12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

Tersesat di alam bebas atau tengah terkena bencana? Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sila simak bahasan kali ini yang mengulas 12 skill bertahan hidup yang bisa lo kuasai, nih!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

Alam bebas akan memberikan lo kejutan-kejutan yang tidak bisa dihindari. Seperti tetiba tersesat di pegunungan atau bahkan dilanda bencana-bencana alam. Untuk keadaan ini, tentu skill atau kemampuan bertahan hidup yang sudah lo mengerti akan lo aplikasikan.

Terlebih, sekarang ini – Indonesia tengah dilanda beberapa bencana alam, mulai dari gempa bumi sampai tsunami, sehingga untuk lo yang belum terkena hal buruk tersebut, setidaknya harus memahami bagaimana caranya untuk bertahan hidup.

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas! credit photo: youtube.com

Untuk lo yang belum mengerti apa saja kemampuan bertahan hidup yang harus lo ketahui, sila simak bahasan kali yang akan memberitahukan lo 12 skill atau kemampuan untuk bertahan hidup di alam bebas.

Menemukan Lokasi Untuk Bermalam yang Aman

Menemukan atau membuat shelter untuk beristirahat adalah salah satu skill yang harus lo kuasi di alam bebas. Pertama-tama, lo harus bisa menemukan dan menentukan lokasi yang aman untuk bermalam. Hal yang harus lo perhatikan adalah tempat yang kering dan tidak terletak lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya.

Hindari lembah dan area yang bisa dialiri air karena banjir bisa datang kapan saja. Pilih tempat yang jauh dari sarang serangga atau pohon-pohon lapuk. Lo tidak ingin tetiba bisa tertiban kayu yang sudah lapuk, kan?

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas! credit photo: joeoleary1.blogspot.com

Mendirikan Shelter Darurat

Nah, untuk lo yang sudah menemukan tempat untuk bermalam dan berlindung, ini artinya lo sudah bisa membangun shelter sementara atau darurat. Shelter darurat ini bisa lo buat dengan menggunakan jaket ponco atau kain lainnya.

Ditambah, lo bisa juga menggunakan kayu-kayu yang lo susun membentuk gua kecil, dan juga dilengkapi dengan rerumputan kering untuk meminimalisir udara dingin di luar.

Menyalakan Api Baik dengan Pemantik atau Tidak

Nah, untuk lo yang tengah berusaha bertahan hidup di luar atau di alam bebas, membuat api adalah salah satu teknik yang harus lo kuasai. Di sini, lo bisa menggesekan bebatuan dan kayu kering yang didekatkan dengan rerumputan kering untuk menyalakan api.

Ingat bro, lo perlu bantuan tiupan angin untuk mendapatkan api yang baik. Terlebih, jika lo bisa mendapatkan rerumputan yang tipis dan kering, tentu akan dapat membantu lo mendapatkan api lebih cepat.

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas! credit photo: frontieradriatic.com

Membesarkan Api

Berkaitan dengan skill dan kemampuan sebelumnya, lo harus bisa membesarkan api yang sudah lo buat. Kalau tidak ditambah dengan material lain, tentu api tersebut juga akan cepat mati dan lo akan sia-sia sudah membuat api tersebut.

Paling benar adalah lo juga sudah mempersiapkan kayu-kayu bakar yang sudah disusun mengerucut, yang dibagian bawahnya sengaja sudah lo beri ruang untuk membiarkan udara bisa masuk ke sana agar api bisa menyala dengan stabil.

Mencari Air Bersih di Alam Bebas

Untuk lo yang belum tahu, di alam bebas, setidaknya ada dua jenis air yang ada. Air yang bisa lo minum dan air yang bahkan bisa membunuh lo. Nah, hal yang paling sederhana untuk menemukan air bersih di alam bebas selain mencari mata air adalah dari embun pagi.

Atau setidaknya lo bisa menampung air hujan. Jika tidak, pastikan lo mengetahui ada beberapa akar pohon yang bisa menyimpan air di dalamnya. Pohon kaktus adalah salah satu tanaman yang bisa menyimpan air, lho. Lo bisa menemukan pohon kaktus untuk mendapatkan sumber airnya.

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas! credit photo: vrpill.com

Panen Air Dari Pohon

Transpirasi – adalah ‘keringat’ pohon yang berlangsung sepanjang hari. Untuk lo yang tengah mencari air bersih, pastikan lo bisa membungkus ranting pohon yang berdaun dengan plastik, ikat rapat-rapat dan beberapa jam kemudian, sudah air yang bisa langsung lo minum.

Mencari Tumbuhan Untuk Dimakan

Dalam situasi yang sulit untuk mendapatkan makanan untuk bertahan hidup, tetumbuhan adalah salah satu sumber makanan yang mudah untuk didapatkan. Pohon pisang dan nanas adalah salah satu jenis tumbuhan buah yang paling mudah ditemukan, dan buahnya dapat membantu lo bertahan hidup.

Selain tumbuhan atau pohon buah, lo juga bisa mendapatkan sumber makanan dari pohon rotan, rebung, dan beberapa jenis daun dan tumbuhan paku-pakuan.

Berburu Dengan Tombak

Masih berkaitan dengan cara lo bertahan hidup saat membutuhkan makanan, lo bisa menggunakan tombak utnuk berburu. Sila cari sungai untuk menombak ikan atau mencari kelinci dan bisa juga sejenis unggas lainnya.

Yang paling efektif adalah tombak dengan empat mata. Jadi, lupakan tombak satu mata saja kalau lo bisa membuat tombak dengan empat mata sekaligus. Dengan begitu, untuk lo yang tengah mencari ikan di sungai, tentu akan lebih mudah dengan menggunakan tombak tersebut.

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas! credit photo: wildernesssurvivaltips.com

Membaca Kompas

Jika GPS atau kompas digital lo rusak, untuk menentukan arah timur dan barat mungkin masih mudah dengan melihat arah matahari terbit dan terbenam saja. Namun, bagaimana menemukan arah utara dan selatan? Untuk lo yang menggunakan jam tangan analog, lo bisa hadapkan jarum jam ke arah matahari.

Kemudian tarik garis imajiner di antara jarum jam dan angka 12, garis tersebut lah yang menghubungkan arah utara dan selatan.

Membaca Rasi Bintang

Skill atau kemampuan membaca rasi bintang adalah salah satu skill yang harus dikuasai para petualang di daratan atau di lautan. Untuk menentukan arah yang benar, rasi bintang adalah penolong lo di kegelapan. Sila temukan rasi gayung besar atau beruang besar yang menentukan arah utara dan selatan.

Membuat Simpul

Membuat simpul adalah salah satu skill yang harus dikuasai oleh para petualang. Hal ini akan berguna jika lo harus mengikat dan menahan beban.

Membuat Sinyal SOS

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas!

12 Skill Bertahan Hidup yang Mesti Lo Pahami Saat Berada di Alam Bebas! credit photo: alibaba.com

Membuat sinyal SOS banyak macamnya. Pada umumnya, jika lo dilengkapi dengan survival kit yang lengkap, lo tinggal menyalakan flare yang ada di sana agar para tim pencari jejak bisa mengetahui di mana keberadaan lo.

Atau setidaknya, lo bisa membuat kepulan asap dari batang kayu dan dedaunan kering untuk menandakan kalau lo benar-benar ada di sana dan membutuhkan pertolongan.

Wah bagaimana bro? Dari 12 skill yang ada di atas, sudah menguasai yang mana saja lo?

 

Source

Feature Image - hipwee.com

Beginner travelling solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!