Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Semarang udah dikenal sebagai salah satu destinasi pusat kuliner unggulan di Indonesia, dan wisata kulinernya ini menjadi salah satu daya tarik dari kota terbesar di Jawa Tengah ini. Nah, di bahasan kali ini lo akan melihat berbagai kuliner Semarang yang populer dan dijamin bakal menggugah selera lo.

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Jalan-jalan ke Kota Semarang, gak afdol rasanya kalau lo gak melakukan wisata kuliner di sini. Dari nama julukannya yaitu “Kota Lumpia” saja udah kelihatan kalau Semarang merupakan salah satu pusat kuliner di Indonesia.

Sampai-sampai pada tahun 2015 Kementrian Pariwisata menetapkan Kota Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan bro. Gak hanya itu, nyatanya gak sedikit orang yang sampai niat untuk melakukan liburan singkat ke Kota Semarang hanya untuk menyambangi kuliner kota terbesar di Jawa Tengah ini.

Nah, di bahasan kali ini lo akan melihat berbagai kuliner Semarang yang populer dan dijamin bakal menggugah selera lo. Yang menariknya lagi adalah 5 rekomendasi kuliner Semarang ini merupakan jajanan kaki lima tapi kenikmatan rasanya sanggup untuk menandingi restoran bintang 5 bro! Daripada lo penasaran, langsung aja deh lo lihat daftar rekomendasinya di bawah ini.

Asem Asem Koh Liem

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro! Photo Credit: ngiderngiler.com

Dibalik namanya yang unik, kuliner Semarang yang satu ini udah akrab di telinga dan di lidah warga sekitar sana. Asem Asem Koh Liem merupakan salah satu menu yang turun-temurun diwariskan dan termasuk warung legendaris di Semarang. Rasa kuliner Semarang yang satu ini dijamin nikmat dan bisa lo rasakan dengan membayarkan 25 ribu Rupiah aja untuk 1 porsinya bro.

Paduan rasa gurih dan tambahan belimbing wuluh yang terkenal masam tentu menjadikan makanan ini segar banget dan menggugah selera. Apalagi sajian kuliner Semarang ini juga dilengkapi dengan tambahan potongan daging sapi. Nah, kalau lo mau mencicipi Asem Asem Koh Liem, lo bisa langsung aja menuju Jalan Karang Anyar yang ada di daerah Gabahan dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

Babat Gongso Pak Karmin

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro! Photo Credit: travelingyuk.com

Kalau lo suka berburu kuliner legendaris dan bercita rasa yang khas, lo bisa mencoba mampir ke Kedai Pak Karmin. Di sana lo bisa menikmati hidangan babat gongso yang sudah ada di menunya secara turun-temurun. Untuk menikmati hidangan legendaris yang mantap ini gak perlu uang banyak bro, lo cukup membayarkan 15 sampai 20 ribu Rupiah saja untuk satu porsinya.

Rasa nikmatnya yang meluber di mulut dengan rasa babatnya yang memang super lembut, pokoknya dijamin menggugah selera lo bro. Bumbu makanan ini meresap sempurna dan pasti membuat siapapun yang menyantapnya ingin lagi dan lagi. Jika lo ingin mencoba kuliner Semarang hidangan babat gongso, lo bisa menemukan kedai legendaris ini di Pasar Johar, kawasan Bangunharjo dari jam 9 pagi sampai 9 malam.

Nasi Gandul Pak Memet

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro! Photo Credit: ksmtour.com

Bagi para pecinta gulai, kuliner Semarang yang satu ini cocok banget untuk lo sambangi di kota lumpia ini. Alasannya adalah menu yang dijajakan di warung Pak Memet ini hampir sebangsa dengan gulai bro. Mulai dari tekstur kuah yang berwarna kecokelatan serta dipadu dengan kaldu plus santan, hingga toping yang diberikan.

Tapi perlu lo catat bro, Nasi Gandul Pak Memet ini bukan hidangan gulai. tetapi bumbu kuah Nasi Gandul adalah perpaduan rawon, gulai dan pindang. Harga seporsinya pun cukup murah, yakni sekitar 15 ribu Rupiah saja, dan pastinya dijamin mantap rasanya! Kalau lo tertarik untuk mencoba kuliner Semarang yang satu ini, lo bisa berkunjung ke Jalan Dokter Cipto yang berada di kawasan Kebonagung, daerah Citarum dari jam 4.30 sore hingga 9.30 malam.

Nasi Pecel Yu Sri

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro! Photo Credit: idntimes.com

Jika lo berada di Semarang, salah satu kuliner Kota Semarang yang harus lo cobain adalah Nasi Pecel Yu Sri yang berada di kawasan Simpang Lima daerah Pleburan bro. Menu andalan dari Warung Yu Sri ini dijamin akan membuat lo terkejut dengan cita rasanya. Saking enaknya, kuliner Semarang buka dari jam 5 sore sampai dini hari ini seolah menjadi makanan wajib untuk menjadi menu sarapan.

Perpaduan bumbu kacang yang pedas dan gurih bersama dengan sayuran yang direbus yang pas baget ini menjadi alasan kuat kenapa kedai ini selalu ramai pembeli. Selain itu, sebagai pelengkap lauk, Warung Yu Sri biasanya menyajikan sate babat, ampela, usus, sampai sate udang. Kalau lo mau merasakan kedahsyatan menu nasi pecel Yu Sri ini, lo cukup merogoh kantong sejumlah 16 ribu Rupiah saja bro untuk membayarkan 1 porsinya.

Tahu Gimbal Pak Man

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro!

Walaupun Jajanan Kaki Lima, 5 Kuliner Semarang Ini Sanggup Tandingi Restoran Bintang Lima Bro! Photo Credit: oknusantara.com

Meski tempatnya lumayan kecil, tapi kuliner Semarang Tahu Gimbal Pak Man ini sering terlihat ramai akan pengunjung bro. Saking ramainya, lo akan perlu mengantre lumayan lama atau bahkan booking lebih awal kalau lo mau mencoba kuliner Semarang yang satu ini.

Untuk mencicipi menu sajian Tahu Gimbal Pak Man ini lo akan perlu mengeluarkan kocek sekitar 20 ribu Rupiah per porsinya bro. Daripada lo penasaran, kalau lo berada di Semarang lo bisa langsung datang dan buktikan sendiri betapa enak dan mantapnya Tahu Gimbal Pak Man di Jalan Plampitan, kawasan Bangunharjo dari jam 10 pagi hingga 4 sore.

Wah, gimana tuh bro menurut lo 5 rekomendasi jajanan kaki lima kuliner Semarang yang ada di daftar ini? Sukses bikin lo ngeces dan keroncongan kan?

 

Source

Feature Image – malaspulang.com

Trending Beginner travelling foodventure solo traveling solo backpacker

1 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Lima rekomended kuliner semarang bikin ngiler nib