Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Siapa sih yang gak tau Vatican City, sebuah negara kecil yang berada di dalam Kota Roma, Italia? Kota Vatikan ini merupakan destinasi tujuan paling utama para umat Katolik untuk berwisata maupun beribadah, yang juga menceritakan sejarah menariknya.

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Berbicara soal destinasi Eropa, siapa sih yang gak tahu atau gak pernah denger Vatican City alias Kota Vatikan? Sebuah kota yang merupakan wisata religi ini merupakan negara bagian yang berada di Kota Roma, Italia. Tercatat sebagai negara terkecil di dunia, baik secara area dan populasi, Vatikan memiliki luas 44 hektar dengan populasi penduduk sebanyak 1.000 jiwa.

Vatican City ini juga merupakan rumah dari Paus, seorang Uskup Roma serta pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia. Dengan begitu, Kota Vatikan ini merupakan destinasi tujuan paling utama para umat Katolik untuk berwisata maupun beribadah. Selain itu, sebagai satu dari beberapa negara terkecil di dunia, Vatikan juga berusaha meningkatkan daya tariknya dengan wisata religi namun penuh romantisme Eropa.

Tempat wisata yang ada di Vatikan ini terdiri dari beberapa bangunan bersejarah hingga kebudayaannya. Destinasi wisata religi Vatican City yang berada di Roma, Italia, ini selalu diramaikan oleh banyak wisatawan mancanegara sepanjang tahunnya, tetapi puncaknya adalah pada saat libur Paskah. Banyak dari umat Katolik Dunia yang ingin mendapat berkah dengan mengikuti Hari Raya Paskah dibawah pimpinan langsung Paus.

Selain dari tujuan wisata keagamaannya, lo juga bisa berkeliling di Kota Vatikan sembari mengenang kembali perjalanan rohani lo di sana. Mengelilingi seluk beluk Kota Vatikan gak memerlukan waktu yang lama bro, lo cukup meluangkan waktu 14 sampai 16 jam dan lo sudah bisa mengelilingi seluruh Vatikan dengan jarak tempuh sekitar 10.8 kilometer.

Basilika Santo Petrus – Gereja Terbesar di Dunia

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana. Photo Credit: id.wikipedia.org

Di balik nama gereja di Kota Vatikan yang keren ini, Basilika Santo Petrus merupakan gereja terbesar di dunia yang ada sejak tahun 1506. Bangunan yang selesai dibangun di tahun 1626 ini, Basilika Santo Petrus merupakan hasil rancangan dari arsitek ternama Italia, bahkan juga terkenal di dunia, yakni Micheleangelo. Hasil rancangannya juga berupa patung, monument, hingga ornament khas Kota Vatikan.

Setiap orang yang memandang Gereja Basilika Santo Petrus pasti akan dibuat kagum dengan arsitekturnya yang memang indah banget bro. Apalagi saat para wisatawan dapat melihat landscape Kota Vatikan dari atas kubah di Gereja Basilika Santo Petrus ini. Satu hal yang paling menarik dari wisata Vatikan yang satu ini adalah bagian bawah Basilika Santo Petrus yang menjadi kuburan para Paus dari abad ke 10.

Castel Sant’Angelo – Tur Bersejarah Mausoleum Hadrian

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana. Photo Credit: musement.com

Bangunan Castel Sant'Angelo, yang juga dikenal dengan nama Mausoleum Hadrian, ini udah ada sejak abad kedua. Pada awalnya, Castel Sant'Angelo ini digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir alias makam dari Sang Kaisar Romawi Hadrian.

Tapi sampai saat ini bangunan ini masih kokoh dengan penggubahan benteng militer sampai jadi museum di era sekarang. Mausoleum Hadrian dikenal dengan cirinya yaitu patung Archangel Michael. Patung ini ada di atas benteng. Dulu, Castel Sant’Angelo juga digunakan untuk rumah Paus.

Museum Vatikan – Galeri Karya Para Paus

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana. Photo Credit: touracti.com

Nggak lengkap rasanya jika ke Kota Vatikan tapi tidak berkunjung ke museumnya. Museum Vatikan juga merupakan museum terbesar yang ada di dunia. Berdiri sejak abad 16, Museum Vatikan mempunyai 54 galeri dan 1.400 lebih ruangan.

Banyak karya koleksi para Paus dipajang di sana. Jika lo mengagumi karya Leonardo Da Vinci, lo juga akan menemukan lukisan hasil karyanya di sana.Artefak bersejarah hasil koleksi Gereja Katolik di seluruh dunia juga dipajang di sana. Museum ini telah berusia 500 tahun dan masih saja megah hingga sekarang.

Saint Peter – Ikon Kota Vatikan

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana. Photo Credit: youtube.com

Alun-alun Saint Peter merupakan salah satu wisata ikonik di Kota Vatikan. Di sana terdapat deretan tiang dan atap yang menjulang indah. Bangunan tersebut dirancang Gian Lorenzo Bernini, seorang arsitek Italia, yang dibangun pada tahun 1656 sampai tahun 1667.

Selain itu, Gian Bernini juga merancang patung yang ada di deretan tiang Saint Peter. Selain itu, di sana juga terdapat obelisk Mesir yang menurut kabar, telah ada di sana mulai tahun 1586. Saint Peter biasanya digunakan untuk warga berkumpul. Daya tampungnya adalah sekitar 400 ribu orang.

Taman Vatikan – Ketenangan di Tengah Keramaian Kota

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana

Menjelajahi Kota Vatikan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Panduan Itinerary Lo Selama di Sana. Photo Credit: rome.ticketbar.eu

Kalau lo mau mencari ketenangan dan ingin jauh dari kebisingan Kota Vatikan, lo bisa menjajaki Taman Vatikan. Wisata hijau di Kota Vatikan ini luasnya bahkan mencapai hampir dari setengah Kota Vatikan. Di sana lo juga bisa ikutan tur berkeliling Taman Kota Vatikan yang luas banget itu bro.

Keunikan dari wisata Kota Vatikan ini adalah di sana terdapat bagian Taman yang berbeda untuk mencerminkan perbedaan setiap periode di sana. Ada Taman era Renaissance, ada Taman era modern yang sangat menarik. Apalagi ditambah dengan latar kubah Basilika Santo Petrus. Yang paling mencengangkan, kabarnya tanah di taman ini diambil langsung dari Bukit Golgota dimana Yesus Kristus disalib.

Nah, gimana tuh bro menurut lo 5 hal di atas yag bisa jadi panduan itinerary kalau lo berkunjug ke destinasi wisata religi Kota Vatikan? Udah siap dan terbayang kan akan seperti apa liburan lo nanti di Kota Vatikan ini?

 

Source

Feature Image – worldtravelguide.net

Beginner travelling solo traveling solo backpacker

7 COMMENTS

SHARE
sayful islam ali
let's go
dzikri mujahid
boleh juga
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
Recomended
Arum Dwi Susanti
Good place
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
Recomended
Masni
Negara terkecil di dunia
HendraNusu
Manengka makkoro