7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

Sudah bisa menyalakan api tanpa menggunakan korek atau pemantik lainnya? Eits, kalau belum bisa, sila simak bahasan kali ini yang akan mengajak lo mencoba menyalakan api tanpa korek dengan 7 cara dan teknik!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

Membuat api saat lo berpetualang adalah hal yang penting nih. Terlebih, jika lo berpetualang ke tempat-tempat atau spot yang mempunyai suhu dingin yang ekstrim. Nah, kalau menyalakan api dengan korek atau pemantik lainnya mungkin akan lebih mudah.

Lalu bagaimana jika menyalakan api tanpa korek atau pemantik lainnya? Tentu akan lebih sulit dan menantang bro. Nah, kemampuan untuk menyalakan api tanpa korek atau pemantik lain adalah salah satu skill yang harus lo punya sebagai petualang.

Hal ini akan berguna tidak hanya saat tengah berpetualang, lho. Hal ini juga bisa akan berguna jika lo dalam keadaan darurat karena terkena bencana atau bahkan mungkin tersesat dan terlepas dari rombongan sehingga lo perlu bertahan hidup seorang diri di alam bebas sana.

Nah, kalau begitu lo harus simak bahasan kali ini nih, karena setidaknya ada tujuh cara membuat api tanpa menggunakan korek atau pemantik lainnya, yang bisa lo aplikasikan saat berada di alam bebas, ya!

Metode Elektrik: Menggunakan Baterai

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: videojug.com

Dalam kondisi genting atau darurat karena udara dingin, membuat api adalah salah satu cara yang utama untuk mempertahankan kondisi tubuh terjaga hangat. Tapi bagaimana jika tidak ada korek atau pemantik lainnya? Dua batu baterai dengan wol baja bisa membuat dan menciptakan api, lho.

Kalau tidak ada wol baja, lo bisa menggunakan kertas aluminium bekas permen karet. Letakan kertas aluminium tersebut masing-masing di ujung kutub positif dan negative dan langsung diarahkan ke tumpukan rumput kering atau kayu bakar.

Hal tersebut dikarenakan oleh cepatnya api yang muncul sehingga menghabiskan wol baja atau bungkus permen karet tersebut layaknya sumbu. Tanpa korek api dan pemantik lainnya, lo bisa menyalakan api menggunakan peralatan yang sudah disebutkan di atas, lho.

Reaksi Kimia

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: youtube.com

Ada dua bahan utamanya yaitu Kristal permanganate kalium dan gliserin. Caranya tingal letakan kertas atau dedaunan kering dengan sesendok kalium tersebut ditengah-tengahnya, lalu tambahkan beberapa tetes gliserin. Dari tetesan tersebut, nantinya akan memunculkan ledakan kecil yang bisa untuk membakar sumbu.

Nah dari sini lo bisa tiupkan angin agar api membesar dan membakar keseluruhan dedaunan kering tersebut. Jika api sudah besar, maka tinggal langsung tambahkan beberapa kayu bakar agar sedikit redam dan tetap menyala dengan stabil.

Selain itu, membuat api juga bisa menggunakan kaporit dan minyak rem. Kurang lebih caranya sama, lho. Tinggal taruh kaporit di atas sumbu, lalu siram dengan minyak rem tersebut. Sesaat akan memunculkan asap yang akan disusul oleh api untuk membakar yang ada di sana.

Menggunakan Sinar Matahari

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: technodoze.com

Untuk membuat api dari sinar matahari adalah salah satu cara yang populer dan terkenal. Sudah cukup banyak petualang yang sudah menguasai teknik ini. Lo tinggal membutuhkan beberapa jenis peralatan yang bisa memfokuskan pantulan sinar matahari yang diarahkan ke dedaunan kering saja.

Biasanya, cermin atau apapun yang bisa memantulkan dan memfokuskan sinar matahari tersebut bisa menjadi alat untuk menciptakan api tanpa menggunakan korek atau pemantik lainnya. Yang jelas, cukup difokuskan saja dan bersabar sejenak. Jika api sudah menyala, langsung saja tambahkan dedaunan kering untuk menjaga nyala api tetap stabil.

Hand Drill

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: bucketlist127.com

Cukup primitive dan kuno, tetapi cara ini juga ampuh lho untuk membuat api tanpa korek atau pemantik lainnya. Lo hanya tinggal menggunakan kayu poros yang diputar dengan tangan kosong. Yang lo butuhkan adalah kayu kering yang panjang sebagai poros dan papan kayu sebagai alasnya.

Tambahkan beberapa rerumputan kering sebagai salah satu sumbu yang mudah terbakar jika percikan api sudah mulai keluar. Hand Drill ini tentu membutuhkan kekuatan lo untuk memutar-mutar kayu poros tersebut.

Bow Drill

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: chelseamich.com

Mirip dengan Hand Drill, namun yang cukup berbeda di teknik ini adalah pasangan kayu poros seperti busur yang diputar ke atas alas tersebut. Gesekan kayu tersebut akan menghasilkan serbuk kayu yang bisa berasap sehingga pertanda sudah akan ada api jika ditiupkan angin yang cukup.

Fire Plough

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: theprepperjournal.com

Cukup berbeda dengan dua teknik drill di atas – walau terlihat peralatannya sama, yaitu kayu poros dan papan sebagai alasnya, namun teknik ini mengandalkan suhu papan yang naik karena gesekan maju mundur dari kayu poros tersebut.

Tetap menggunakan serbuk kayu atau dedaunan tipis yang kering sebagai sumbu, teknik ini lebih lama dari pada dua teknik drill sebelumnya. Oleh karena itu, Fore Plough kurang diminati oleh kebanyakan petualang.

Baja dan Batu Api

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya!

7 Cara Untuk Menyalakan Api Tanpa Bantuan Korek Atau Pemantik Lainnya! credit photo: youtube.com

Teknik ini sudah cukup modern dari pada beberapa teknik yang sudah dijelaskan di atas. Menggunakan baja, batu api dan char cloth atau arang kain, teknik membuat api lebih cepat dari pada yang lain. Caranya adalah memasukan arang kain ke atas batu api dan gesekan dengan baja.

Akan ada percikan api yang membakar arang kain sehingga api bisa menyala dengan stabil. Tentu jika lo lakukan ini di alam bebas, langsung pastikan nyala api yang stabil dengan menambahkan beberapa serbuk kayu atau rerumputan kering.

Wah bagaimana nih bro? Sudah jelas bagaimana teknik-teknik membuat api tanpa menggunakan korek dan pemantik lainnya? Boleh langsung lo coba bro!

 

Source

Feature Image - play2survive.wordpress.com

Beginner Survival Extreme travelling solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!