan anti kuman atau bakteri yang bisa lo beli di apotik atau mini market. Hal ini tentu akan membuat cedera atau luka yang lo dapat sembuh dengan cepat dan benar.

Selain itu, peralatan kesehatan dan set P3K juga berisi multivitamin, obat alergi, dan tabung oksigen kecil. Nah, tabung oksigen kecil ini jangan dianggap sebagai peralatan yang memberatkan bro. Karena jelas lo memerlukan alat-alat ini.

Peralatan untuk Shelter dan Menjaga Kehangatan Tubuh

5 Jenis Survival Kit yang Lo Butuhkan Untuk Bertahan Hidup di Alam! credit photo: bushcraftoutfitters.com

Shelter adalah tempat untuk bernaung sementara di alam bebas, nah peralatan survival kit yang benar, juga ada segala peralatan yang berkaitan dengan kebutuhan di shelter. Jadi seperti kantung tidur, jas hujan, selimut darurat dan juga korek api.

Korek api adalah hal yang tidak bisa tidak lo bawa saat berpetualang dan juga harus ada di survival kit set lo. Untuk lo yang tersesat atau terkena bencana dan kedinginan, lo bisa menyalakan api dari korek tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa bawa ya.

Kemudian, seperti jas hujan atau ponco yang ada di survival kit itu bisa lo jadikan shelter sementara saat lo tengah tersesat atau kena bencana. Nah, karena fungsinya yang penting dan menjadi prioritas untuk lo yang akan membeli baru, perhatikan dan pastikan barang ini ada.

Peralatan Sinyal Darurat

5 Jenis Survival Kit yang Lo Butuhkan Untuk Bertahan Hidup di Alam! credit photo: breachbangclear.com

Nah, ini juga penting. Ingat bro, tersesat atau terkena bencana adalah keadaan serius. Terpisah dari rombongan atau keramaian adalah salah satu hal yang tidak mengenakan. Oleh karena itu, disurvival kit yang lo bawa, pastikan ada peralatan yang bisa memberikan sinyal darurat.

Nah, isi dari set peralatan sinyal darurat adalah kompas, peta, cermin, peluit, kembang api atau flare. Kompas dan peta adalah hal wajib untuk lo bawa selalu. Selain bisa menuntun lo ke arah yang tepat, kompas dan peta akan memberikan lo ketenangan karena lo tahu arah mana yang benar.

Setelah dirasa dekat, barulah nyalakan flare atau kembang api  untuk memberikan informasi kalau lo tengah berada di kordinat tertentu tersebut. Tapi perhatikan ya, pastikan lo nyalakan flare di tempat terbuka sehingga lo mudah terlihat dari atas.

Jika flare tidak berguna, maka lo bisa coba memakai teknik lama, bro. Pastikan bisa mengebulkan asap dengan tumpukan bakaran ranting atau rerumputan kering agar menjadi sinyal SOS. Dengan kepulan asap yang pekat, lo bisa memberikan sinyal kalau lo adalah korban tersesat atau korban bencana alam.

Peralatan Membuat Api

5 Jenis Survival Kit yang Lo Butuhkan Untuk Bertahan Hidup di Alam! credit photo: alibaba.com

Membuat api adalah salah satu skill yang diperlukan baik saat menggunakan survival kit atau tidak. Namun, di survival kit set pun harus ada peralatan untuk membuat api. Korek api, lilin, kaca pembesar atau bahkan batu api adalah beberapa peralatan yang bisa lo pastikan ada untuk lo bawa di survival kit lo itu.

Peralatan Untuk Mendapatkan Makanan dan Minuman

5 Jenis Survival Kit yang Lo Butuhkan Untuk Bertahan Hidup di Alam! credit photo: pinterest.com

Selain makanan darurat seperti makanan kaleng, lo akan dibekali oleh banyak peralatan seperti benang nilon, kail pancing dan beberapa peralatan lainnya. Di sini, lo sedikitnya akan menggunakan beberapa teknik berburu.

Teknik berburu tersebut seperti menjebak, atau memancing ikan sederhananya. Oleh karena itu, pastikan lo juga mengetahui bagaimana harus berburu di alam bebas.

Wah bagaimana nih bro? Sudah paham bagaimana bisa menggunakan survival kit dan jelas lo mengetahui jenis-jenis peralatan apa saja yang bisa lo ketahui di dalam satu set survival kit tersebut.

 

Source

Feature Image - jetzkreditberechnen.info


Please login to comment
2 COMMENTS
hardian
October 27, 2018 at 12:55 AM

sangat membantu terima kasih infonya


shawnkemp
November 12, 2018 at 3:35 PM

Truly, web is a critical piece of instruction in this Anchorman Jacket specialized and quickly developing world. Electronic gadgets like android telephones are huge piece of the present instruction framework. I think, students are utilizing web fascinatingly in instructive issues that is uplifting news since individuals are utilizing innovation emphatically.