7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

Terdampar di lautan, tengah mengapung atau sudah terdampar di pulau tidak bertuan? Tenang bro, sebelum hal tersebut terjadi, sila simak bahasan ini utnuk mengetahui 7 cara untuk bertahan hidup di kondisi tersebut!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

Bertahan di alam bebas, seperti daratan hutan atau pegunungan tidak akan sama dengan bertahan hidup saat terdampar di lautan. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan oleh kecelakaan pesawat, perahu yang tenggelam sehingga lo bisa terdampar di lautan.

Seperti kisah yang baru-baru ini saja viral, ada penduduk Indonesia yang terapung-apung di rumah apungnya sampai ke lautan luas sana. Bersyukurnya, dia bisa bertahan hidup dengan selamat. Keselamatannya juga dikarenakan oleh faktor keahliannya dalam bertahan hidup.

Nah, untuk lo yang belum pernah terdampar, lo juga mesti tahu nih bagaimana cara bertahan hidup saat terdampar dilautan luas. Untuk lo yang sudah semakin penasaran bagaimana cara-cara atau kemampuan apa saja yang harus lo punya untuk bertahan hidup di lautan, sila simak bahasan kali ini ya!

“STOP” dan Berpikir

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: survivalkit.com

Gunakan beberapa metode yang disingkat menjadi ‘STOP’ yang merupakan beberapa langkah utnuk bertahan hidup. Langkah-langkah tersebut adalah Stop, Think, Observe, dan Plan. Untuk lo yang terdampar di lautan dan lo tidak yakin ada penyelamat yang datang, berikut tips yang bisa lo ketahui.

Pertama, tetaplah mengapung di lautan. Kedua, jika lo terdampar di lautan dan pulau tidak berpenghuni, cari tempat berlindung, dan mulai mencari sumber makanan. Jika memungkinkan, sila observasi pulau tidak berpenghuni tersebut. Siapa tahu lo malah mendapatkan sumber makanan yang melimpah.

Mengapung – Prioritas Utama dan Harus Tetap Tenang

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: mfame.guru

Ketika lo masih di dalam lautan lepas, prioritas utama yang harus lo lakukan adalah tetap mengapung dan tenang. Berikut beberapa tips yang bisa lo ketahui: pertama, mengapung atau mengambang dengan punggung jika air tenang. Langkah yang harus lo ambil adalah berbaring telentang, kemudian jagalah kepala di batas garis air.

Nah, jika kondisi air tengah buruk, sila mengambang dengan dada. Artinya lo bisa mengambang secara telungkup dan pastikan lo tetap mengambang. Jaga gerakan kaki jangan sampai malah menyeret lo ke bawah lautan. Hal-hal di atas bisa tidak lo lakukan jika lo bisa menemukan benda atau bantuan lainnya untuk tetap mengapung di lautan.

Mencari Air Minum

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: businessinsider.com

Tubuh tidak dapat bertahan lebih dari 3-4 hari tanpa air, sehingga sebuah prioritas utama untuk lo adalah mencari air agar tidak dehidrasi. Untuk lo yang pernah dengar minum air urin sendiri bisa membantu tubuh, itu tidak benar bro. Kadar garam yang ada di urin tersebut akan malah merusak sistem eksresi lo di ginjal nanti, lho.

Yang cukup aman untuk lo jadikan air minum adalah air hujan, air embun tanaman atau dari akar pepohonan. Walau lo terdampar di lautan, jangan meminum air laut karena malah akan memperburuk keadaan tubuh lo nih.

Menemukan Makanan Saat Terdampar di Lautan

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: temukonco.com

Selain minuman, untuk bertahan hidup lo juga harus mengkonsumsi makanan. Bagaimana caranya untuk menemukan makanan saat terdampar di lautan? Sila menangkap ikan! Buatlah tombak dengan empat mata agar memudahkan lo mendapatkan ikan untuk dimakan.

Kedua, lo bisa saja nih memanen rumput laut. Tarik setiap rumput laut yang lo temukan, di sana, jika cukup beruntung juga – lo akan menemukan ikan-ikan kecil, udang atau bahkan kepiting yang bisa lo konsumsi juga.

Bergerak dan Beristirahat

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: writerscafe.org

Di lautan lepas, jika lo sudah bisa membaca rasi bintang yang bisa lo jadikan acuan sebagai arah pulang kembali ke daratan yang benar, dengan rakit lo bisa bergerak untuk kembali pulang. Namun tetap, ada beberapa tips yang bisa lo ketahui nih.

Pastikan rakit yang akan lo gunakan sebagai kendaraan untuk pulang sudah dilengkapi dengan minuman dan makanan, dan bisa buat lo berteduh saat siang atau malam hari. Untuk mempercepat perjalanan lo, lo bisa mendayung rakit tersebut.

Pastikan lo bergerak dengan benar menuju arah yang sudah lo baca sebelumnya, dan juga jangan lupa beristirahat. Jika lo sudah merasa letih, langsung saja istirahat sejenak untuk dapat kuat mendayung sampai daratan.

Menghadapi Predator

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: surfline.com

Predator di lautan lepas yang paling berbahaya adalah ikan hiu. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menjatuhkan barang apapun ke dalam lautan yang bisa menarik perhatiannya. Dan tentu, ikan hiu adalah salah satu biota laut yang peka sekali dengan bau anyir darah.

Oleh karena itu, pastikan tubuh lo tidak ada yang terluka dan mengeluarkan darah yang banyak karena jelas hal tersebut akan menarik perhatian predator buas tersebut.

Mempersiapkan Diri Untuk Diselamatkan

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan!

7 Kemampuan Penting Untuk Bertahan Hidup Saat Lo Terdampar di Lautan! credit photo: youtube.com

Nah, jangan lupa nih untuk selalu siap untuk diselamatkan. Pastikan lo juga bisa membuat sinyal SOS dari kepulan asap, dan tentu lo bisa membuat api tanpa pemantik ya. Sinyal SOS dan api adalah beberapa hal yang bisa menarik perhatian para pencari orang hilang atau seperti tim SAR tersebut.

Wah bagaimana nih bro? Jika lo terdampar di lautan, lo sudah mengerti bagaimana caranya untuk bertahan hidupkan? Tapi semoga tidak terjadi apa-apa atau hal buruk dalam setiap petualangan lo!

 

Source

Feature Image - youtube.com

Beginner Survival Extreme travelling solo traveling solo backpacker

1 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Tetap survive