6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Kuliner Aceh ternyata juga menyimpan beberapa pilihan yang patut untuk lo coba, enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Bilamana lo sudah punya rencana untuk berwisata ke Aceh, pastikan lo sudah menyiapkan waktu untuk lo bisa berkeliling kota tersebut untuk mencicipi kenikmatan kulinernya yang ada. Tentunya dengan cita rasa yang unik, lo akan mendapatkan sebuah pengalaman yang cukup berarti loh. Bukan soal itu saja, kuliner Aceh sendiri memang sudah terkenal sebagai salah satu kuliner di Indonesia yang memiliki perpaduan budaya yang cukup beragam.

Sering juga disebut sebagai Negeri Serambi Makkah ini memang memiliki makanan yang beragam, mulai dari perpaduan kuliner India yang bisa dilihat dari cita rasanya yang dimiliki hingga kuliner Melayu yang melekat di setiap makanannya. Perlu diketahui juga nih bro, kalau warga Aceh sendiri memang sangat senang sekali dengan makanan Bisa dibilang mereka merupakan pecinta makanan.

Hal tersebut pun bisa dilihat dari dengan banyak jumlah tempat makan atau restoran yang tersedia di daerah in, mulai dari restoran yang ber- AC hingga kaki lima pun mampu memberikan sebuah kudapan atau sajian yang memiliki cita rasa yang melekat di hati. Tentunya sangat menggugah selera. Daripada lo semakin penasaran terhadap kuliner Aceh, langsung saja beberapa informasi di bawah ini seputar pilihan-pilihan kuliner Aceh yang maknyus.

Kuliner Aceh yang Menggiurkan – Ayam Tangkap

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Nikmatnya Ayam Tangkap. Credit: makanajib.com

Untuk pilihan pertama mengenai kuliner Aceh yang nikmat, Ayam Tangkap merupakan menu yang tepat. Sajian ini pun termasuk sering lo temukan apabila berlibur ke sana kelak. Serta bisa dibilang merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Aceh itu sendiri.

Ayam Tangkap sendiri merupakan ayam yang digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu, seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau. Biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang hangat.

Biasanya Ayam Tangkap ini bisa lo beli dengan harga sekitar Rp 60.000 per ekornya. BIasanya sih satu ekor ayam tersebut bisa untuk 4-5 orang. Lo bisa mendapatkan ayam tangkap ini di RM Aceh Rayeuk, RM Cut Dek dan RM Hasan.

Kuliner Aceh yang Menggiurkan – Mie Aceh

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Nikmatnya Mie Aceh. Credit: en.wikipedia.org

Selanjutnya untuk pilihan kuliner khas Aceh yang patut untuk lo cicipi ialah Mie Aceh. Memang untuk di Jakarta sendiri, lo akan menemukan beberapa restoran ataupun rumah makan yang menyediakan menu satu ini, namun bilamana lo merasakannya langsung di Aceh, tentu memiliki rasa yang berbeda.

Mie yang dimasak dengan berbagai macam rempah ini tentu sangat menggugah selera makan lo. Biasanya untuk satu piring Mie Aceh itu sendiri akan ditawari dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi, udang atau jamur. Harga per porsinya sendiri biasanya mulai dari Rp 12.000.

Nah, buat lo yang ingin berwisata kuliner ke kawasan tersebut, enggak salahnya untuk menghampir RM Mie Razali, Yelllow Café, REX, Coffee Bay dan masih banyak lagi. Karena di rumah makan tersebut tersedia Mie Aceh dengan rasa yang otentik.

Kuliner Aceh yang Menggiurkan – Gule Plik U

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Nikmatnya Gule Plik U. Credit: negerikuindonesia.com

Buat lo suka dengan sayuran, sajian satu ini jangan lupa untuk lo cicipi yaa bro. Gule Plik U namanya. Salah satu kuliner khas Aceh ini tentunya memiliki cita rasa yang unik serta nikmat, sehingga lo enggak rugi deh kalau sudah mencobanya.

Plik U sendiri merupakan kelapa yang sudah difermentasi. Rasa gurih yang nikmat tentunya akan lo rasakan disetiap sendok dari Gule Plik U ini. Untuk harga per piringnya sendiri sekitar Rp 8.000. Dan buat lo yang ingin mencicipinya bisa langsung datang ke RM Aceh Rayeuk, RM Ujung Batee dan rumah makan Aceh lainnya.

Kuliner Aceh yang Menggiurkan – Gule Kambing

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Nikmatnya Gule Kambing. Credit: bacutsapeue.wordpress.com

Kenikmatan dari kuliner Aceh ternyata tidak hanya berhenti sampai disitu saja, karena masih ada Gule Kambing yang tentunya sangat nikmati sekali. Buat lo para penikmat daging kambing, tentunya jangan sampai lupa untuk mencicipi Gule Kambing yang ada di Aceh yaa.

Memiliki rasa yang unik dan menggugah selera, biasanya disajikan dengan minuman timun serut (I Boh Timon). Air timun ini juga berfungsi sebagai penetralisir agar tidak terjadi darah tinggi. Nah, untuk harga per porsinya sekitar Rp 12.000. Untuk Gule Kambingnya itu sendiri bisa lo temukan RM Aceh Rayeuk, RM Hasan, RM Aceh Spesifik dan RM Nasi Kambing.

Kuliner Aceh yang Menggiurkan – Daging Masak Putih (Sie Reboh Puteh)

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Nikmatnya Daging Masak Putih. Credit: /nabellaharun.blogspot.com

Pilihan kuliner khas Aceh berikutnya ialah Daging Masak Putih, merupakan sajian daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya ini memiliki rasa yang unik. Selain dagingnya yang empuk, rasa manis membuat makanan ini digemari oleh banyak orang.

Buat lo yang tidak suka dengan makanan yang memiliki cita rasa yang asin serta pedas, tentunya sajian atau kudapan satu bisa menjadi makanan favorit lo ketika berkunjung ke sana. Banyak pula orang yang beranggapan kalau sekali mencobanya bisa membuat lo ketagihan.

Nah, lo bisa menemukan kuliner satu ini di RM Aceh Rayeuk dan rumah makan lainnya yang menjual masakan Aceh lainnya. Biasanya untuk satu porsi Daging Masak Putih akan dikenakan biaya sekitar Rp 8.000.

Kuliner Aceh yang Menggiurkan – Martabak Telur Aceh

6 Pilihan Kuliner Khas Aceh Ini Harus Lo Cicipi Ketika Berkunjung Ke Sana Bro!

Nikmatnya Martabak Aceh. Credit: youtube.com

Untuk lo yang suka dengan martabak, tentunya ketika berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk mencicipi martabak telur aslir Aceh. Karena memang memiliki rasa yang berbeda loh ketimbang martabak yang biasanya lo dapatkan.

Martabak yang terbuat dari tepung terigu yang ditutupi dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai Janis sayur yang telah dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit.

Uniknya, alat masak yang digunakan berbentuk petak dan datar. Harga mulai Rp 7.000 per porsi. Lalu bisa lo temukan di REX, Peunayong, Ulee Kareng, Helsinki, Dapu Kupi, dan lain-lain.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai kuliner Aceh di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti berekplorasi bro!

Source

 

 

 

Featured Image: blog.kulina.id

Trending Beginner travelling foodventure

1 COMMENTS

SHARE
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
Ciamik gan